Simak! Ini Dia Perbedaan 3PL Logistik dan 4PL Logistik

Uncategorized02 November 2021
perbedaan-3pl-logistik-dan-4pl-logistik

Di dalam rantai pasokan dikenal istilah 3PL logistik dan 4PL logistik. 3PL logistik adalah singkatan dari Third Party Logistic atau logistik pihak ketiga. Sementara 4PL logistik adalah Fourth Party Logistic atau logistik pihak keempat. Perbedaan 3PL logistik dan 4PL logistik cukup signifikan. Pada dasarnya, 4PL memiliki peran yang lebih besar dalam rantai pasokan jika dibandingkan dengan 3PL.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu 3PL logistik dan 4PL logistik serta perbedaan keduanya, mari kita simak uraiannya berikut ini.

A. 3PL Logistik

Logistik pihak ketiga, atau 3PL logistik, adalah model di mana produsen mengawasi rantai pasokan oleh pihak internal mereka, tetapi mengalihdayakan operasi transportasi dan logistik ke penyedia 3PL. Jadi, 3PL logistik berfungsi sebagai perantara antara produsen dan pengecer.

Beberapa layanan yang diberikan oleh 3PL meliputi: Penyimpanan inventaris, manajemen persediaan yang tepat, pialang bea cukai, pengiriman barang, manajemen kontrak, penyortiran dan pengemasan produk serta solusi IT.

Kelebihan 3PL

Kelebihan dari 3PL diantaranya adalah:

– Dapat menghemat waktu dan biaya

– Dapat digunakan untuk distribusi lokal dan internasional

– Biaya terjangkau bagi usaha kecil yang berkembang pesat

– Model logistik responsive

Kekurangan dari 3PL

Beberapa kekurangan 3PL logistik adalah:

– Kurangnya kontrol terhadap inventaris

– Biaya masih tergolong tinggi jika pesanan rendah

– Hanya cocok untuk usaha kecil-menengah pada umumnya

– Memiliki kontrol yang terbatas atas pengalaman layanan pelanggan dan dalam pemenuhan pesanan

B. 4PL Logistik

4PL adalah model logistik di mana produsen mengalihdayakan organisasi dan manajemen rantai pasokan mereka ke penyedia eksternal yang disebut 4PL Logistik. Pihak 4PL menawarkan layanan profesional tingkat tinggi yang memungkinkan produsen mengalihdayakan proses logistik mereka sepenuhnya untuk menghasilkan manajemen lebih baik.

Jenis layanan yang dapat diberikan oleh 4PL logistik diantaranya adalah:

– Layanan dan manajemen logistik

– Analisis biaya transportasi, kinerja operator, pemanfaatan kapasitas dan desain jaringan.

– Manajemen proyek dan 3PL yang efektif

– Strategi pengadaan barang

– Perencanaan bisnis

– Perencanaan dan manajemen inventaris

Jelas terlihat adanya perbedaan 3PL Logistik dan 4PL Logistik dari segi layanan yang dapat diberikan. 4PL Logistik dapat memberikan layanan yang lebih menyeluruh bagi klien.

Kelebihan 4PL

Berbagai kelebihan dari 4PL logistik adalah:

– Manajemen operasi yang lebih luas

– memiiki fasilitas teknologi informasi berupa perangkat lunak dan otomatisasi untuk meningkatkan komunikasi di seluruh jaringan.

– memiliki keahlian operasi ujung ke ujung (end-to-end) yang berhubungan dengan berbagai divisi.

– bertujuan merancang solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan bisnis klien.

Kekurangan 4PL

Kekurangan dari 4PL adalah kurangnya kontrol pada proses karena perusahaan menyerahkan secara penuh kepada pihak 4PL. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk menggunakan jasa 4PL Logistik mungkin terasa mahal oleh usaha kecil atau yang masih baru.

C. Perbedaan Utama 4PL dan 3PL

Perbedaan 3PL Logistik dan 4PL logistik utamanya adalah pada peranan 4PL yang menangani seluruh rantai pasokan, sementara 3PL hanya berfokus pada logistik. Keduanya dapat memberikan keuntungan masing-masing sesuai kebutuhan klien.

Beberapa perbedaan 3PL logistik dan 4PL Logistik adalah:

– 4PL Logistik cenderung lebih cocok untuk bisnis menengah besar, sementara 3PL Logistik lebih cocok untuk bisnis kecil menengah.

– Fungsi 4PL Logistik terletak pada tingkat pengoptimalan dan integrasi sementara 3PL logistik lebih fokus pada operasi harian.

– Aset yang dimiliki 4PL logistik lebih banyak seperti misalnya truk dan gudang, sementara 3PL Logistik tidak memiliki aset tersebut.

– Perusahaan 4PL dapat mengoordinasikan kegiatan penyedia 3PL.

– Penyedia 4PL menyediakan layanan logistik level atas dengan biaya yang sangat tinggi sementara 3PL logistik lebih fokus pada transaksi satu kali.

Itulah perbedaan 3PL Logistik dan 4PL Logistik. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, tentu Sobat Shipper tidak bingung lagi memutuskan layanan mana yang akan digunakan untuk bisnismu. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Baca Juga : Ini Dia Jenis Fasilitas Logistik yang Perlu Kamu Ketahui

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.