Sering Kehabisan Stok Barang di Gudang? Ini 5 Penyebab beserta Solusinya!

Uncategorized25 June 2021
penyebab-manajemen-gudang-kehabisan-stok

Dalam manajemen gudang, kehabisan stok barang jadi masalah yang paling dihindari pebisnis. Sobat Shipper bukan cuma bakal menerima komplain dari pelanggan. Pengaturan stok barang juga terancam kacau dan membuat operasional bisnis terhambat.

Sobat Shipper pasti tak mau kalau sampai bisnis yang sudah susah payah dirintis bangkrut gara-gara lambat menyetok barang, bukan? Lalu, apa sebenarnya faktor yang dapat menyebabkan masalah ini? Simak penjelasan berikut yang bakal menyelamatkan Sobat Shipper dari masalah manajemen gudang tersebut!

1. Lonjakan permintaan dari konsumen

Apa Sobat Shipper pernah  menerima lonjakan pesanan barang tertentu saat mempersiapkan manajemen gudang? Meningkatnya permintaan konsumen bisa disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah tren yang dipopulerkan influencer di media sosial atau konten yang viral.

Untuk mengatasi kendala manajemen gudang ini, mulai tahap produksi lebih awal. Caranya adalah dengan memprediksi tren tertentu yang dianggap mempengaruhi pembelian barang tertentu. Misalnya seperti hamper yang selalu mengalami peningkatan penjualan menjelang Lebaran atau Natal.

Baca juga: Tips Sederhana Kelola Stok di Gudang UMKM

2. Input data barang yang kurang akurat

Faktor penyebab lain yang membuat stok barang cepat habis dari perkiraan adalah input data yang kurang tepat. Makanya, Sobat Shipper harus hati-hati saat melakukan pencatatan dalam manajemen gudang, khususnya pada jenis barang yang laris atau punya angka permintaan tinggi.

Solusi yang dapat Sobat Shipper terapkan untuk menyelesaikan masalah ini adalah stock opname secara berkala. Perhatikan juga barang-barang slow-moving dan punya potensi dead stock yang akan berpengaruh pada perputaran arus kas bisnis Sobat Shipper.

3. Terlambat restock atau menambah barang

Kadang saat sibuk menerima pesanan, Sobat Shipper kewalahan sampai lupa menghitung stok barang yang tersedia. Saat sudah habis, Sobat Shipper tak punya pilihan selain cepat-cepat menambah barang meski harus mendapatkan keluhan dari para konsumen.

Sobat Shipper tak bisa membiarkan masalah ini terlalu lama. Solusi manajemen gudang yang bisa diterapkan adalah membuat stok keselamatan dengan menyiapkan barang dalam jumlah minimum. Jadi setidaknya Sobat Shipper punya pegangan saat mempersiapkan stok baru.

4. Komunikasi yang kurang baik dengan supplier

Menjaga komunikasi dengan supplier adalah salah satu langkah yang dapat menjaga manajemen gudang. Sayangnya, banyak pebisnis maupun supplier yang kerap berselisih paham hingga merusak hubungan yang akhirnya berpengaruh pada ketersediaan stok barang.

Menghadapi supplier yang punya watak menyebalkan memang melelahkan. Namun, kalau sikap tersebut belum mengganggu bisnis, tetap jaga komunikasi dengan mereka sebaik mungkin supaya stok barang dan manajemen gudang bisnis tetap stabil.

5. Belum mempunyai modal yang cukup

Barangkali faktor penyebab satu ini yang paling sering dialami sebagian besar pebisnis. Jika Sobat Shipper belum bisa membeli inventaris, ada baiknya untuk mengecek lagi modal awal dalam manajemen gudang yang sudah diatur. Cek juga pembayaran klien karena bisa saja ada tunggakan utang.

Apa yang sebaiknya Sobat Shipper untuk mengatasi kendala ini? Mengajukan pinjaman bisa diambil selama Sobar Shipper sanggup melunasinya tepat waktu. Memakai uang dari tabungan darurat pun aman dilakukan selama bisa mengembalikan stok barang.

Nah, kalau untuk urusan menjaga kualitas stok barang, Shipper menawarkan warehouse berfasilitas lengkap buat Sobat Shipper. Manajemen gudang yang diterapkan Shipper pun bakal memastikan stok barang tetap aman, sehingga Sobat Shipper bisa mengelola alurnya sesuai rencana. Kalau ingin tahu atau memakai layanan ini, langsung saja kunjungi https://shipper.id/warehouse.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menata Stok Barang Agar Warehouse Fulfillment Tetap Rapi

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.