Pengertian Omnichannel dan Perbedaannya Dengan Multi Channel

Uncategorized22 March 2022
pengertian-omnichannel-dan-perbedaannya-dengan-multi-channel

Sobat Shipper, pernah nggak sih kamu mengalami kesulitan seperti halnya harus bolak-balik berganti platform pesan dan aplikasi untuk membeli suatu produk? Tentu cukup menyusahkan bukan?

Nyatanya, platform pemesanan ini menjadi hal yang sangat krusial dan penting untuk dipahami, lho. Terutama peninjauan terhadap gaya komunikasi. Ya, gaya komunikasi yang dibuat kepada pelanggan harus menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami seorang pebisnis. Karena komunikasi yang baik pada akhirnya dapat menghantarkan pada pemahaman yang baik pula.

Penting untuk memastikan, apakah kamu selalu bisa merespon permintaan seluruh pelanggan, menggunakan platform perpesanan yang tentunya dapat terintegrasi dan bisa menjadi jawaban atas segala keperluan pelanggan.

Dalam teknologi bisnis di era digitalisasi saat ini, ada dua istilah yang seringkali dijumpai. Yakni, omnichannel dan multi channel. Nah, kedua istilah merupakan sebuah istilah sistem teknologi yang dipergunakan dalam memajukan kinerja suatu usaha. Tapi, Sobat Shipper sudah familiar belum dengan kedua istilah ini? Atau hanya sekilas tahu saja? Jika iya, mari kita berkenalan dengan keduanya dan membahas serba-serbi mengenai omnichannel dan multichannel ini terlebih dahulu.

1. Memahami Apa Itu Omnichannel

Apa itu omnichannel? omnichannel atau yang dapat diartikan sebagai satu saluran, adalah sebuah platform terintegrasi ke berbagai saluran, yang digabungkan menjadi satu, dalam suatu sistem manajemen atau pengaturan.

Tujuan dibentuknya omnichannel adalah untuk meningkatkan kepuasan terhadap pengalaman yang dimiliki pelanggan, dalam melakukan pembelian pada marketplace atau toko milik Sobat Shipper. Omnichannel dapat juga disebut sebagai tahap berkelanjutan terhadap multi channel yang selanjutnya akan kita bahas.

Di mana multi channel ini telah berorientasi di sekitar pelanggan dan menciptakan pengalaman pelanggan yang bersifat singular, dimana orientasi ini dilakukan secara menyeluruh terhadap brand milik Sobat Shipper, dengan melakukan penyatupaduan terhadap tindak penjualan dan pemasaran.

Omnichannel sendiri memiliki titik pusat pada pengalaman pelanggan, utamanya dalam hal komunikasi dengan perusahaan. Dimana omnichannel sendiri memerlukan pengintegrasian dan penyuntingan saluran sehingga pengalaman semua saluran dapat terlibat, dan dipilih secara selektif agar dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Pendekatan omnichannel ini meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan beberapa pilihan terhadap aktivitas komunikasi. Integrasi saluran back-end juga memberikan lebih banyak peluang fleksibilitas, karena pelanggan dapat dengan mudah melakukan peralihan di antara saluran selama interaksi masih berlangsung.

2. Memahami Apa Itu Multi Channel Sales?

Setelah membahas omnichannel selanjutnya kita akan masuk ke poin berikutnya untuk memahami apa itu multi channel sales. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengertian multi channel marketing adalah sebuah platform pemasaran yang telah berorientasi di sekitar pelanggan dan menciptakan pengalaman pelanggan yang sifatnya singular, dimana orientasi ini dilakukan secara menyeluruh terhadap brand milik Sobat Shipper, dengan melakukan penyatupaduan terhadap tindak penjualan dan pemasaran.

Multi channel ini hadir dengan memadukan pengalaman pelanggan, dan menyuguhkan beragam pilihan kepada konsumen, agar terlibat di saluran yang mereka minati. Multi channel ini memiliki sifat yang fleksibel tetapi sangat mengharapkan brand untuk melakukan aktivitas dalam limitasi saluran.

Pemasaran multi channel ini dilakukan dengan berfokus pada situasi dimana pelaku usaha memiliki korelasi dengan pelanggan melalui beragam macam saluran, baik itu online maupun offline. Dengan adanya hal ini, perusahaan dapat melakukan penjualan terhadap suatu barang dan jasanya. 

Multi channel sendiri telah menyatupadukan dua bentuk praktek pemasaran, diantaranya ada inbound dan outbound, dimana dengan dua bentuk praktek ini pelaku usaha dapat melingkupi pelanggan di berbagai macam saluran yang tentunya berbeda. Yang mana dengan hadirnya strategi ini, proses jual beli tentunya dapat diatur lebih mudah, dibanding pemasaran terhadap pasar offline. Contoh multi channel ini umumnya dapat ditemui pada berbagai media saluran layaknya email, poster, katalog, baliho dan sebagainya.

3. Omnichannel Vs Multi Channel

Setelah membahas pengertian dari omnichannel dan multi channel selanjutnya kita akan membahas perbedaan dan keunggulan dari masing-masing keduanya. Yuk, langsung saja kita bahas perbedaan dan keunggulan dari kedua istilah ini.

A. Pendekatan Omnichannel Vs Multi Channel

Kedua platform ini masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda. Diantaranya multi channel yang telah berorientasi pada produk. Namun, sayangnya multi channel tidak mengintegrasikan saluran komunikasi antara pelaku usaha dan pelanggan. Yang mana mereka hanya menyuguhkan pengalaman berbelanja di beragam saluran, tanpa adanya integrasi terhadap saluran komunikasi.

Sementara, omnichannel menghasilkan peluang bisnis yang menyimpan semua saluran di satu tempat, serta menyatupadukan gaya komunikasi dan informasi. Dimana perwujudan komunikasi terintegrasi pada omnichannel ini diatur oleh sebuah sistem management bernamakan OCMS (Omnichannel Management System).

B. Fokus Omnichannel Vs Multi Channel

Perbedaan multichannel dan omnichannel selanjutnya dapat dilihat dari fokus keduanya. Dimana adanya pengaturan yang dilakukan oleh OCMS, membuat omnichannel terfokus pada kualitas pesanan maupun pengoptimalan saluran.

yang pada akhirnya fokus pengalaman pelanggan bisa didapatkan jauh lebih baik, melalui berbagai saluran. Dengan hadirnya OCMS sebagai pengatur Omnichannel juga memastikan konsistensi dalam menyampaikan pesan dan citra brand melalui berbagai saluran.

Sedangkan, untuk multi channel sendiri memiliki fokus terhadap penggunaan saluran dalam kuantitas yang sebanyak-banyaknya, dan penekanan jumlah saluran menjadi hal penting yang diprioritaskan. Dimana ia, berperan besar dalam memastikan kehadiran suatu bisnis atau menggunakan saluran dalam jumlah banyak. 

C. Limitasi Pada Omnichannel Vs Multi Channel

Sebelumnya telah disebutkan bahwa, multi channel memiliki sifat fleksibel namun mengharapkan penggunanya untuk melakukan aktivitas dalam limitasi saluran. Dan disini OCMS hadir untuk menghilangkan limitasi antar saluran tersebut, dimana dengan diterapkannya pengaturan sistem omnichannel tersebut, kamu dapat menciptakan sebuah kesatuan yang utuh dan terintegrasi. 

Meskipun menjadi tahapan lanjutan dari multi channel, hadirnya omnichannel ini amat mudah untuk diterapkan, karena dalam OCMS sendiri, kamu akan dihadirkan dengan customer support, dan disuguhkan dengan berbagai fitur yang membantu pengelolaan bisnis. 

Salah satu fitur yang cukup terkemuka dalam layanan OCMS ini adalah fitur order management atau dapat disebut sebagai OMS. Apa itu OMS? OMS adalah fitur yang memiliki kegunaan untuk melakukan tindak pelacakan, pengelolaan, dan pemberlakuan proses terhadap seluruh pesanan yang ada di berbagai saluran.

Maka dari itu, hal ini dinilai lain dengan multi channel, dimana multi channel sendiri bekerja dengan menyediakan platform untuk berbagai saluran yang seringkali dikunjungi oleh para pelanggan tanpa adanya pemberlakuan integrasi antar channel.

4. Jadi Mana yang Lebih Unggul?

Jadi mana yang lebih unggul omnichannel atau multi channel? Omnichannel sendiri pada dasarnya memiliki keunggulan dibanding multi channel dimana pemberlakuan integrasi antar saluran komunikasi dengan pelaku usaha. Lain halnya, dengan multi channel yang lebih berfokus pada kuantitas saluran.

Maka dari itu, omnichannel dinilai berhasil lebih unggul dibandingkan dengan multi channel.

Nah, Bagaimana Sobat Shipper tertarik untuk menggunakan platform OCMS dan menerapkan strategi Omnichannel? Hadir dalam berbagai bentuk fitur, memberikan pelayanan yang kompeten, Atoor tampil sebagai platform omnichannel yang memiliki tujuan besar untuk meningkatkan layanan operasional, mencegah penumpukan order, dan situasi kehabisan stok saat kebanjiran orderan sekalipun.

Ya, Atoor siap sedia untuk hadir dalam membantu Sobat Shipper, agar dapat mengoptimalisasikan pelayanan operasional di berbagai marketplace, dengan mudah dan dengan harga yang kompetitif, tentunya Atoor ini hadir agar pengelolaan inventory dan stok barang bisa terkelola dengan baik.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.