Memahami Beberapa Istilah Logistik dan Pengertian Mitra Logistik

Uncategorized16 November 2021
pengertian-mitra-logistik

Logistik adalah proses pengelolaan, pemindahan serta penyimpanan barang produksi, suku cadang ataupun barang jadi dari para penyedia ke konsumen. Logistik juga bisa diartikan sebagai proses perpindahan, pengaturan serta penyimpanan barang, mulai dari tahap pengiriman hingga ke pelanggan akhir, yang semuanya diatur dalam satu rantai pasok.

1. Tujuan Logistik

Logistik bertujuan untuk mengirimkan barang serta bahan lainnya dalam jumlah yang tepat dan sesuai waktu yang dibutuhkan ke lokasi yang dituju dengan biaya terendah. Selain itu, logistik bertujuan meminimalkan pengeluaran biaya pengantaran supaya tidak terlalu tinggi, menjaga agar layanan logistik tetap baik serta mendapatkan laba yang maksimal.

2. Manfaat Logistik

Manfaat logistik yang utama adalah menjelaskan alur pergerakan barang. Mulai dari pengaturan, penyimpanan serta pengirimannya. Dengan kata lainnya, logistik bermanfaat untuk menjelaskan alur barang mulai dari produksi hingga dikirimkan ke pelanggan. Penguasaan manajemen serta strategi logistik akan memudahkan pihak pengirim atau penyedia untuk meningkatkan pelayanannya dengan harga terendah, namun barang bisa sampai tepat waktu dan memperoleh laba.

3. Aktivitas Logistik

· Customer Service (Pelayanan Pelanggan)

Pelayanan pelanggan adalah bentuk pemberian layanan atau servis yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen.

· Demand Forecasting (Prediksi Permintaan)

Prediksi permintaan adalah tingkat permintaan produk yang diharapkan akan terealisasi untuk jangka waktu tertentu pada masa yang akan datang.

· Inventory Management (Manajemen Persediaan)

Manajemen persediaan adalah bagian dari perusahaan yang berfungsi untuk mengatur persediaan barang yang dimiliki. Mulai dari cara memperoleh persediaan, penyimpanannya, sampai persediaan tersebut digunakan.

· Logistic Communication (Komunikasi Logistik)

Komunikasi logistik merupakan jaringan utama di antara seluruh proses logistik dan pelanggan perusahaan.

· Material Handling (Penanganan Material)

Penanganan material adalah salah satu jenis transportasi (pengangkutan) yang dilakukan dalam perusahaan industri untuk memindahkan bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi dari tempat asal ke tempat tujuan yang telah ditetapkan.

· Packaging (Pengemasan)

Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai.

· Transportation (Transportasi)

Memutuskan jenis transportasi yang akan digunakan untuk menyalurkan logistik serta estimasi biaya dan risiko yang mungkin timbul.

· Warehousing & Storage (Pergudangan dan Penyimpanan)

Salah satu fungsi utama gudang adalah sebagai tempat penyimpanan barang sementara sebelum barang tersebut digunakan. Secara umum, material dimasukkan ke dalam area penyimpanan setelah proses stuffing selesai.

Mitra Logistik

Apa itu mitra logistik? Mitra logistik adalah orang yang melakukan first mile delivery. Mitra bertugas untuk menjemput paket dan mengantarkan paket ke logistik pilihan penyewa jasa. Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang mitra logistik adalah tempat usaha, kendaraan, alat komunikasi dan komputer.

Shipper merupakan salah satu agregator logistik dan warehouse terpercaya di Indonesia. Saat ini Shipper telah bekerja sama dengan agen logistik tepercaya dan terkemuka di Indonesia seperti JNE, POS Indonesia, SiCepat, Tiki, Alfatrex, J&T, Wahana, Ninja Xpress, Lion Parcel, DPEX, GO-SEND, Grab Express, SAP, dan POS Indonesia (Fushlog). Bila menjadi mitra Shipper, kamu akan mendapatkan pembagian hasil dari setiap paket yang kamu kirim. Semakin banyak penyewa jasa yang memakai jasamu, semakin besar pula pendapatanmu. Tertarik jadi mitra Shipper? Daftar sekarang di shipper.id/mitra

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.