Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi Dan Contoh Blog

Uncategorized29 December 2021
pengertian-dan-contoh-dari-blog

Selama bertahun – tahun definisi blog telah mengalami pergeseran dari situs pribadi menjadi sebuah lahan bisnis yang menjanjikan. Saat ini, profesi sebagai blogger dapat ditemukan di seluruh dunia yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. 

Jadi jika sobat Shipper memiliki akses ke internet, tidak ada alasan bagi sobat untuk tidak bisa menjadi salah satunya. Namun sebelumnya sobat harus mengerti pengertian dari blog itu sendiri. Disini kami akan menyajikan semua yang perlu sobat Shipper ketahui sebelum memulai petualangan ke dalam dunia blogging. 

Apa Itu Blog? 

Menurut Merriam-Webster pengertian dari blog adalah sebuah fitur yang muncul sebagai bagian dari publikasi online yang biasanya berhubungan dengan topik tertentu dan terdiri dari opini pribadi oleh satu atau lebih penulis. Blog sendiri bisa menjadi salah satu bagian dari sebuah situs web.

Apa Fungsi Blog ? 

Fungsi dari setiap blog adalah berbeda – beda berdasarkan jenis dari blog tersebut, siapa yang menjalankan blog, siapa yang membuat setiap posting, dan banyak faktor lainnya. Secara umum, tujuan utama dari blog adalah untuk mencapai satu atau lebih hal termasuk sarana hiburan, sarana penyampaian informasi atau konversi bisnis.

Banyak blogger berusaha mencapai semua fungsi blog di atas. Namun, beberapa mungkin hanya fokus untuk mendorong konversi, seperti blog perusahaan. Sementara yang lain mungkin hanya fokus pada menghibur pembaca, seperti blog ulasan film. 

Jenis – Jenis Blog 

Berbagai jenis blog baru muncul di internet hampir tidak ada habisnya. Jenis – jenis blog baru dibuat setiap tahun seiring dengan munculnya teknologi baru, seperti cryptocurrency atau AI. Beberapa jenis blog yang paling umum meliputi : 

1. Blog Fashion Dan Blog Kecantikan 

Blog mode atau blog kecantikan dapat bervariasi dari blog pribadi yang dijalankan oleh orang yang hobi soal mode hingga perusahaan besar yang dijalankan oleh influencer terkenal. 

2. Blog Makanan 

Blog makanan pada dasarnya mirip dengan blog mode, fungsi blog jenis ini untuk memberikan informasi dengan fokus pada topik makanan. Biasanya jenis – jenis blog makanan akan mempublikasikan berbagai jenis kuliner dari jajanan pinggiran hingga restoran mahal. 

3. Blog Travelling 

Sebuah blog travelling akan membahas semua hal dari mulai dari penasihan anggaran perjalanan hingga tempat – tempat wisata tersembunyi. Beberapa blog perjalanan kini telah berkembang menjadi raksasa multi-juta dolar. 

4. Blog Hiburan 

Definisi blog hiburan merupakan blog yang memiliki konsentrasi pada hal – hal yang mencakup film, musik, video game, televisi, dan banyak lainnya. Jenis blog ini dapat bervariasi dari situs kecil satu orang hingga publikasi besar dengan koneksi industri. 

5. Blog Pribadi Dan Blog Gaya Hidup

Blog gaya hidup dan blog pribadi dapat seringkali terlihat sama dengan jenis – jenis blog lain. Ciri utama yang membedakan adalah bahwa setiap posting biasanya dari perspektif satu orang yang berbicara tentang kehidupan dan minat mereka. Umumnya blog jenis ini menggunakan platform blog blogspot atau blog wordpress.

6. Blog Kebugaran Dan Kesehatan 

Blog kebugaran mencakup topik kebugaran termasuk diet yang banyak dicari oleh pembaca. Banyak yang terlihat mirip seperti blog pribadi ketika dijalankan oleh seseorang, perbedaan baru akan terlihat ketika brand kebugaran dan kesehatan yang lebih besar menjalankan blog jenis ini. Dengan banyak program afiliasi kesehatan dan kebugaran di luar sana, blog jenis ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghasilkan uang. 

7. Blog Olahraga

Blog olahraga dapat mencakup semu hal tentang opini, hasil, berita hingga mungkin bursa taruhan. Blog jenis ini hadir karena banyaknya minat dalam dunia olahraga dan kebutuhan akan media alternatif. 

8. Blog Politik Dan Berita

Blog politik dan blog berita biasanya akan mencakup spektrum yang lebih luas dari opini terhadap politik arus utama hingga situs opini khusus. Beberapa contoh blog berita terbesar telah berhasil menarik jutaan pengunjung setiap bulannya. 

9. Blog Pengasuhan Anak 

Blog pengasuhan anak dapat termasuk dalam kategori blog pribadi yang berfokus pada topik  yang tak terbatas pada mengasuh anaak namun juga mengurus rumah tangga secara umum. Secara khusus, blog dengan target para Ibu – Ibu cukup populer dan berpenghasilan tinggi serta berhasil mencakup ke area lain seperti eCommerce atau pelatihan. 

10. Blog Bisnis Dan Keuangan 

Jenis – jenis blog bisnis dan keuangan dapat membahas spektrum yang luas mulai dari keuangan pribadi hingga topik terkait niche bisnis atau hukum internasional. Banyak blog bisnis dijalankan oleh pelaku bisnis untuk membantu pelanggan lebih memahami produk dan layanan mereka. 

11. Blog Otomotif 

Blog otomotif berisikan penggemar yang mendiskusikan hobi mereka di bidang otomotif hingga produsen besar dan publikasi media besar. Mirip dengan blog olahraga dan hiburan, blogger otomotif papan atas biasanya memiliki banyak koneksi industri.

12. Blog Hewan 

Blog hewan peliharaan membahas tentang cinta mereka pada hewan hingga bisnis besar di industri hewan peliharaan. Mungkin ada banyak kemiripan dengan influencer media sosial dan beberapa hewan diketahui menghasilkan lebih banyak dari influencer manusia. 

Perbedaan Blog, Situs Web, Mikroblog Dan Wikis 

Banyak orang menjadi bingung dengan berbagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan konten dan jenis situs web. Meskipun banyak tumpang tindih antara masing-masing, penting untuk memahami perbedaan utama. 

  • Situs Web 

Situs web adalah kumpulan halaman web yang berbagi nama domain. Situs web yang dapat diakses publik adalah apa yang membentuk World Wide Web. Sebuah blog dapat menjadi salah satu komponen dari sebuah situs web, tetapi tidak semua situs web akan memiliki blog. 

  • Wiki 

Wiki adalah jenis sumber konten yang diedit secara kolaboratif yang dibuat menggunakan mesin wiki, sejenis sistem manajemen konten. Ini berbeda dari blog karena mereka terdesentralisasi tanpa pemilik yang dapat dikenali dan tidak mengikuti struktur tradisional. 

  • Situs Otoritas 

Situs otoritas adalah situs web jenis blog yang berupaya membangun otoritas pada subjek yang luas dan menjadi sumber tepercaya. Situs otoritas sering dibuat untuk tujuan moneter, dengan produk utama situs web adalah informasi. 

  • Situs Niche 

Situs niche mirip dengan situs otoritas tetapi hanya akan fokus pada satu topik yang sangat khusus, yang menyebabkan situs web menjadi jauh lebih kecil. Contoh mungkin berfokus pada jenis produk atau layanan tertentu dalam kategori yang lebih luas. 

  • Mikroblog 

Microblog memiliki fungsi blog yang sama seperti blog biasa tetapi berbeda dalam panjang dan cakupannya. Kebanyakan mikroblog diterbitkan oleh satu orang meskipun dapat memiliki banyak penulis. Contoh mikroblog modern termasuk Twitter dan Facebook.

Itulah definisi, jenis-jenis, fungsi dan contoh blog. Meskipun telah banyak blog yang sudah ada, namun kunci keberhasilan dalam bidang ini terletak pada ketekunan dan konsistensi dari seorang blogger sendiri. Jadi jika sobat Shipper sekalian baru ingin mulai menjalankan sebuah blog, dengan hal tersebut bukan tak mungkin sobat akan mampu menyalip blog – blog yang telah berumur. Namun jika Sobat Shipper membutuhkan agregator logistik & jasa gudang online, serahkan pada Shipper yang ahli dibidangnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.