Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Kekurangan Cross Docking

Uncategorized28 October 2021
pengertian-cross-docking

Pengertian cross docking adalah praktik dalam manajemen logistik dimana produk yang baru dibongkar dan diturunkan dari kendaraan pengirim, langsung disortir lalu dimuat kembali ke dalam kendaraan lain yang telah menunggu. Kendaraan inilah yang akan mengangkut produk ke tujuan selanjutnya.

Cross docking menghilangkan proses penyimpanan di gudang dalam waktu lama, sehingga dapat menghemat waktu dan uang. Proses logistik yang disederhanakan ini dapat bermanfaat dalam berbagai situasi. Untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai cross docking dan keuntungannya, mari baca artikel lengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis Cross Docking

Cross docking terbagi menjadi 5 tipe, meliputi:

· Transportation Cross Docking. Ini merupakan teknik cross docking dimana sejumlah muatan pengiriman yang lebih kecil, dikombinasikan menjadi satu muatan besar sehingga bisa lebih efisien.

· Manufacturing Cross Docking. Ini merupakan proses penerimaan produk masuk dan produk yang telah dibeli untuk keperluan manufaktur.

· Retails Cross Docking. Proses ini melibatkan penerimaan produk dari beberapa vendor yang kemudian digabungkan ke dalam kendaraan pengangkut keluar untuk dikirimkan ke sejumlah toko ritel.

· Distributor Cross Docking. Kombinasi dari berbagai produk berbeda yang kemudian dijadikan satu pengiriman ke pelanggan.

· Opportunistic Cross Docking. Proses pemindahan produk secara langsung dari dok pengiriman masuk ke dok pengiriman keluar untuk memenuhi permintaan.

Keuntungan Cross Docking

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari mempraktekkan cross docking dalam manajemen logistik. Beberapa keuntungan cross docking diantaranya adalah:

· Rantai pasokan yang lebih ramping dan efisien dari titik asal ke titik penjualan karena mengeliminasi proses penyimpanan dalam durasi lama di gudang.

· Pengurangan atau penghapusan biaya pergudangan, termasuk biaya penanganan inventaris dan biaya penyimpanan persediaan.

· Memperkecil risiko kerusakan inventaris karena produk menghabiskan waktu lebih sedikit di gudang atau malah tidak sama sekali.

· Meningkatkan tingkat perputaran produk karena barang dipindahkan dengan cepat dan langsung didistribusikan. Hal ini meningkatkan efisiensi waktu yang pada gilirannya dapat meningkatkan profitabilitas bisnis Sobat Shipper.

· Produk mencapai distributor dan pengecer dengan lebih cepat. Hal ini akan membuat pengecer memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pengecer lain yang belum menerima produk tersebut.

· Ketersediaan produk yang lebih cepat di pengecer membuat pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan secara tepat waktu. Ini mendorong peningkatan kepuasan konsumen.

Kekurangan Cross Docking

Ada keuntungan tentu ada juga kekurangan cross docking, seperti diantaranya adalah:

· Cross docking sangat bergantung pada pengangkut transportasi mengingat barang segera dikirim tanpa disimpan di gudang. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan jumlah operator pengangkut lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan agar dapat memastikan kelancaran proses cross docking.

· Diperlukan pemasok yang handal dan terpercaya untuk memfasilitasi praktek cross docking secara efektif. Operasi ini membutuhkan pengiriman yang akurat dan tepat waktu dari pemasok, untuk memastikan barang dapat dikirim dengan tepat waktu ke pelanggan.

· Layanan lintas dermaga memerlukan koordinasi dan perencanaan yang menyeluruh dan mendalam. Cross docking melibatkan berbagai pertimbangan untuk mengoordinasikan pemasok. Perencanaan juga harus mempertimbangkan jadwal pengiriman, analisis permintaan-penawaran, serta lain sebagainya.

Cross docking dapat membantu Sobat Shipper untuk mempercepat perputaran produk, mengirimkan barang lebih cepat, meminimalkan risiko produk dan menghemat banyak biaya. Meskipun demikian,

mengingat adanya beberapa risiko, sebaiknya pastikan Sobat Shipper dapat mengelola kekurangan cross docking secara efektif sebelum memutuskan menggunakannya. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : Simak! Ini Dia Beberapa Metode Dalam Pengiriman Barang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.