Simak Pengertian CRM dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Uncategorized26 October 2021
pengertian-crm-dan-manfaatnya

Berlomba-lomba mendapat dan memperbanyak pelanggan bisa menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Untuk itu, sejumlah cara dilakukan untuk menggaet dan mempermudah proses pendekatan pada pelanggan.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Teknik ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mempertahankan loyal customer mereka.

Sebenarnya, apa itu CRM? Dan apa manfaat penggunaannya bagi perusahaan? Kami rangkum informasinya di sini.

Pengertian CRM

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang dilakukan dengan memeprkuat jaringan dengan pelanggan. Entah itu pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama.

Dengan teknik ini, perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya, karena semakin banyak pelanggan, semakin baik prosepek usahanya.

Startegi CRM sebenarnya sudah banyak dilakukan sejak zaman dahulu, sebelum teknologi marak seperti sekarang. Biasanya perusahaan menuliskan manual kontak pelanggan mereka.

Namun, seiring berkembangnya zaman, perusahaan kini mudah menggunakan strategi ini karena didukung oleh banyak sistem yang bisa menunjang CRM.

Bahkan kini sudah beredar banyak aplikasi yang bisa menunjang dan memaksimalkan fungsi CRM.

Manfaat Penggunaan CRM

Dalam peningkatan dan pengembangan bisnis, CRM memiliki fungsi dan manfaat cukup banyak. Berikut manfaat CRM dalam perusahaan,

1. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Mendapatkan pelanggan mungkin bisa saja mudah, tapi mendekatkan hubungan dengan mereka tentu tak gampang. Nah, di sinilah salah satu manfaat CRM bekerja.

Dengan strategi CRM, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk mendapatkan feedback dari mereka. Kamu juga bisa menginformasikan produk-produk terbaru langsung pada mereka.

Maka dari itu, sangat penting memilih aplikasi yang tepat untuk pengumpulan kontak para pelanggan. Jangan lupa, aplikasi yang dipilih juga harus dijamin aman supaya kontak penting para pelanggan tidak bocor.

2. Mempermudah Kinerja Perusahaan

Dengan menggunakan CRM, perusahaan bisa mendapat gambaran jelas tentang saluran penjualan melalui tahapan yang telah ditetapkan di awal. Perusahaan juga akan mudah untuk menidentifikasi prospek yang menjanjikan dan memprioritaskan pelanggan semacam ini.

Dengan hal tersebut, tentunya perusahaan mendapat kemudahan dalam segala hal apapun, tak hanya berhubungan dengan kontak pelanggan saja.

3. Memperkuat Bisnis dengan Kolaborasi Tim

Dalam penggunaannya, CRM tidak dapat berjalan sendirian. Butuh kolaborasi dari setiap tim untuk mendukung strategi bisnis ini.

CRM memungkinkan kolaborasi antara tim penjualan, pemasaran serta dukungan untuk bekerja sama. Tentunya, hal ini bisa mempererat kerjasama tim sehingga bisa memperkuat bisnis secara internal.

4. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Dengan target audiens dan prosepek yang jelas, perusahaan tentu saja bisa menciptakan atau memasarkan produk yang dapat diminati oleh banyak pelanggan.

Hal ini tentunya akan meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan. Dengan segala fungsi CRM juga, perusahaan bisa menggunakan up selling dan cross selling dengan tingkat kesuksesan yang cukup tinggi.

Keuntungan perusahaan juga bisa meningkat karena tingkap kepercayaan dan brand awareness yang terus meningkat akibat penggunaan CRM.

Walau CRM menjadi strategi ampuh untuk meningkatkan bisnis, namun, ada baiknya untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Baca Juga : Apa Itu Email Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Online

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.