Simak! Ini Dia Beberapa Metode Dalam Pengiriman Barang

Uncategorized27 August 2021
metode-pengiriman-barang

Metode pengiriman barang sangatlah penting dalam proses jual-beli. Untuk itu diperlukan beberapa strategi untuk menentukan bagaimana model proses pengiriman barang yang dapat diterapkan. Sobat Shipper bisa menjadikan metode ini sebagai referensi dalam proses jual-beli di tokomu. Setidaknya ada tiga jenis model pengiriman barang yang biasa digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman barang, yaitu:

1. Metode Direct Shipping

Opsi pertama adalah menggunakan pengiriman langsung. Pengiriman langsung adalah metode pengiriman barang yang melibatkan pengiriman langsung dari produsen ke konsumen tanpa melewati satu atau lebih titik perantara. Jenis barang dengan kualifikasi yang sangat rawan rusak (perishable goods), dalam jumlah yang sangat banyak, atau merupakan salah satu jenis produk khusus harus disesuaikan dengan pemilihan cara pengiriman langsung seperti ini.

Penanganan pengiriman barang akan lebih mudah dengan metode seperti pengiriman langsung, dan resiko kerusakan barang akan berkurang. Selanjutnya karena tidak adanya perantara dalam proses pengiriman, waktu pengiriman semakin cepat, dan tingkat akurasi data semakin baik.

Namun, jika volume barang yang akan dikirim bertambah hingga melebihi kapasitas pengiriman, metode model pengiriman langsung akan banyak bermasalah karena proses pengiriman akan terlalu sibuk, dan akan terlalu banyak proses dokumentasi. Selanjutnya karena metode pengiriman langsung ini menghilangkan kebutuhan akan safety stock, maka resiko kehabisan stok akan semakin tinggi jika suatu saat terjadi masalah pengiriman.

2. Metode Warehouse/Distribution Center

Metode kedua adalah mengirimkan produk melalui gudang atau pusat distribusi. Barang yang akan dikirim terlebih dahulu harus ditampung di gudang atau pusat distribusi bila menggunakan cara ini. Gudang ini, juga dikenal sebagai pusat distribusi, adalah lokasi utama untuk menyimpan barang dan mengirim ke area yang luas. Metode model ini sangat cocok untuk kategori barang yang tahan lama, memiliki jumlah besar, dan memiliki tingkat ketidakpastian penawaran dan permintaan yang tinggi.

Manfaat penggunaan metode model ini adalah persediaan pengaman akan selalu tersedia untuk mengantisipasi berbagai lonjakan permintaan, termasuk yang tidak terduga, dan biaya transportasi akan tetap rendah. 

Saat menggunakan metode model pengiriman barang melalui gudang atau pusat distribusi, perlu diingat bahwa persediaan yang lebih besar akan mengakibatkan biaya penyimpanan, biaya tenaga kerja, dan kebutuhan fasilitas penyimpanan fisik yang lebih tinggi. Selanjutnya karena lebih banyak proses penanganan pengiriman barang, maka resiko kerusakan barang yang disimpan sangat tinggi.

3. Metode Cross Docking

Metode cross docking adalah proses yang melibatkan pengiriman barang dari berbagai sumber, menyortir dan mengelompokkannya, dan kemudian mengirimkannya ke setiap lokasi. Barang dasar, truk LTL, dan jenis layanan kargo udara lainnya semuanya dikirim menggunakan metode ini. Manfaat menggunakan metode ini adalah barang diproses lebih cepat dan persediaan lebih berkurang. Selanjutnya dengan menggunakan metode cross docking menghilangkan proses penanganan penyimpanan barang.

Itulah pembahasan tentang beberapa metode yang paling umum digunakan dalam strategi manajemen pengiriman barang. Semoga bermanfaat guna meningkatkan kualitas jual-beli, serta pelayanan di tokomu.

Pada dasarnya pengiriman barang bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang terpenting adalah Sobat Shipper bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Tingkatkan kualitas serta pelayanan dalam proses pengiriman barang di tokomu, agar pembeli nyaman dan melakukan transaksi kembali.

Untuk memudahkan proses pengiriman barang, saat ini sudah ada jasa pengiriman yang profesional untuk mengantar orderan pelanggan selamat sampai tujuan. Kamu bisa bekerja sama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan antar gratis dan masih banyak keunggulan lainnya.

Tags
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.