Ingin Merintis Usaha Melalui Dropship? Simak Tipsnya!

Uncategorized15 November 2021
merintis-usaha-dropship

Dropship bisa menjadi pilihan bisnis bagi Sobat Shipper yang ingin membuka usaha sendiri namun mengalami keterbatasan modal. Selain tidak memerlukan modal besar, bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun apakah Sobat Shipper sudah memahami arti dropship?

Dropship adalah sebuah sistem penjualan yang mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak ketiga (pemasok) tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang). Lantas apa bedanya dengan menjadi reseller? Perbedaannya saat

kamu menjadi seorang dropshipper, barang yang kamu promosikan akan dikirim langsung oleh pemasok kepada pembeli. Jadi kamu tidak perlu memiliki gudang khusus tempat menyetok barang dan tak perlu repot melakukan pengemasan barang seperti yang dilakukan reseller. Perbedaan selanjutnya adalah seorang reseller harus mengeluarkan modal yang relatif besar untuk membeli stok dari pemasok sebelum bisa menjualnya kembali.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tugas seorang dropshipper hanyalah mencari pelanggan. Modal utama kamu hanyalah koneksi jaringan internet dan teknik pemasaran. Kamu hanya perlu memanfaatkan kemajuan teknologi digital sekarang ini tanpa harus repot turun ke jalan. Promosikan semua barang daganganmu melalui media sosial dan e-commerce.

Cara Kerja Bisnis Dropship

Berikut tahapan cara kerja bisnis dropship:

1. Dropshipper memilih produk apa yang hendak dijual kemudian mencari pemasok yang terpercaya. Setelah itu diskusikan ketersediaan stok dan skema pembayaran. Pastikan untuk menjalin hubungan yang baik agar pemasok selalu memberikan update mengenai produk terbaru.

2. Dropshipper memasarkan produknya ke konsumen. Sobat Shipper bisa memanfaatkan media sosial, marketplace, dan webiste. Foto produk biasanya akan disediakan oleh pemasok barang, jadi Sobat Shipper hanya perlu fokus ke promosi produk.

3. Saat ada pelanggan yang ingin membeli, produk yang dipromosikan dropshipper dan pembayaran dilakukan pembeli ke dropshipper.

4. Dropshipper kemudian meneruskan pesanan ke pemasok. Pemasok mempersiapkan barang dan dikirimkan dari gudang ke alamat pembeli.

Keuntungan Dropship

Setelah memahami cara kerja Dropship, Sobat Shipper pasti akan tertarik pada keuntungannya:

1. Minim modal

2. Mudah dijalankan dan bisa dilakukan di mana saja

3. Produk yang bisa dijual beragam

4. Tak perlu memiliki gudang

5. Tak repot dengan pengemasan dan pengiriman barang

Kekurangan Dropship

Selain kelebihan, setiap sistem bisnis memiliki kekurangan masing-masing. Berikut kekurangan dari sistem bisnis dropship yang wajib Sobat Shipper pertimbangkan:

1. Keuntungan rendah karena harus bagi hasil dengan pemasok

2. Dropshipper tak bisa memastikan ketersediaan produk

3. Nama baik dropshipper sangat tergantung pada kualitas barang dari pemasok

4. Kecepatan pengiriman produk bergantung pada pemasok

5. Tidak bisa memastikan ketepatan pengiriman produk

Bagaimana Sobat Shipper? Apakah kamu mau berbisnis di bidang dropship? Atau kamu justru tertarik mencari seorang dropshipper untuk membantu mempromosikan barang daganganmu? Apa pun pilihannya, pastikan gunakan Shipper untuk solusi pengiriman paketmu ya! Shipper terhubung dengan dua belas penyedia layanan logistik yang bisa kamu pilih melalui aplikasi Shipper di HP kamu! Kamu tidak perlu repot lagi mengantarkan paket ke kantor cabang ekspedisi terdekat karena Shipper menyediakan jasa penjemputan barang gratis. Tinggal jadwalkan saja penjemputan paket sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk info lebih lanjut, kunjungi websitenya di shipper.id!

Baca Juga : Ini Dia 5 Perbedaan Reseller dan Dropshipper yang Jarang Orang Tahu

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.