7 Langkah Menjalankan Bisnis Lobster Dengan Benar

Uncategorized21 October 2021
menjalankan-bisnis-lobster

Jika Sobat Shipper tertarik untuk berbisnis di bidang seafood, mungkin bisnis lobster bisa jadi pilihan. Lobster merupakan salah satu jenis seafood yang bisa dibudidayakan di air tawar. Tentunya diperlukan bibit lobster air tawar untuk memulainya. Peluang bisnis lobster air tawar sangat menjanjikan. Lobster memiliki harga jual yang tinggi baik di pasar lokal atau internasional. Selain itu, budidaya lobster juga memungkinkan untuk memelihara spesies ikan lainnya. Mari kita simak kiat-kiat untuk memulai usaha lobster yang berpeluang memberi keuntungan menggiurkan.

1. Memilih Lokasi

Memilih lokasi merupakan hal pertama yang harus dilakukan saat akan memulai bisnis lobster. Perhatikan beberapa faktor berikut saat memilih lokasi tambak lobster:

– Pilih lokasi tambak di dekat sungai atau kanal untuk memastikan pasokan air tercukupi.

– Jika tidak berada di dekat sumber air, pastikan terdapat sumber pasokan air yang berkelanjutan.

– Memiliki pasokan air bersih bebas polutan dan sinar matahari yang memadai.

Untuk usaha lobster rumahan, pastikan lokasi tambak dapat memenuhi kondisi yang disebutkan, khususnya terkait pasokan air bersih.

2. Menyiapkan Tambak

Siapkan tambak dengan baik untuk memastikan lingkungan pertumbuhan lobster yang optimal.

– Bersihkan dan disinfeksi tambak dengan baik, menggunakan bahan pembersih bersertifikat.

– Oleskan kotoran sapi dan pupuk kandang alami di dasar tambak dan biarkan selama 5-7 hari untuk memastikan pertumbuhan organisme air dan menyediakan lingkungan yang baik.

3. Pemeliharaan lobster

Agar bisnis lobster tidak gagal di tengah jalan, proses pemeliharaan lobster sangat penting diperhatikan. Dapatkan benih lobster dari tempat penetasan. Produksi benih dan penyiapannya dapat berlangsung hingga sebulan dan dilakukan di tempat pembenihan.

– Umumnya per hektar dapat ditebar sekitar 10.000 benih lobster. Sebaiknya pilih pemasok benih yang dekat dengan lokasi tambak. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan benih selama transportasi.

– Benih lobster tidak tumbuh dengan baik pada kepadatan tinggi dan dapat berkelahi dengan satu sama lain. Jangan mencampurkan benih berukuran lebih besar dengan yang lebih kecil karena bisa saling memakan.

– Beri makan lobster dua kali sehari. Pakan lobster berupa ikan-ikan kecil, cacing atau pelet udang.

– Pantau pertumbuhan lobster setidaknya sebulan dua kali untuk memantau kebutuhan pakan dan melacak pertumbuhan.

4. Lindungi Lobster

Pastikan ada ruang yang cukup untuk benih lobster tumbuh tanpa saling memakan satu sama lain. Sediakan jaring untuk mencegah lobster melarikan diri. Tempatkan bilah bambu di atas tambak untuk menghindari burung atau hewan pemakan lobster. Cukup sisakan sedikit celah untuk memberi makan lobster.

5. Penanganan Limbah

Sediakan penyaringan air yang baik untuk mencegah penyebaran penyakit. Pastikan sistem biofiltrasi terpasang agar limbah yang dihasilkan lobster tidak terlalu beracun. Bersihkan tambak setelah memberi makan lobster. Bersihkan tambak secara menyeluruh dua kali sebulan untuk menghilangkan endapan.

6. Panen

Lobster dipanen kira-kira dalam enam hingga tujuh bulan. Inilah saatnya Sobat Shipper mendapatkan keuntungan dari bisnis lobster. Panen lobster dengan hati-hati menggunakan jaring untuk menghindari kerusakan.

7. Pemasaran dan Penjualan

Hubungi pembeli potensial sebelum panen dan segera kirimkan hasil panen hidup untuk menghindari stres pada lobster. Pasalnya, daging dari lobster yang stres tidak akan terlalu enak. Lain halnya dengan lobster yang ditangani dengan hati-hati dan mengalami stres paling sedikit.

Selain untuk pasar lokal, bisnis lobster juga memiliki peluang yang terbuka lebar untuk diekspor. Tentunya bisnis lobster ekspor dapat mendatangkan penghasilan lebih tinggi. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

Baca Juga : Ingin Sukses Memulai Bisnis Pet Shop? Ini 5 Tips yang Harus Kamu Tahu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.