Lakukan 5 Tips Ini, Kamu Bisa Sukses Berbisnis Dengan Modal yang Kecil

Uncategorized06 September 2021
mengembangkan-bisnis-dengan-modal-kecil

Siapa sih yang tidak menginginkan usahanya besar dan produk dagangannya selalu laris? Tentu saja hampir semua orang menginginkannya. Akan tetapi, mengembangkan usaha menjadi besar tidaklah mudah, terlebih jika modal yang dimiliki sangat pas-pasan.

Dalam mengelola usaha apa pun, memiliki modal yang besar tentunya akan lebih mudah daripada mengembangkan bisnis dengan modal kecil. Namun, siapa sangka, rupanya tanpa modal besar pun Sobat Shipper juga bisa mengembangkan suatu bisnis dengan baik dan berkembang. Bagaimana caranya? Yuk, intip 5 tips jitu mengembangkan bisnis dengan modal kecil, di bawah ini.

Berikut 5 Tips Mengembangkan Bisnis Dengan Modal Kecil

1. Pilih Jenis Usaha yang Kamu Sukai

Ini adalah hal yang penting. Langkah pertama yang harus Sobat Shipper lakukan adalah menentukan bisnis apa yang menguntungkan tetapi juga menyenangkan. Cobalah pilih model bisnis yang sesuai dengan hobi. Dengan demikian, Sobat Shipper akan lebih bersemangat dalam menjalankannya.

Ambillah contoh yang paling mudah seperti bisnis travel jika Sobat Shipper menyukai travelling. Atau bisnis lainnya yang terkait dengan hobi seperti fotografer, bisnis kuliner, servis elektronik, dan lainnya.

2. Manfaatkan Peralatan yang Dimiliki

Tak perlu modal besar. Tidak selamanya Sobat Shipper memerlukan peralatan canggih yang mutakhir. Manfaatkan saja perlengkapan yang ada di sekitar, atau paling tidak membeli peralatan baru dengan harga terjangkau. Mengembangkan bisnis dengan modal kecil harus dijalankan dengan disiplin. Tidak perlu gengsi dengan kompetitor atau pun orang lain.

Jika di kemudian hari bisnis Sobat Shipper sudah besa, baru deh Sobat Shipper bisa melakukan inventarisasi kembali dengan modal yang lebih besar.

3. Pilihlah Lokasi yang Sesuai

Lokasi selalu jadi satu aspek penting dalam memulai usaha. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan jenis usaha. Jangan ragu untuk memanfaatkan area sekitar rumah jika diperlukan.

Mengembangkan bisnis dengan modal kecil bisa diwujudkan salah satunya dengan menghemat biaya penyewaan tempat. Sebagaimana Amazon, Apple, Microsoft, dan Google, yang memulai bisnis mereka dari garasi kecil.

4. Manfaatkan Sosial Media

Tanpa perlu modal besar, dengan memanfaatkan sosial media, Sobat Shipper dapat menjangkau calon customer dengan lebih luas dan melakukan promosi secara gratis serta menarik.

Mulailah mengiklankan gambar-gambar beserta promo menarik setiap harinya. Dengan begitu, para calon customer akan mulai berdatangan scara signifikan. Aktivitas beriklan di sosial media ini akan membantu Sobat Shipper dalam mengembangkan usaha dengan modal kecil.

5. Melakukan Perencanaan Keuangan Dengan Baik dan Bijak

Saat bisnis mulai menghasilkan pundi-pundi uang dan mampu menghimpun modal besar, Sobat Shipper harus disiplin dalam mengatur keluar masuknya uang. Sebaiknya Sobat Shipper memisahkan antara uang perusahaan dan uang pribadi.

Kebanyakan bisnis gagal dan bangkrut karena tidak cermat dalam melakukan perencanaan keuangan. Sekali lagi, disiplin merencarakan keuangan akan memudahkan Sobat Shipper dalam mengembangkan usaha dengan modal kecil.

Itulah 5 tips jitu bagaimana cara mengembangkan usaha dengan modal kecil. Mudah, kan?

Oh ya, jika Sobat Shipper memilih bisnis dengan model penjulan produk atau barang, jangan lupa untuk memilih layanan pengantaran yang terpercaya, ya. Salah satunya adalah Shipper, yakni layanan ekspedisi pengantaran barang yang dapat memudahkan Sobat Shipper dalam melakukan pengecekan ongkir dan resi dengan lebih instan. Silakan kunjungi laman ini. Semoga bermanfaat!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.