Ingin Memulai Bisnis Perorangan? Simak Jenis dan Keunggulannya yuk!

Uncategorized28 September 2021
memulai-bisnis-perorangan

Sobat Shipper pernah punya ide untuk memulai usaha sendiri? Nah, jenis usaha yang dikelola perorangan disebut sebagai bisnis perorangan. Jenis usaha ini berbeda dengan jenis-jenis bisnis seperti CV dan PT karena lebih mudah untuk didirikan dan beroperasi. Seluruh tanggung jawab dari bisnis perorangan dibebankan seluruhnya kepada pemilik, karena yang memiliki semua modal dan yang mengambil keputusan strategis adalah pemilik. 

1. Keunggulan Bisnis Perorangan 

Bisnis perorangan memiliki beberapa keuntungan dibandingkan jenis-jenis bisnis lain, beberapa di antaranya adalah;

  • Proses pendiriannya relatif mudah karena pengambil keputusan berdiri sendiri
  • Pemilik bisnis adalah individu atau keluarga yang memiliki ikatan kekeluargaan
  • Modal usaha biasanya tidak terlalu besar, sehingga tidak perlu mencari investor 
  • Sistem pengelolaan usaha cukup sederhana

Hal-hal di atas tentunya akan memungkinkan untuk Sobat Shipper untuk menbangun sebuah usaha tanpa rasa khawatir.

2. Kedudukan Bisnis Perorangan dalam Hukum

Dalam hukum positif Indonesia, tidak ada undang-undang yang mengatur tentang bisnis perorangan secara spesifik. Undang-Undang Wajib Daftar Usaha (UU Pendaftaran Usaha) No. 3 Tahun 1982 mencakup usaha-usaha yang harus didaftarkan pada Kantor Pendaftaran Usaha membuat pecualian untuk bisnis perorangan kalau perusahaan itu dikelola, dioperasikan atau diurus sendiri oleh pemiliknya dan hanya mempekerjakan anggota keluarga; hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pemilik, atau bukan merupakan badan hukum atau persekutuan.

3. Awal Mula Sebuah Bisnis Perorangan

Nah, setelah Sobat Shipper tahu kedudukan hukum bisnis perorangan, berikut adalah beberapa tips untuk mulai membangunnya;

  • Setelah Sobat Shipper memiliki ide untuk sebuah usaha, baik untuk menjual produk atau jasa, jalankan ide tersebut sebagai bisnis. Bagian penting dari memulai bisnis adalah menyusun rencana bisnis. Rencana tersebut berfungsi sebagai peta sehingga Sobat Shipper  mengetahui urutan penerapan tindakan yang diperlukan untuk memulai dan mengembangkan bisnis.
  • Nah, tentu saja sebelum memulai, Sobat Shipper harus memilih nama sebagai brand bisnis perorangan tersebut. Sebuah nama dapat menggambarkan tujuan dan nilai dari sebuah usaha. Pikirkan baik-baik ketika memilih nama ketika memulai bisnis perorangan dan pastikan belum ada pihak lain yang menggunakan nama itu.

4. Jenis- jenis Usaha Perorangan

Sobat Shipper masih bingung untuk memulai usaha apa? Mulailah mencari ide dari jenis-jenis usaha perorangan yang ada di Indonesia di bawah ini.

1. Usaha Pertanian

Jenis usaha perorangan yang satu ini bergerak di bidang yang penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Sobat Shipper bisa mulai dengan menggarap tanah milik sendiri atau sewaan, lalu menjual hasil panen ke keluarga atau tetangga untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. 

2. Usaha Perdagangan

Sobat Shipper tahu istilah dropship? Dengan hanya bermodal sedikit, Sobat Shipper bisa mulai membeli berbagai jenis produk untuk dijual kembali tanpa memproduksi sendiri. Tentu saja Shipper bisa membantu Sobat Shipper untuk mengirim dagangan tersebut hingga ke tangan konsumen dengan aman!

4. Industri Rumah Tangga

Jenis usaha perorangan ini cocok untuk Sobat Shipper yang punya hobi atau keahlian yang khusus, misalnya membuat kue atau kerajinan tangan. Sobat Shipper harus bisa berinovasi sehingga produk yang ditawarkan memiliki keunikan yang lebih spesial dari yang lain.

Nah, sekarang Sobat Shipper sudah tahu tips untuk merintis bisnis perorangan. Sudah ada ide yang muncul dalam pikiranmu? Jangan takut untuk memulai usaha sendiri dari awal!

Mari bekerjasama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman terbaik untuk bisnis perorangan yang akan Sobat Shipper rintis! Shipper memberikan tarif pengiriman terbaik dan bebas pilih ekspedisi. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper, klik https://shipper.id!

Baca Juga : 5 Tips Jitu Memulai Bisnis Snack Rumahan di Masa Pandemi

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.