Simak! Cara Membuat Business Plan Dengan Benar

Uncategorized21 October 2021
membuat-business-plan

Businesss plan atau rencana bisnis adalah pemetaan yang komprehensif untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Business plan menyampaikan profil tentang perusahaan, apa yang direncanakan, dan rencana melakukannya. Business plan juga dapat membantu menarik investor.

Di dalam artikel ini Sobat Shipper dapat mengetahui cara membuat businesss plan yang bisa sangat bermanfaat bagi bisnis yang akan atau sedang dijalankan.

Kelebihan Memiliki Businesss Plan

Pernahkah Sahabat Shipper mendengar kutipan: “Kegagalan untuk merencanakan adalah rencana untuk gagal.” Businesss plan adalah salah satu perencanaan yang diperlukan untuk memetakan rencana bisnis yang dijalankan.

Menurut penelitian Bplan dan University of Oregon, beberapa kelebihan pengusaha memiliki businesss plan dibandingkan yang tidak antara lain:

– Bisnis yang memiliki businesss plan tumbuh 30% lebih cepat.

– Bisnis 2x lebih mungkin untuk tumbuh, mendapatkan investasi, atau mendapatkan pinjaman.

– Memiliki kemungkinan 129% lebih tinggi untuk tumbuh melampaui fase startup dan 260% peningkatan kemungkinan tumbuh dari “ide” menjadi “bisnis baru.”

Selain itu, studi lainnya mengungkapkan bahwa membuat perencanaan bisnis meningkatkan kinerja perusahaan kecil baik yang baru atau yang sudah mapan.

Cara Membuat Businesss Plan

Target pembaca dapat memengaruhi cara membuat perencanaan bisnis. Maka sebelum membuatnya pastikan terlebih dahulu untuk siapa Sahabat Shipper menujukannya. Berikut ini 10 unsur yang terdapat pada businesss plan.

1. Buat Ringkasan Eksekutif

Ini adalah iktisar dari bisnis yang Sobat Shipper jalankan, secara singkat memaparkan:

– Siapa target pelanggan

– Solusi saat ini yang membuat target pelanggan tidak puas

– Jenis produk dan layangan yang disediakan, serta masalah yang dapat dipecahkan

– Fitur utama yang membedakan dengan pesaing

2. Tulis Deskripsi Perusahaan

Saat membuat perencanaan bisnis, deskripsi perusahaan berisi tiga elemen unsur yaitu pernyataan misi, sejarah perusahaan, dan tujuan.

3. Rangkuman Riset dan Potensi Pasar

Bagian businesss plan selanjutnya adalah menguraikan pelanggan potensial serta ukuran pasar. Target pasar mengidentifikasi informasi demografis seperti jenis kelamin, lokasi, tingkat ekonomi, usia, dll. Sebaiknya jelaskan target pelanggan secara detail agar lebih meyakinkan.

4. Analisa Kompetitor

Pada businesss plan dapat disertakan analisa terhadap kompetitor di pasar. Setelah itu jelaskan apa yang membuat bisnis Sobat Shipper berbeda dari kompetitor lainnya.

5. Penjelasan Produk

Sobat Shipper dapat menjelaskan produk secara lengkap mulai dari manfaat, proses produksi, dan siklus hidup. Sebutkan fitur unik dan manfaatnya serta kelebihan produk. Paparkan cara membuat produk termasuk sumber bahan baku dan cara mengontrol kualitasnya.

6. Strategi Pemasaran dan Penjualan

Ini adalah bagian yang sangat penting dalam businesss plan. Pada bagian ini Sobat Shipper dapat menjelaskan target pasar, segmen pelanggan, rencana mengembangkan bisnis, strategi mengembangkan loyalitas pelanggan, saluran iklan dan promosi, serta lain sebagainya.

7. Keuangan Bisnis

Jika bisnis baru direncanakan atau baru berjalan, masukkan berapa banyak anggaran yang disiapkan dan dibutuhkan serta rencana keuangan. Jika perusahaan sudah berjalan beberapa waktu, Sobat Shipper dapat memasukkan laporan laba rugi, laporan arus kas dan neraca. Sementara untuk perusahaan lama dapat menyertakan laporan keuangan yang lebih komprehensif.

8. Paparkan Mengenai Organisasi dan Manajemen

Pada bagian businesss plan ini paparkan anggota tim dan jelaskan peran mereka dalam mengembangkan perusahaan. Sobat Shipper dapat menyertakan latar belakang serta menyoroti keahlian dan kualifikasi mereka untuk meningkatkan kredibilitas.

9. Paparkan Tujuan Pendanaan

Jika businesss plan dibuat untuk menarik investasi, jelaskan untuk apa Sobat Shipper memerlukan pendanaan tersebut. Serta sebutkan apa potensi yang dapat menarik investor menanamkan modalnya.

10. Susunan lampiran

Pada bagian akhir masukkan lampiran dokumen-dokumen terkait usaha yang akan atau sedang dijalankan.

Itulah cara membuat perencanaan bisnis. Menyusun businesss plan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Shipper. Pastikan businesss plan disusun dengan rapi dan profesional. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

Baca Juga : 7 Peluang Bisnis Baru yang Bisa Kamu Coba Selama Pandemi

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.