Manfaat Sewa Gudang Bagi Pelaku Bisnis

Uncategorized07 November 2021
manfaat-sewa-gudang-bagi-pelaku-bisnis

Gudang memiliki fungsi yang sangat penting di dalam dunia logistik. Lokasi dan fasilitas gudang dapat menentukan keamanan produk dan kecepatan pengiriman, yang akhirnya akan memengaruhi kepuasan pelanggan. Sewa gudang dapat mempermudah segala aspek bisnis mulai dari menekan biaya, melancarkan distribusi, serta meningkatkan keuntungan dengan modal seminimal mungkin.

Untuk pengusaha kelas kecil hingga menengah, menyewa gudang akan lebih menghemat biaya. Terutama jika tidak memiliki ruang di rumah untuk menyimpan produk. Pada umumnya, gudang yang disewakan sudah dilengkapi pallet, rak, label untuk barang, tenaga bongkar muat, sekuriti dan CCTV, alat pendeteksi kebakaran, dock level, dan forklift. Beberapa pedagang di e-commerce menyewa ruang seperti loker lokal atau unit penyimpanan inventaris.

Sewa Gudang Sebagai Fulfillment Center

Dulu, kebanyakan gudang dibangun dekat dengan pabrik karena diperuntukkan mempermudah proses menyimpan barang sebelum dan sesudah kegiatan produksi. Barang yang disimpan sebelum kegiatan produksi berupa bahan baku atau mentah seperti karet, besi, material bangunan, dan lain-lain. Sedangkan barang sesudah kegiatan produksi bisa berupa barang setengah jadi maupun barang jadi. Gudang dibangun dekat pabrik untuk efisiensi biaya.

Namun kini, fungsi gudang sudah semakin banyak. Hal ini karena gudang harus mampu mengikuti dan memenuhi tren bisnis. Salah satu fungsi gudang adalah fulfillment center. Jenis gudang ini biasa disewakan sebagai gudang online shop.

Fulfillment center dibangun untuk mempermudah pelaku bisnis agar tidak perlu repot lagi untuk mengurusi penyimpanan barang untuk dikelola dan kemudian diproses guna memenuhi order pelanggan. Fulfillment center dilengkapi dengan sistem terintegrasi dan juga fasilitas yang memadai untuk pengadaan proses supply-chain (rantai pasokan) e-commerce yang mulus mulai dari penyimpanan barang (storing), manajemen inventaris (inventory management), pengambilan dan pengemasan (picking and packing), hingga pengiriman (shipping).

Fulfillment center juga membantu dalam proses reverse logistic atau pengembalian barang retur. Sebelum dikembalikan kepada produsen, dilakukan proses pengecekan untuk memastikan kebenaran catatan perdagangan. Barang cacat dibuang sementara yang masih layak pakai akan digunakan kembali.

Tidak hanya perusahaan swasta, pemerintah juga menyediakan penyewaan gudang untuk masyarakat umum. Contohnya adalah Bulog yang berfungsi sebagai penyimpan beras yang akan disalurkan kepada masyarakat, para tentara, serta berbagai korban bencana alam. Untuk mempermudah proses distribusi, gudang Bulog sudah tersebar di seluruh penjuru negeri.

Layanan penyewaan gudang tidak hanya satu tapi ada beberapa macam, seperti:

1. Sewa gudang harian

2. Sewa gudang bulanan

3. Sewa gudang per pallet

4. Sewa gudang per CBM

5. Sewa gudang per meter kubik

Waktu dan anggaran dapat dihemat dengan menggunakan sewa gudang online. Sobat Shipper bisa mengalihkan kedua hal penting tersebut ke dalam proses produksi sehingga menjadi lebih cepat, efektif, dan pastinya efisien. Fulfillment center juga mempermudah proses penyortiran barang untuk kebutuhan pengiriman yang berbeda tujuan akhirnya.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, pilihlah penyedia jasa sewa gudang terpercaya seperti Shipper. Kami tidak hanya bisa ditemukan di ibukota melainkan juga menyediakan sewa gudang Bandung dan kota-kota lain di seluruh Indonesia. Temukan paket layanan sesuai kebutuhan Sobat Shipper di shipper.id/warehouse

Baca Juga : 5 Pertimbangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Sewa Gudang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.