Ketahui Apa Itu Konsumsi dan 3 Manfaatnya dalam Kegiatan Ekonomi

Uncategorized22 June 2021
manfaat-kegiatan-ekonomi

Apa yang bakal kamu lakukan saat stok bahan makanan sudah menipis? Kamu pasti bakal langsung membeli ke minimarket atau pasar. Ada pula cara yang lebih praktis dengan memesannya lewat online shop atau platform sejenis.

Dalam kegiatan ekonomi, contoh ini masuk ke dalam konsumsi. Walau terdengar umum dan sering dilakukan, kegiatan konsumsi memegang peran penting, sehingga wajib kamu ketahui, terutama kalau bakal mengelola bisnis di kemudian hari.

Apa itu konsumsi dan ciri-cirinya?

Secara garis besar, konsumsi adalah aktivitas yang kamu lakukan buat menghabiskan nilai jual barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai pihak yang melakukan kegiatan ekonomi tersebut, kamu disebut sebagai konsumen. Dalam praktiknya sendiri konsumen bisa bekerja secara individu maupun berkelompok dengan tujuan yang bervariasi.

Baca juga: Ekspedisi Logistik Aman ke Luar Kota Jamin Kepercayaan Konsumen

Salah satu tujuan konsumsi yang kerap dijumpai adalah memenuhi kebutuhan seperti membeli bahan makanan, pakaian, hingga rumah untuk bernaung. Ada juga yang melakukan konsumen untuk mendapatkan kesenangan atau kepuasan. Hal-hal kecil seperti mengisi bensin untuk kendaraan atau merawat diri dengan layanan spa juga termasuk ke dalam aktivitas konsumsi, lho.

Dalam skala lebih besar, konsumsi ditujukan untuk sekelompok orang yang terlibat. Misalnya saja membeli bahan baku untuk operasional perusahaan. Tanpa kegiatan ekonomi ini, perusahaan tak akan bisa memenuhi kebutuhan anggota lain seperti karyawan atau staf.

Konsumsi juga menunjukkan beberapa ciri seperti:

  • Dilakukan langsung untuk tujuan memenuhi kebutuhan yang bersifat urgen atau sekadar memuaskan keinginan;
  • Produk yang dibeli atau digunakan mempunyai manfaat untuk konsumen sebagai pihak yang melakukannya;
  • Nilai produk yang kamu beli atau pakai akan mengalami pengurangan nilai kegunaan atau bahkan sampai habis;
  • Produk yang dikonsumsi memiliki biaya transaksi yang harus kamu tebus lewat pembelian.

Apa saja manfaat konsumsi dalam kegiatan ekonomi?

Kegiatan ekonomi konsumsi bukan hanya bermanfaat buat kebutuhanmu, lho. Masih ada benefit-benefit lain yang bakal diterima, antara lain:

1. Menunjang aktivitas produktivitas

Dorongan keinginan atau kebutuhan manusia dalam mengonsumsi barang atau jasa berpotensi mendorong terjadinya produksi dalam kegiatan ekonomi. Aktivitas-aktivitas ini bakal menguntungkan semua pihak yang terlibat. Dari orang-orang yang mengurus produksi, mengharapkan profit dari transaksi, hingga mereka yang hendak mengonsumsinya.

2. Membantu penyesuaian upah minimum

Aktivitas ekonomi konsumsi yang berlangsung di tengah masyarakat dijadikan pemerintah sebagai indikator atau tolak ukur buat menghitung tarif upah minimum buat pekerja. Dengan begitu, mereka akan menerima penghasilan yang sebanding dengan beban pekerjaannya. Bukan hanya upah, konsumsi juga bisa dijadikan acuan penentuan tarif pajak sampai rasio anggaran belanja negara.

3. Berfungsi sebagai titik awal dan akhir kegiatan ekonomi

Perilaku konsumsi yang dilakukan masyarakat mengisi posisi penting dalam kegiatan ekonomi, yakni sebagai titik awal dan akhir. Sebagai contoh, kamu yang kepengin ponsel baru akan memulainya dengan transaksi dengan penjual. Ketika sudah memilikinya, kamu sudah memenuhi keinginan tersebut dan menempatkan konsumsi di titik akhir.

Nah, sebagai konsumen, kamu bisa melakukan berbagai kontribusi yang bermanfaat untuk kegiatan ekonomi. Dalam bidang logistik, misalnya, kamu bisa pakai layanan kirim barang dari Shipper. Berani menawarkan tarif terjangkau, antar jemput gratis, hingga jangkauan pengiriman luas, Shipper sudah terbukti membantu konsumen dengan mengantarkan pesanan tanpa cacat atau kerusakan parah. Kelengkapan informasi yang tersedia di https://shipper.id pun dijamin membantumu memilih layanan yang diperlukan untuk aktivitas konsumsi.

Baca juga: Shipper.id, Start-up Calon Unicorn Baru Indonesia yang Dukung Inklusi Digital untuk UMKM

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.