Manfaat Cek Resi Online yang Wajib Diketahui

Uncategorized17 May 2021
manfaat-cek-resi-online

Bagi para pengguna jasa ekspedisi pengiriman barang, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cek resi online. Tidak dipungkiri bahwa saat ini nomor resi menjadi hal yang wajib diberikan pada pembeli saat mereka berbelanja online. Seiring dengan perkembangan internet dan teknologi, penjual maupun pembeli di toko online mendapatkan kemudahan untuk melacak status pengiriman barang mereka.

Nomor resi dalam dunia ekspedisi adalah nomor bukti pengiriman dari jasa logistic atau jasa ekspedisi. Biasanya nomor resi berupa lembaran kertas yang memiliki nomor seri tertentu. Nomor resi ini berperan sebagai identitas paket dan menjadi bukti bahwa paket tersebut sudah benar-benar dikirimkan oleh pihak toko online. 

Walaupun demikian, customer juga harus tetap berhati-hati ketika menerima nomor resi. Pasalnya ada kasus customer diberi nomor palsu oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, setiap berbelanja di toko online pastikan Anda mendapatkan nomor resi pengiriman paket kemudian cek resi tersebut untuk memastikan kebenarannya. 

Setelah melihat pernyataan di atas, pemberian nomor resi tentu menjadi hal yang sebaiknya jangan diremehkan. Pasalnya setiap customer memiliki hak untuk menerima nomor resi saat berbelanja online. Hal ini bertujuan agar customer tidak merasa khawatir dan menghilangkan pikiran negatif misalnya ditipu dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain mengapa customer perlu menerima resi dan mengeceknya.

Mengetahui Kepastian Paket Sudah Dikirim

Ketika mengirimkan nomor resi pada pembeli, Anda sebenarnya sudah memberi tanda bahwa pesanan mereka sudah terkirim. Jadi, pembeli akan merasa aman dan tenang. Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu tidak ingin didesak oleh pelanggan terus menerus mengenai status pesanan mereka. Jadi, memberikan nomor resi menjadi salah satu cara untuk meminimalisir hal ini.

Baca juga: 4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Agar Bisnis Fashion e-commerce Indonesia Kamu Sukses

Melakukan Pelacakan Barang

Setelah mengirim nomor resi pada pelanggan, Anda sebaiknya memberitahu pelanggan tersebut untuk menyimpan nomor resi tersebut. Nomor resi tersebut berguna bagi pelanggan untuk melakukan tracking atau cek resi online mengenai lokasi barang yang dibeli. Selain itu, pelanggan juga perlu diingatkan bahwa nomor resinya jangan sampai diketahui oleh orang lain karena dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Mengetahui Kondisi Barang

Dalam beberapa kasus, kadang ada kesalahan pengiriman barang. Ini mungkin terjadi karena kesalahan kurir jasa ekspedisi. Jadi, bila Anda mendapatkan keluhan dari customer karena barangnya belum sampai, Anda sebaiknya mengecek nomor resinya untuk mengetahui keadaan barang tersebut.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Jasa ekspedisi yang memiliki layanan cek resi online akan mendapatkan kepercayaan yang lebih baik dari customer. Pasalnya hal ini dapat meminimalkan berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses pengiriman seperti estimasi waktu yang mundur dan salah alamat. Customer pun juga bisa ikut memantau kondisi barang mereka. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan resi dari berbagai ekspedisi secara online, Anda dapat melakukannya melalui shipper di https://shipper.id/tracking.

Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan kemana saja, Shipper solusinya!

Baca juga: 4 Jiwa Enterpreneurship ini Membantu Kamu Menjadi Supplier Sukses

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.