Maksimalkan Penjualan di Tokopedia dengan Mempercantik Tampilan Toko

Uncategorized11 April 2022
maksimalkan-penjualan-di-tokopedia-dengan-mempercantik-tampilan-toko

Hallo Sobat Shipper, apakah Sobat Shipper percaya bahwa sebagian besar penjualan di toko online dipengaruhi oleh tampilan toko yang menarik? Jadi, pelanggan melihat sekilas toko Sobat Shipper langsung merasa tertarik untuk segera checkout! Tampilan toko yang menarik akan mempengaruhi psikologis calon pelanggan kita, loh. 

Bayangkan saja jika tampilan toko amburadul dan pesan yang disampaikan kurang dapat dicerna dengan baik pastinya sudah malas sekali untuk membeli di toko tersebut, bukan? Takuttt

Apakah hanya sebatas desain pada tampilan toko? Coba tebak! 

Tentu saja bukan, ya! Untuk mempercantik tampilan toko agar dapat meningkatkan penjualan dapat ditambah dengan voucher yang berlimpah, testimoni, dan kata-kata yang menarik untuk jualan online.  Desain dipadukan dengan voucher + kata-kata yang menarik menjadi ramuan yang sangat manjur agar jualan cepat laku di Tokopedia. 

Saat ini Tokopedia menyediakan fitur dekorasi toko untuk mempercantik halaman toko Sobat Shipper. Dekorasi toko memungkinkan tampilan toko Sobat Shipper menjadi lebih profesional dan membuat banjir orderan. 

Tanpa basa-basi lagi, yuk simak penjelasan jitu dari Shipper untuk mengatur tampilan toko online di Tokopedia agar cuan makin berlimpah!

Gunakan Fitur Dekorasi Toko

Cara agar jualan laris di Tokopedia yang bisa Sobat Shipper lakukan pertama kali adalah dengan menggunakan fitur Dekorasi Toko melalui aplikasi Tokopedia atau website Tokopedia seller. Tampilan toko Sobat Shipper nantinya akan seperti ini. Lebih menarik dibanding tanpa dekorasi, bukan?

Apa sih alasannya kenapa harus pakai fitur Dekorasi Toko 

1. Menjadi lebih beda dan mudah diingat

Halaman toko dan konten yang menarik bisa jadi pembeda, loh. Pelanggan akan selalu mengingatnya dengan mudah dimana mereka beli barang hanya dengan melihat dekorasi tokonya. Contohnya, jika Sobat Shipper berjualan produk fashion yang sama dengan kompetitor, pelayanan sama, harga sama, hampir semuanya sama. Lantas dimana letak keunikan yang membuat toko Sobat Shipper mempunyai nilai tambah?

Pastinya dari dekorasi toko, ya. 

2. Tempat strategis untuk menampilkan voucher, penawaran, dan lainnya

Di halaman beranda toko adalah tempat strategis untuk menampilkan voucher, penawaran, dan lainnya. Dengan begitu, kesempatan yang didapatkan untuk menjual produk dengan lebih banyak akan jauh lebih meningkat. Selain itu, pelanggan kita akan lebih cepat untuk melakukan checkout karena nggak tahan dengan promo yang ditawarkan. Hehehehe.

Cara Mudah Ubah Dekorasi Toko Agar Lebih Menjual

Sobat Shipper perlu untuk mengatur dekorasi toko yang meliputi banner, layout, kata-kata yang menarik. Berikut cara mengaturnya.

  1. Ganti tampilan layout sesuai dengan karakteristik toko yang Sobat Shipper miliki dengan klik menu Dekorasi Toko dan ubah tampilan (layout) yang letaknya pada pojok kiri atas (simak video dibawah ini pada tahap ke-2)
  1. Silakan buka Dekorasi Toko pada halaman Tokopedia Seller, kemudian masuk ke pengaturan Banner dan pilih Slide Banner yang ingin Sobat Shipper ubah. Disini Sobat Shipper dapat mengatur layout juga, ya.

Halaman Home

Halaman home adalah halaman pertama kali yang dilihat pelanggan ketika mereka mencari penelusuran berdasarkan nama toko Sobat Shipper. Halaman ini sangat dibutuhkan agar toko lebih terlihat profesional dan menjual. Pada halaman ini juga ditampilkan emblem “TOP SELLER TOKOPEDIA” yang menjadi pedoman pelanggan bahwa toko tersebut sangat top atau banyak orderan dan review bagus.

Namun, halaman home saat ini terbatas digunakan hanya untuk toko Official Store, ya.

Produk

cara meningkatkan penjualan di Tokopedia melalui tampilan toko yang menarik selanjutnya adalah dengan memaksimalkan produk dan tampilan produk yang kita jual. Agar terkesan rapi, gunakan fitur etalase toko sehingga Sobat Shipper dapat mengelompokkan produk yang dijual berdasarkan kategorinya. 

Tidak lupa juga untuk memberikan foto produk yang jelas dan high quality. Tambahkan deskripsi menarik di kolom deskripsi agar pelanggan semakin memahami produk yang dijual dan keunggulannya.

Sobat Shipper juga wajib memperhatikan produk apakah yang dijual, ya. Pastikan produk tersebut memiliki minat pasar yang tinggi agar dagangan Sobat Shipper laris manis.

Feed

Pada bagian ini, Sobat Shipper bisa memposting produk ataupun penawaran terbaru layaknya berbagi foto dan video di Instagram. Feed akan muncul pada akun Tokopedia milik pengikut Sobat Shipper. Jadi, hal ini cara jualan online versi soft selling.

Ulasan Pembeli

Hal penting yang mempengaruhi pelanggan akan memutuskan untuk membeli atau tidak salah satunya dari ulasan produk. Sebagai bekal agar ulasan produk Sobat Shipper mendapat bintang 5 ada baiknya untuk melakukan pelanggan sebagai raja dan tidak lupa juga terus memperbarui ilmu tentang cara menjual di Tokopedia dan mengulik pengalaman jualan di Tokopedia dari orang lain melalui Google atau YouTube.

Perbaiki Profil Toko

Profil toko meliputi nama toko, foto profil, jam buka toko, deskripsi dan catatan toko, lokasi dan pengiriman toko. Sobat Shipper dapat mengubah deskripsi toko agar lebih menjual. Atur juga ekspedisi yang terdapat di sekitar lokasi toko Sobat Shipper. Jam buka dan catatan toko dapat ditambahkan opsional.

Maksimalkan Voucher dan Promosi

Sebagai seller Tokopedia kita nggak boleh pelit-pelit untuk memberikan voucher kepada pelanggan, ya. Jangan sampai mereka gagal checkout hanya gara-gara toko milik Sobat Shipper nggak mempunyai voucher diskon ataupun bebas ongkir.

Sobat Shipper sebelum memberikan voucher harus melakukan pertimbangan harga agar nggak boncos. Sudah laku banyak tetapi keuntungan minimal adalah ciri-ciri boncos.

Kemudian, sebagai sarana agar produk yang dijual dapat tampil pada pencarian paling atas adalah dengan melakukan promosi iklan. Sobat Shipper dapat mengatur akan menggunakan iklan mana saja di Tokopedia sesuai dengan karakteristik toko dan pelanggan.

Atur juga budget promosi, ya.

Gunakan Atoor dari Shipper

Sudah melakukan segalanya untuk mempercantik tampilan toko agar omset maksimal? Sekarang saatnya untuk party! Tunggu saja sebentar lagi orderan akan membludak di Sobat Shipper. Nah, kalo udah membludak Sobat Shipper pastinya kesulitan untuk mengelola stok barang, bukan? Terlebih jika orderan dari berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Huhh, bikin capek.

Sebagai Solusinya Sobat Shipper dapat menggunakan produk Atoor dari Shipper untuk memudahkan dalam mengelola berbagai channel marketplace.

Atoor merupakan layanan dari OCMS (Omni Channel Management System) dari Shipper yang memberi kemudahan kepada Sobat Shipper sebagai online seller untuk mengelola dan mensinkronisasi beberapa e-commerce atau marketplace secara otomatis. Produk Atoor ini bisa digunakan pada aplikasi Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh kemudahan dalam menggunakan produk Atoor ini misalnya, saat stok barang berjumlah total 50 buah, kemudian ada 1 barang yang terjual di salah satu e-commerce, maka stok produk di e-commerce lain akan otomatis berubah menjadi 49 buah. Sangat memudahkan Sobat Shipper bukan? Jadi Sobat Shipper tidak perlu lagi mengupdate produk secara manual di masing-masing e-commerce.

Nah, itulah cara untuk memaksimalkan tampilan toko online di Tokopedia agar penjualan makin maksimal. Ingat! Gunakan Atoor biar nggak kecapekan nerima orderan yang membludak. Hehehehe, selamat mencoba!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.