Simak! Ini Dia Macam-Macam Fasilitas Logistik yang Perlu Diketahui

Uncategorized07 November 2021
macam-macam-fasilitas-logistik

Tidak dapat dipungkiri, biaya logistik yang tinggi menjadi salah satu tantangan dalam berbisnis. Namun, apa yang dimaksud dengan fasilitas logistik? Fasilitas logistik mencakup pabrik, warehouse, dan distribution center. Dengan memilih fasilitas logistik yang tepat, Sobat Shipper akan mampu menekan biaya transportasi, biaya pengelolaan warehouse, dan biaya distribusi produk.

Fasilitas logistik difungsikan sebagai tempat penyimpanan, pendataan, penanganan, pemrosesan dan juga pengemasan paket. Fasilitas logistik yang baik akan mempermudah proses paket mulai dari tangan pengirim, kurir maupun penerima. Selain itu harus mampu menjaga barang tetap aman dan tidak berpindah tangan kepada pihak lain sebelum distribusi dilakukan. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau kehilangan barang, maka fasilitas logistik harus mampu melakukan penanganan. Terakhir, harus mampu melakukan pengemasan barang sesuai standar berlaku.

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Fasilitas Logistik

Dari faktor geografi, beberapa faktor kunci perlu diperhatikan saat menentukan lokasi fasilitas logistik antara lain adalah:

· Tenaga kerja

· Infrastruktur transportasi

· Kedekatan dengan pasar dan konsumen

· Kelengkapan fasilitas untuk kualitas hidup.

· Kawasan industri

· Pemasok

· Biaya lahan, air, energi, dan telekomunikasi

· Infrastruktur ICT

· Preferensi perusahaan

Sementara pertimbangan lokasi secara spesifik meliputi:

· Akses transportasi: truk, pesawat udara, kereta api, dan transportasi laut

· Area metropolitan

· Ketersediaan tenaga kerja sesuai dengan ketrampilan yang diperlukan

· Biaya dan pajak lahan

· Fasilitas air, energi, dan telekomunikasi

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, maka Sobat Shipper bisa meningkatkan efisiensi dalam sistem manajemen logistik. Efisiensi yang tinggi tentu akan berbanding sejajar dengan keuntungan yang bisa Sobat Shipper peroleh.

Jenis Gudang Sebagai Fasilitas Logistik:

1. Gudang Penyimpanan Bahan Baku

Umumnya perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan barang memiliki gudang untuk menyimpan bahan baku. Gudang ini menjadi tempat berkumpulnya bahan baku yang didapatkan dari berbagai tempat sebelum diolah menjadi produk jadi.

2. Gudang Barang Jadi

Gudang barang jadi adalah tempat penyimpanan bagi produk yang telah dibuat pabrik sebelum dikirim ke lokasi pemasaran. Selain sebagai tempat penyimpanan, gudang barang jadi berfungsi untuk menghindari kerusakan pada barang. Lokasi gudang barang jadi bisa berada dekat dengan pabrik atau dekat dengan kawasan distribusi.

3. Gudang Fulfillment

Gudang fulfillment berukuran sangat besar dan mampu menyimpan berbagai jenis barang dari produsen yang berbeda-beda. Tujuan gudang ini adalah memudahkan pengiriman berbagai jenis barang kepada pelanggan. Gudang fulfillment banyak dimiliki oleh pusat jual beli online atau penyedia jasa dropship yang membantu pengepakan dan pengiriman ke lokasi pemesan barang.

4. Gudang Cross Docking

Gudang jenis ini biasanya hanya digunakan untuk tempat loading/memuat barang saja. Gudang ini juga menjadi lokasi pemindahan barang dari truk ke truk. Umumnya, penyimpanan dilakukan sementara karena barang akan segera dikirim pada hari yang sama. Karena proses loading barang bisa terjadi kapan saja, umumnya gudang jenis ini beroperasi setiap hari selama 24 jam.

5. Gudang Sortir

Gudang ini digunakan untuk menerima kiriman dari berbagai daerah sebelum diteruskan ke lokasi spesifik atau dengan metode tertentu. Proses sortir ribuan barang tentunya tidak cukup dilakukan dalam beberapa jam saja, sehingga pekerja yang ada di sana kerap memiliki sistem shift.

Gudang Shipper mampu memenuhi kebutuhan akan fasilitas logistik yang Sobat Shipper cari. Dari penyimpanan, manajemen stok, pengemasan, pengiriman, dan pemantauan stok semua akan kami tangani. Daftar sekarang di shipper.id/warehouse

Baca Juga : Simak! Ini Dia Perbedaan 3PL Logistik dan 4PL Logistik

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.