7 Langkah Cara Membuat Laporan Stok Barang Sederhana

Uncategorized28 October 2021
laporan-stok-barang

Laporan stok barang adalah ringkasan inventaris yang dimiliki sebuah bisnis. Laporan ini memberikan perhitungan komprehensif tentang stok atau pasokan berbagai barang yang tersedia. Laporan stok barang dapat ditulis dalam berbagai bentuk namun sebaiknya harus jelas, sederhana dan lengkap.

Laporan stok barang diperlukan saat kamu menjalankan bisnis yang melibatkan penyimpanan atau persediaan produk. Jenis laporan ini bisa dimanfaatkan oleh skala bisnis kecil hingga besar. Semakin banyak dan beragam produk bisnis, maka laporan stok akan semakin rumit dan panjang.

Untuk mengetahui manfaat dan cara membuat laporan stock opname sederhana, mari kita simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Manfaat Laporan Stok Barang

Laporan stok barang sangat penting untuk mengelola inventaris dengan efisien. Manfaat laporan stok barang yang utama adalah sebagai sumber informasi yang tepat kapan dan berapa banyak harus melakukan restock.

– Terlambat melakukan restock, maka barang akan habis sebelum pesanan pelanggan terpenuhi dan dapat kehilangan pasar. Pada akhirnya hal ini menyebabkan kehilangan potensi pendapatan.

– Memesan terlalu banyak atau terlalu cepat akan membuat barang lambat berputar, meningkatkan risiko kerusakan inventaris karena penyimpanan dan memakan banyak ruang untuk pergudangan.

Laporan stok barang yang akurat dapat menginformasikan dengan tepat kapan tingkat stok mencapai titik untuk melakukan pemesanan ulang sehingga dapat mengisi kembali inventaris tepat waktu.

Cara Membuat Laporan Stok Barang

Sobat Shipper dapat membuat laporan stok barang dengan menggunakan excel. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat laporan stok barang.

1. Mendata Barang Dagangan

Langkah pertama dalam cara membuat laporan stok barang adalah membuat daftar produk bisnis Sobat Shipper. Jika penyimpanan barang terbagi pada beberapa gudang, cantumkan kode gudang yang digunakan menyimpan barang tersebut. Jika barang sedang tidak tersedia, tetap catat sebagai data untuk di masa depan.

2. Membuat File Excel

Membuat laporan stok barang dapat menggunakan excel atau google spreadsheet. Beri nama file yang sesuai.

3. Membuat Kolom Nama Produk

Di sini adalah kolom tempat Sobat Shipper memasukkan seluruh data daftar produk bisnis. Kamu dapat menggunakan berbagai metode yang dapat membuat data jadi mudah dibaca, seperti misalnya berdasarkan abjad.

4. Membuat Kolom Deskripsi

Ini adalah kolom untuk menjelaskan produk lebih detail. Masukkan setiap variasi dari produk untuk membuatnya lebih akurat. Contohnya untuk kemeja, masukkan setiap variasi warna dan juga ukurannya jika perlu.

5. Membuat Kolom Harga

Pada kolom laporan stok barang berikutnya, masukkan daftar harga setiap item yang tersedia. Kolom harga dapat dibagi beberapa kategori sesuai kebutuhan Sahabat Shipper. Misalnya, memasukkan harga produksi atau harga modal, harga eceran, harga reseller dan harga grosir. Kamu dapat memilih informasi harga apa yang ingin dicantumkan sesuai kebutuhan.

6. Membuat Kolom Sisa Stok

Ini adalah kolom pada laporan stok barang yang menjelaskan jumlah stok setiap produk yang tersisa. Jika ada produk habis, jangan dihapus dari daftar melainkan isi bagian ini dengan angka 0. Kolom ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah produk masih memiliki jumlah stok yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau tidak.

7. Beri Keterangan Periode

Laporan stok barang harus diisi secara konsisten pada setiap periodenya. Apakah tahunan, bulanan atau mingguan. Pastikan terdapat keterangan waktu pada setiap laporan untuk memastikan setiap informasi akurat.

Itulah cara membuat laporan stok barang. Periksa kembali ulasan stok secara cermat untuk memastikan semua terisi dengan akurat. Jika semua data telah dicatat dengan benar, beri tanggal dan tanda tangani laporan sebagai validasi. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa gudang terbaik yang bisa menyimpan stok barangmu. Kamu bisa menggunakan jasa gudang terbaik yang disediakan oleh Shipper. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : Sering Kehabisan Stok Barang di Gudang? Ini 5 Penyebab beserta Solusinya!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.