Simak! Ini Dia 12 Langkah Memulai Bisnis Rental Mobil

Uncategorized01 November 2021
langkah-memulai-bisnis-rental-mobil

Salah satu jenis usaha di bidang jasa yang dapat Sobat Shipper coba adalah membuka bisnis rental mobil. Sama halnya dengan bisnis lain, diperlukan persiapan matang sebelum mulai menjalankannya. Terlebih lagi, usaha rental mobil tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit. Bagi Sobat Shipper yang ingin memulai bisnis rental mobil pemula, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Temukan Ceruk Pasar

Apakah bisnis rental mobil akan ditujukan untuk kerjasama dengan perusahaan atau individu? Untuk tujuan apa kendaraan disewakan? Jenis mobil apa yang ingin disediakan? Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab untuk menemukan ceruk pasar sebelum memulai usaha rental mobil untuk pemula.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar yang menyeluruh berfungsi untuk memastikan bahwa cara bisnis rental mobil dapat bersaing di pasar dengan menawarkan sesuatu yang unik.  Sobat Shipper juga perlu memutuskan model usaha rental mobil yang akan dijalankan. Beberapa pilihan antara lain: Perseroan Terbatas, kepemilikan tunggal, kemitraan dengan pihak lain atau bisnis franchise.

3. Menyediakan Mobil Untuk Rental

Tentunya saat memutuskan memulai bisnis rental mobil, Sobat Shipper harus memiliki banyak kendaraan untuk disewakan. Sediakan kendaraan yang sesuai dengan ceruk pasar serta target konsumen.

4. Lengkapi Persyaratan Sesuai Aturan yang Berlaku

Jangan sampai usaha rental mobil terjegal karena masalah legalitas. Pahami persyaratan serta surat-surat yang diperlukan supaya cara bisnis rental mobil tidak menyalahi aturan yang berlaku.

5. Pilih Asuransi yang Tepat

Bisnis rental mobil merupakan usaha dengan risiko tinggi. Mulai dari kerusakan, kecelakaan hingga hilang. Oleh sebab itu, memilih asuransi kendaraan sangat penting. Pilih produk asuransi yang menawarkan manfaat sesuai kebutuhan serta mudah dalam pengajuan klaim.

6. Membuat Business Plan (Rencana Bisnis)

Tidak ada bisnis yang tidak memiliki tantangan. Maka sangat penting bagi Sobat Shipper untuk membuat business plan. Identifikasikan potensi hambatan dan biaya yang diperlukan, serta prediksi keuangan serta perencanaan untuk pertumbuhan bisnis. Business plan juga dapat bermanfaat untuk menarik calon investor.

7. Tentukan Harga

Langkah selanjutnya memulai bisnis rental mobil adalah menentukan harga untuk setiap kendaraan yang akan disewakan. Untuk menentukan  harga maka:

– Perhatikan harga saingan

– Perhitungkan pengeluaran atau biaya-biaya

– Perhatikan target konsumen

8. Menentukan Nama Usaha Rental Mobil

Nama usaha rental mobil tentunya tidak kalah penting. Nama ini harus bisa merepresentasikan bisnis dan juga menarik perhatian pelanggan. Pastikan bahwa nama yang dipilih belum digunakan oleh orang lain.

9. Mengatur Keuangan dengan Baik

Keuangan merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis. Beberapa masalah keuangan untuk diperhatikan dalam membuat bisnis rental mobil pemula adalah:

– Membuka rekening bank

– Mencari pembiayaan (tambahan modal) dari luar jika diperlukan

– Mempersiapkan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan

10. Mencari Lokasi Usaha

Temukan lokasi yang dapat menunjang usaha. Beberapa faktor lokasi untuk dipertimbangkan:  ukuran properti dan kedekatannya dengan bisnis atau layanan lain.

11. Membangun Tim Operasional

Sobat Shipper dapat membangun tim operasional untuk menjalankan usaha rental mobil. Sebagai tim awal mungkin Sobat Shipper dapat mempekerjakan saudara, kerabat atau tetangga yang memiliki etos kerja yang baik.

12. Memulai Pemasaran

Setelah semuanya berjalan, mulailah memasarkan bisnis rental mobl Sobat Shipper. Gunakan berbagai saluran promosi yang tersedia. Beberapa langkah pemasaran yang dapat dilakukan meliputi:

– Eksis di media online. Saat ini pemasaran online dapat membuka berbagai peluang dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan biaya terjangkau. Sahabat Shipper dsapat membuka akun sosial media, membuat website dan menulis blog

– Memanfaatkan iklan online

– Menggunakan saluran promosi tradisional seperti membagikan brosur atau memasang iklan di radio, atau surat kabar lokal.

Bisnis rental mobil cukup menantang karena sangat kompetitif. Meskipun demikian permintaan untuk rental mobil juga terbilang tinggi. Dengan mengikuti uraian langkah-langkah memulai usaha rental mobil di atas, Sobat Shipper dapat memiliki pondasi usaha rental mobil yang baik. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.