Langkah-Langkah Meningkatkan Rating di E-commerce

Uncategorized17 February 2022
langkah-langkah-meningkatkan-rating-di-e-commerce

Aplikasi marketplace memungkinkan siapa saja untuk jualan online dengan modal kecil. Hanya dengan mengunduh aplikasi di smartphone dan mendaftar dengan email, Sobat Shipper sudah dapat mulai memulai usaha online shop. Namun, untuk mengembangkan usaha ini, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Salah satu yang terpenting adalah rating pelanggan di platform marketplace

Nah, dalam artikel ini Shipper akan membahas tips jualan online untuk membantu Sobat Shipper menumbuhkan toko online , salah satunya dengan meningkatkan rating online shop dan menjadi top seller online di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

1. Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi 

Personalisasi memerlukan lebih dari sekadar menggunakan nama pelanggan dalam chat. Jika konten, penawaran produk, atau bahkan iklan tidak relevan bagi mereka, pelanggan mungkin akan merasa terganggu. 

Buat penawaran untuk mereka berdasarkan data nyata seperti lokasi atau riwayat penelusuran produk, atau berikan saran berdasarkan pembelian pelanggan serupa atau survei. Menampilkan konten yang relevan di marketplace atau melalui media sosial juga dapat menjadi sumber data pelanggan. 

Membuat persona pembeli yang mewakili orang-orang yang paling sering mengunjungi online shop Sobat Shipper adalah metode terbaik untuk merencanakan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi. 

Gunakan data ini untuk menyusun kampanye pemasaran unik yang memenuhi permintaan khusus dari segmen konsumen target. Kamu dapat memberikan penawaran dan konten yang disesuaikan dengan segmen tersebut.

Komunikasi yang dipersonalisasi lebih menarik bagi pelanggan karena memberikan informasi yang ingin mereka baca. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, gunakan ini dan kembangkan metode untuk mengirim lebih banyak informasi dan penawaran yang dipersonalisasi.

2. Konten Produk yang Dioptimalkan

Ada cantuman produk yang dilihat pelanggan dan cantuman produk yang dibeli pelanggan. Apa bedanya? Konten produk yang telah dioptimalkan.

Bukan hanya produk apa yang Sobat Shipper tampilkan yang penting, tetapi juga bagaimana kamu memformat tampilan tersebut. Konsumen sering terbujuk untuk melakukan pembelian berdasarkan judul produk, foto, deskripsi, kata kunci, dan kategori. 

Semakin persuasif informasi yang Sobat Shipper gunakan untuk menunjukkan produk yang ditawarkan, semakin besar kemungkinan produk akan tampil di puncak hasil pencarian dan mendorong lebih banyak penjualan.

3. Keterlibatan dengan Pelanggan

Di Shopee, bagaimana kamu akan berinteraksi dengan pelanggan? Apa yang dapat kamu lakukan menggunakan Tokopedia dan Lazada untuk memberikan layanan pelanggan yang baik? Bagaimana kamu akan membujuk pelanggan untuk kembali ke situsmu dan membeli langsung dari online shop-mu saat mereka mengaksesnya lagi? 

Merasa tidak ada yang mendengarkan adalah salah satu keluhan pelanggan paling umum. Terlalu banyak pelanggan yang mencoba menyelesaikan masalah atau mengajukan pertanyaan melalui chat atau media sosial hanya untuk tidak ditanggapi. Sulit untuk merasa terhubung dengan brand yang tampaknya tidak peduli saat mereka membutuhkan bantuan.

Gunakan teknologi otomatisasi untuk menanggapi setiap pesan dan interaksi yang terjadi di platform marketplace untuk menghindari kendala ini. Siapkan strategi komunikasi sedemikian rupa sehingga Sobat Shipper dapat merespons secara real time. 

Ketika pelanggan memberi feedback, memesan, atau menghubungi, mereka akan menerima tanggapan cepat yang mencakup ucapan terima kasih telah menghubungi, serta langkah selanjutnya dan ajakan untuk bertindak. Jangan hanya menanggapi pesan pertama. Sobat Shipper dapat memanfaatkan ini untuk melanjutkan dialog dengan pelanggan. 

4. Media Sosial yang Aktif 

Pelanggan tidak ingin terus-menerus menerima promosi. Bahkan, mereka lebih cenderung membeli dari brand yang memberi mereka informasi yang mereka inginkan daripada sebaliknya.

Sobat Shipper dapat menjangkau pelanggan tanpa berfokus pada produk atau transaksi sebelumnya berkat media sosial. Itulah mengapa platform-platform sosial merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan online. Agar konten tetap segar dan pengikut tetap tertarik dengan brand-mu, posting konten baru secara rutin, misalnya beberapa kali sehari di beberapa platform media sosial.

Selain itu, meskipun berjualan di internet memungkinkan Sobat Shipper menjangkau audiens yang lebih luas, hal ini menghilangkan kemungkinan orang menemukan tokomu sendiri di dunia nyata. Mereka tidak akan bisa melihat-lihat produk yang dijual dengan seksama atau hanya window shopping.

Di sinilah media sosial berguna untuk bisnismu. Sobat Shipper dapat memanfaatkan eksposur sosial melalui trend, hashtag, dan konten untuk menampilkan produk di depan jutaan pelanggan potensial.

Sifat interaktif media sosial menciptakan banyak peluang keterlibatan media sosial untuk mempromosikan brand dan mengembangkan loyalitas konsumen melalui pembentukan komunitas digital. 

5. Pemenuhan Otomatis

Jika operasi pemenuhan Sobat Shipper masih mengandalkan spreadsheet dan proses manual, inilah saatnya untuk mengotomatiskannya. Semakin banyak kamu mengotomatisasi, semakin siap kamu untuk menghemat biaya pengiriman dan mempercepat waktu pengiriman. Misalnya, banyak best seller menggunakan strategi berikut:

  • Berdasarkan kecepatan pengiriman, biaya pengiriman, lokasi gudang, dan pertimbangan lainnya, perutean pesanan yang cerdas mengirimkan setiap pembelian ke mitra pemenuhan yang paling efektif.
  • Manajemen inventaris yang diotomatisasi di beberapa pasar untuk memastikan tingkat inventaris selalu terkini.
  • Secara otomatis menetapkan pengiriman sebagai “terkirim” segera setelah pengiriman dimulai, memastikan pembeli menerima informasi paling akurat dan terkini tentang lokasi paket.

6. Kesuksesan Pelanggan 

Kesuksesan pelanggan berbeda dari customer service. Customer service berasumsi ada masalah yang harus dipecahkan. Sebaliknya, kesuksesan pelanggan berfokus pada membantu pelanggan yang puas untuk mendapatkan nilai yang lebih besar dari pembelian mereka.

Ada banyak strategi untuk memprioritaskan kesuksesan di marketplace untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Konten adalah salah satu metode yang paling populer. Buat informasi yang menggambarkan bagaimana produk dapat digunakan dalam sebuah skenario sehari-hari yang spesifik di dunia nyata. Dan tambahkan cerita yang dikirimkan pelanggan lama bila memungkinkan. Tujuan strategi ini adalah membuat gambaran nyata yang memungkinkan pelanggan menemukan cara baru untuk menggunakan produk Sobat Shipper.

Jenis konten ini tidak hanya akan membantu Sobat Shipper mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi juga akan membuat lebih banyak pelanggan memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan produk. Menjual produk itu mudah, tetapi mendemonstrasikan bagaimana menggunakannya dengan cara yang berarti sangat penting untuk membangun nilai brand dan memastikan kesuksesan pelanggan. 

Nah, itulah cara menjadi top seller di berbagai marketplace pilihanmu. Apa Sobat Shipper masih perlu tips jualan online laris lain? Gunakan Atoor dari Shipper sekarang juga!

Atoor memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. 

Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan online shop Sobat Shipper menjadi top rating seller. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.