Landing Page Vs Website, Butuh yang Mana?

Uncategorized22 September 2021
landing-page-vs-website

Sobat Shipper pernah mendengar istilah landing page? Apakah landing page dan website sama? Landing page dan website jika dilihat sekilas seperti hal yang sama padahal berbeda. Untuk melakukan optimasi web bisnis, Sobat Shipper perlu tahu dulu perbedaan landing page vs website. Dari keduanya mana yang paling dibutuhkan? Keduanya merupakan hal penting sebagai media pemasaran digital. Simak penjelasan di bawah ini untuk bisa membedakan landing page dan website

1. Apa itu Landing Page dan Website

Untuk bisa memahami perbedaan landing page vs website dan mengetahui manfaat masing-masing ketahui dulu pengertiannya. Landing page adalah halaman khusus yang dirancang untuk kebutuhan pemasaran digital dan merupakan bagian dari website. Sedangkan website adalah isi keseluruhan yang berisi halaman-halaman yang memuat berbagai hal dan informasi yang dapat diakses oleh pengguna internet.  

Landing page secara khusus memuat informasi yang berhubungan dengan promosi, seperti info produk yang dijual, perkenalan brand, info promo, info layanan dan lain-lain. Landing page didesain sebaik mungkin dari sisi desain dan copywriting agar bisa menarik minat audiens. Sedangkan website fungsinya lebih umum dalam hal branding atau promosi.  

Contoh landing page, ketika harbolnas sebuah web toko online yang menjual pakaian membuat satu landing page berisi info diskon produk. Di landing page tersebut ada tombol yang jika diklik akan mengarahkan pengunjung ke etalase toko online yang berisi produk dengan diskon spesial selama harbolnas. Info landing page bisa berbeda di setiap web tergantung kebutuhan.   

2. Tujuan Landing Page vs Website

Melihat dari tujuan landing page vs website memiliki perbedaan yang cukup jelas. Keduanya memang punya tujuan ke arah promosi dan menaikkan traffic web. Namun, tujuan landing page lebih spesifik sedangkan tujuan website lebih umum. Website mewakili suatu perusahaan atau bisnis secara garis besar dan keseluruhan. 

Berikut adalah tujuan landing page berdasarkan jenisnya: 

a. Lead Generation Landing Page

Pengunjung akan diminta untuk memasukkan data dalam formulir digital seperti nama, email, no hp dan sebagainya. Pengunjung akan memasukkan data untuk mendaftar event atau penawaran promo terbatas dan sebagainya. Data yang didapat akan digunakan untuk perkembangan bisnis dan meningkatkan penjualan.

b. Click Through Landing Page

Landing page ini bertujuan untuk memberi informasi ke pengunjung tentang layanan atau produk tertentu. Tujuannya supaya terjadi transaksi penjualan langsung melalui tombol call to action yang ditujukan kepada pengunjung. 

Landing page fokus pada satu tujuan seperti memberi info event, penawaran promo terbatas, mendorong pengunjung untuk subscribe dan lain-lain

3. Ciri-ciri Landing Page vs Website

Dari ciri-cirinya Sobat Shipper akan lebih mudah mengenali perbedaan landing page vs website.

a. Target Audiens

Walaupun web dan landing page berada dalam satu bagian namun bisa saja memiliki target audiens berbeda. Target audiens landing page biasanya lebih spesifik yaitu pengunjung yang tertarik dengan info atau penawaran pada landing page. Target audiens web adalah semua pengunjung web yang potensial menjadi pelanggan.

b. Konten

Web terdiri dari halaman-halaman, navigasi dan banyak menu. Dalam web kamu bisa memilih menu about us, etalase toko online, home, blog dan lain-lain. Konten pada landing page hanya fokus menawarkan satu informasi atau ajakan kepada pengunjung saja tergantung tujuan landing page tersebut. Contoh, info diskon 50% saat harbolnas cocok ada pada landing page daripada di bagian menu web supaya lebih mudah dilihat oleh pengunjung web. 

c. Desain

Dari segi desain landing page lebih simpel agar mudah dipahami pengunjung. Sedangkan, desain web pastinya cukup kompleks karena perlu memuat banyak informasi bisnis. 

4. Manfaat Landing Page vs Website

Bagaimana Sobat Shipper sudah bisa membedakan landing page vs website? Supaya semakin jelas dan paham mana yang lebih dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis online kamu saat ini, mari bahas manfaatnya. 

a. Manfaat Website Untuk Memperkenalkan Bisnis

Menjadi media untuk sebuah brand atau perusahaan memperkenalkan bisnisnya ke masyarakat luas melalui media digital dan internet. Web digunakan oleh pengunjung internet untuk mencari informasi terkait profil perusahaan, layanan bisnisnya, produk yang dijual, kontak, lokasi kantor atau toko dan sebagainya. 

b. Manfaat Website untuk Branding dan Promosi

Branding dan promosi bertujuan untuk mengembangkan bisnis, mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menaikan penjualan. Tujuan ini bisa lebih mudah dicapai melalui web yang bisa diakses siapa saja dan kapan saja. 

c. Manfaat Website Membangun Hubungan Baik dan Kepercayaan Pelanggan

Web tidak hanya sebagai tempat promosi atau jualan, web juga punya manfaat untuk membangun hubungan baik dan kepercayaan pelanggan. Pelanggan lebih percaya sebuah bisnis tersebut profesional melalui profil dan informasi lain yang ada pada web. 

d. Manfaat Landing Page Memberi Edukasi Kepada Pengunjung

Landing page memberikan edukasi atau informasi khusus kepada pengunjung mengenai brand, produk, layanan, kegiatan, promo dan lainnya terkait bisnis. Namun, edukasi atau informasi yang ditampilkan fokus terhadap satu tujuan. Misal, landing page untuk info diskon saja. 

e. Manfaat Landing Page Mengajak Pengunjung Melakukan Aksi

Landing page punya tujuan yang lebih fokus dan tepat sasaran untuk mengajak pengunjung melakukan suatu aksi. Aksi tersebut bisa berupa mengumpulkan data pengunjung, mengajak pengunjung melihat daftar produk diskon, mengajak pengunjung mengambil kesempatan voucer diskon dan lain-lain. 

f. Manfaat Landing Page sebagai Media Promosi yang Efektif dan Efisien

Landing page adalah salah satu media promosi di dalam web yang lebih efektif dan efisien. Khususnya bagi pelaku bisnis pemula dengan anggaran promo terbatas maka bisa memanfaatkan landing page untuk membuat penawaran promo menarik yang akan lebih mudah dilihat oleh pengunjung. Selain itu landing page juga fleksibel untuk diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan promo, brand awareness dan lain-lain.

Sobat Shipper sudah lebih jelas kan tentang perbedaan landing page vs website? Jadi, sudah bisa memutuskan mana yang kamu butuhkan saat ini? Keduanya sama-sama penting. Sebaiknya, Sobat Shipper mengelola landing page dan website secara optimal dan konsisten, ya. Memaksimalkan fungsi web dengan membangun landing page yang efektif dan tepat sasaran dengan tujuan promosi dan target audiens. 

Selain mengelola web dan landing page ada hal yang tak kalah penting dalam membangun hubungan baik dan kepercayaan pelanggan. Sobat Shipper sebagai pemilik bisnis online membutuhkan layanan pengiriman yang terpercaya, aman dan memberi penawaran harga kompetitif. Semua yang Sobat Shipper butuhkan dalam layanan pengiriman bisa ditemukan dalam layanan unggulan Shipper. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper dan apa saja layanan unggulannya, dengan kunjungi websitenya di shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.