Lakukan 6 Langkah Ini untuk Jaga Kualitas Bahan Makanan!

Uncategorized03 July 2021
lakukan-6-langkah-ini-untuk-jaga-kualitas-bahan-makanan

Dalam pergudangan, pengertian penyimpanan barang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan peletakkan barang, termasuk pencatatan penerimaan hingga pendistribusian. Pada sistem pergudangan yang lebih modern, kamu juga bakal melakukan manajemen pergudangan yang terkomputerisasi.

Hal ini juga berlaku saat kamu menangani bahan baku makanan. Ada beberapa ketentuan yang wajib kamu perhatikan sebelum mengaplikasikan cara penyimpanan barang gudang untuk food storage seperti yang tertera berikut ini!

1. Pengaturan suhu dan kelembapan

Setiap jenis bahan makanan harus diperlakukan sesuai suhu dan kelembapan, mengikuti pengertian penyimpanan barang untuk food storage. Berdasarkan pengaturan ini, ada tiga jenis gudang yang bisa kamu pilih buat menaruh bahan makanan. Antara lain dry storage (18oC sampai 38oC), cold storage (-1oC sampai -7oC), dan freezer storage (18oC atau lebih rendah). Dari sini, kamu bakal lebih mudah buat mengkategorikan penempatan bahan makanannya, bukan?

2. Penempatan dan pengelolaan bahan makanan 

Dalam tips menyimpan bahan makanan di gudang, kamu perlu memisahkan bahan baku dalam jenis container atau wadah yang tepat. Tujuannya adalah mencegah risiko seperti kontaminasi dan kerusakan yang berpotensi mengurangi kualitas makanan. Disarankan untuk menggunakan wadah berbahan stainless steel, plastik, atau material lain yang kedap udara. Jangan lupa memastikan gudang penyimpanan tersebut memiliki sirkulasi udara yang memenuhi standar.

Baca juga: Dari E-commerce sampai Delivery Makanan, Ini Layanan Digital Favorit Gen Z di Masa Pandemi!

3. Penanggalan pada bahan makanan

Pada pengertian penyimpanan barang, penanggalan atau labelling adalah langkah krusial yang perlu kamu lakukan, baik pada item yang belum maupun sudah digunakan. Memang terdengar teknis, tetapi akan membantu pihak lain seperti restoran atau kafe saat mengatur perputaran persediaan bahan makanan yang mereka simpan di gudang. Tips pengelolaan food storage ini pula yang membantumu membuang bahan makanan yang sudah kadaluarsa.

4. Pencatatan stok bahan makanan

Seperti barang-barang lain, bahan makanan yang kamu tata di gudang harus masuk ke pencatatan. Tahap ini biasanya dilakukan saat barang masuk dan keluar. Kamu juga harus menerapkannya secara rutin sesuai dokumen yang sudah disiapkan. Karyawan pergudangan umumnya memanfaatkan bin card untuk mengendalikan alur bahan makanan selama berada di gudang. Selama mengikuti pengertian penyimpanan barang, kamu bakal lebih mudah mengelola persediaannya di sana.

5. Pertimbangkan lokasi gudang penyimpanan

Seperti yang kamu ketahui, gudang penyimpanan sebaiknya berada di lokasi strategis. Artinya, gudang mudah dijangkau karyawan serta pihak-pihak terkait yang hendak memakai bahan makanan. Kalau posisinya terlalu jauh atau menyediakan akses terbatas pada transportasi, kegiatan operasional pasti terhambat. Maka dari itu, kamu harus pertimbangkan baik-baik saat sedang mengaplikasikan tips mencari gudang penyimpanan.

6. Pastikan keamanan di sekitar gudang

Terakhir, pastikan keamanan di sekitar gudang yang dijadikan sebagai food storage. Hal tersebut harus kamu perhatikan seserius mungkin. Pastikan setiap barang yang dikeluarkan harus disertai surat permintaan beserta tanda tangan petugas yang berwenang. Dengan begitu, tindakan-tindakan yang tak diinginkan seperti pencurian dapat dicegah sedini mungkin. Kamu juga bakal lebih mudah melakukan pencatatan atau pembukuan.

Sesuai pengertian penyimpanan barang juga sebaiknya kamu memilih gudang atau warehouse yang memadai seperti yang disediakan Shipper. Sebagai salah satu penyedia gudang berpengalaman, mereka tentunya sudah tahu jenis tempat penyimpanan seperti yang bisa dijadikan food storage.

Butuh gambaran seputar gudang dan layanan yang Shipper hadirkan? Kamu bisa mengunjungi website mereka di https://shipper.id/warehouse buat mempelajari informasi lengkap agar tak salah pilih.
Baca juga: Ketahui Apa Itu Konsumsi dan 3 Manfaatnya dalam Kegiatan Ekonomi

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.