7 Kunci Sukses Memaksimalkan Pengelolaan Jasa Fulfillment yang Bisa Kamu Lakukan

Uncategorized27 May 2021
kunci-sukses-memaksimalkan-jasa-fulfillment-yang-bisa-ditiru

Dalam jasa fulfillment, pengelolaan permintaan konsumen bakal berdampak pada kondisi supply chain bisnis yang kamu kelola. Salah satunya The Bullwhip Effect, yakni fenomena terjadinya fluktuasi kecil pada permintaan dalam pasar ritel yang menimbulkan fluktuasi besar pada permintaan produsen, grosir, distributor, dan supplier.

Mengaplikasikan safety stock (menyimpan stok barang dengan jumlah yang kamu rasa ‘aman’) bukan solusi tepat yang sebaiknya dilakukan. Supaya strategi pengelolaan permintaan dalam layanan jasa fulfillment efektif, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Tentukan Standar Pengelolaan Permintaan

Banyak perusahaan yang menganalisis dan mengelompokkan permintaan sesuai produk, jenis pelanggan, hingga kawasan geografis. Kamu bisa merancang sebuah strategi unik buat memprediksi permintaan konsumen dalam jasa fulfullment. Namun, kamu juga harus mengantisipasi perubahan bersifat ‘eksternal’ yang bisa berpengaruh pada strategi tersebut.

2. Prioritaskan Kolaborasi di Samping Data Statistik

Data statistik memang bakal membantumu merancang strategi fulfillment. Namun, kamu juga jangan sampai mengabaikan kondisi lapangan untuk menghasilkan rencana yang matang. Dalam hal ini, kamu bisa mendekatkan diri dengan pelanggan atau konsumen sebagai sumber permintaan untuk memperoleh prediksi lebih baik. Kolaborasi ini yang bakal membuat strategimu semakin akurat.

Baca juga: Ekspedisi Logistik Aman ke Luar Kota Jamin Kepercayaan Konsumen

3. Jangan Terlalu Percaya Pada Prediksi

Forecasting atau prediksi adalah salah satu komponen yang bisa membantu kamu dalam mengatur permintaan. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang bergantung pada prediksi saat menggunakan jasa fulfillment. Ingat, prediksi bisa saja meleset karena adanya perubahan atau peristiwa yang terjadi di luar dugaan kamu. Percaya sepenuhnya malah akan membuatmu kecewa.

4. Atur Sop Supaya Mudah Dinilai dan Dievaluasi

Standar Operasional Prosedur (SOP) harus kamu susun dengan tepat dan sistematis agar layanan fulfillment konsumen tak menyalahi aturan. Selain itu, langkah ini bakal membantumu menemukan solusi saat menemukan masalah pada supply chain. Jadi, kamu tak bakal kesulitan mengelola permintaan konsumen berkat proses penilaian dan evaluasi yang lebih jelas.

5. Bersihkan dan Tata Data Penyimpanan

Strategi yang kamu terapkan pada pengelolaan permintaan konsumen dalam jasa fulfillment membutuhkan data yang cukup banyak. Supaya data-data tersebut tetap aman dan bisa diakses, kamu harus rajin membersihkan dan merapikannya. Kalau sampai asal menaruhnya, kamu dijamin bakal repot saat melakukan pendataan ulang atau membuat laporan.

6. Coba Pengembangan Produk Komplementer

Apa kamu pernah menemukan restoran yang menawarkan produk komplementer seperti desert atau papan permainan yang dikeluarkan terlebih dulu? Pada jasa order fulfillment, strategi ini masuk ke dalam pencegahan Bullwhip Effect karena atensi konsumen yang bisa dialihkan sementara waktu sampai menu utama mereka diantarkan ke meja. Jadi tak ada salahnya kamu mengembangkan produk ini.

7. Pilih Solusi Terbaik Untuk Menyelesaikan Masalah

Sebuah penelitian terkait jasa fulfillment menyebutkan bahwa perusahaan atau pebisnis yang mampu mengelola permintaan dapat memberikan prediksi dengan akurasi tinggi. Dengan menyediakan stok barang yang rendah, mereka juga bisa meningkatkan permintaan sampai dua kali lebih baik. Salah satu kunci yang diterapkan adalah tak ragu dalam menerapkan solusi terbaik pada masalah strateginya.

Satu lagi kunci sukses yang membantumu mengelola permintaan dalam jasa fulfillment: pilih gudang dengan layanan profesional. Shipper dalam hal ini menyediakan warehouse terbaik di seluruh Indonesia  yang bisa kamu lihat di https://shipper.id/warehouse. Jangan ragu menghubungi Shipper kalau kamu butuh informasi lengkap seputar gudang atau layanan lainnya, ya!  
Baca juga: Strategi Promosi Jitu Entrepreneurship Bisnis di Era Digital

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.