Semakin Canggih, Ini 5 Keuntungan Pemakaian GPS Tracker buat Perusahaan Logistik

Uncategorized27 August 2021
keuntungan-gps-tracker

Fitur tracking paket yang disediakan perusahaan logistik tak akan berfungsi tanpa GPS tracker sebagai pelacak barang. Pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat dari tahun ke tahun mendorong perusahaan-perusahaan tersebut meningkatkan layanan mereka. Penggunaan GPS tracker terkini pun diharapkan membantu pelanggan memantau posisi paketnya secara real time.

Sebagai perangkat pelacak barang, GPS tracker tentunya memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan logistik, antara lain:

1. Memastikan paket sampai tepat waktu

Penggunaan teknologi berbasis GPS yang dipakai perusahaan logistik dinilai dapat mempercepat pengiriman secara efisien. Kurir atau pengemudi yang mengantarkan barang dalam jumlah banyak pun bisa fokus membawa kendaraan tanpa harus bolak-balik mengecek daftar alamat penerima.

Pada sejumlah pelacak barang, terdapat fitur-fitur yang memungkinkan pengemudi maupun manajer menemukan solusi dalam waktu cepat saat mereka menemukan masalah pengiriman. Dengan begitu, paket tetap sampai tepat waktu.

2. Meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Data-data yang direkam GPS tracker barang dapat diolah menjadi laporan atau bahan evaluasi. Kamu dapat dengan mudah mengaksesnya sesuai jenis data yang dibutuhkan. Selain itu, kamu bisa mengatur jadwal pengiriman barang dalam periode tertentu pada perangkat tersebut.

Baca juga: 4 Cara Optimalkan Logistik Indonesia yang Perlu Diketahui

Sistem terintegrasi pada GPS tracker ini yang bakal meringankan pekerjaan karyawan. Alhasil, mereka bisa mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain dan secara tak langsung meningkatkan produktivitas kerja. Kegiatan operasional perusahaan pun bakal jauh dari hambatan berkat pelacak barang.

3. Memangkas biaya operasional yang tak diperlukan

Sebagian besar GPS tracker dapat melacak kegiatan-kegiatan seperti posisi, waktu, hingga estimasi kendaraan tiba di sebuah lokasi. Bahkan kamu bisa mengetahui kendaraan yang sedang idle (mesinnya menyala dalam keadaan diam) lewat fitur pelacak barang.

Walau terdengar simpel, kegiatan-kegiatan tersebut bisa menguras biaya operasional kalau dilakukan secara manual. Sementara dengan GPS tracker, kamu dapat memantaunya dari tempat lain, bahkan mengambil solusi tertentu saat menemukan kerusakan pada kendaraan.

4. Mengurangi resiko pencurian barang

Keuntungan selanjutnya yang hanya dapat diperoleh dari pelacak barang adalah perekaman aktivitas bahan bakar hingga pintu kargo. Penambahan maupun pengurangan bahan bakar bisa diketahui secara real time, termasuk kemungkinan pencurian barang oleh oknum tertentu.

Dengan menemukan aktivitas mencurigakan lewat alat GPS tracker, kamu bisa mengambil tindakan cepat seperti menghubungi polisi. Hasilnya, kamu juga bakal terhindar dari kerugian besar dari barang yang hilang atau komplain pelanggan.

5. Menjaga keselamatan pengemudi dan barang

Menggunakan GPS tracker terkini pada proses pengiriman barang secara tak langsung menjaga keselamatan pengemudi dan barang selama berada di perjalanan. Hal ini, seperti yang sudah disinggung, berhubungan dengan kemampuan perangkat dalam merekam kegiatan yang berlangsung.

Misalnya saat pengemudi menghadapi kecelakaan, pelacak barang akan mengirimkan rekaman padamu bahwa ada pengereman mendadak atau kendaraan yang tiba-tiba berhenti di perjalanan. Jadi, kamu bisa segera menghubungi pihak berwajib untuk menanganinya.

Di antara sekian banyak perusahaan logistik yang sudah menggunakan teknologi pelacak barang, Shipper muncul sebagai salah satu penyedia jasa pengiriman terdepan. Armada yang mereka luncurkan untuk mengantarkan barang dilengkapi teknologi terbaik serta kurir berpengalaman. Dengan begitu, paket yang kamu antarkan dijamin tiba dengan selamat.

Jangan cemaskan soal ongkos kirim, Shipper menawarkan tarif yang terjangkau. Malah kamu punya kesempatan dapat gratis ongkir! Silakan cek saja layanan lengkapnya di https://shipper.id kalau kamu masih ingin tahu lebih banyak tentang Shipper.

Baca juga: 5 Fungsi Sewa Gudang dalam Sistem Logistik dan Supply Chain yang Perlu Dipahami

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.