Perusahaan Joint Venture, Apa Karakteristik dan Keunggulannya?

Uncategorized07 July 2021
keunggulan-joint-venture

Saat ini, joint venture adalah salah satu pilihan populer yang dipilih para pelaku bisnis, terutama seiring dengan perkembangan bisnis startup dalam beberapa tahun belakangan ini. Meski begitu, sebenarnya joint venture atau JV tak hanya terbatas pada penggabungan perusahaan-perusahaan baru maupun yang berskala kecil lho, Sobat Shipper!

Apa Itu Joint Venture?

Kalau begitu, apa yang dimaksud dengan JV, ya? Secara umum, joint venture adalah kerjasama bisnis di mana dua perusahaan atau lebih menggabungkan sumber daya dalam sebuah layanan atau proyek. Meski begitu, JV beda beda dengan merger bisnis atau partnership.

Dalam partnership, kerja sama dilakukan hanya oleh dua orang atau lebih. Sedangkan dalam bisnis joint venture, kerja sama dilakukan oleh perusahaan atau entitas bisnis. Kemudian, apabila merger menggabungkan dua perusahaan, termasuk aset, kewajiban, dan ekuitas nya, JV menghasilkan entitas usaha baru yang posisinya terpisah dari dua perusahaan atau lebih yang terlibat.

Apa Kelebihan Joint Venture?

Salah satu keuntungan joint venture adalah akuisisi sumber daya yang dibagi dan dapat digunakan bersama tanpa penggunaan kapital/modal yang terlalu besar. Dengan demikian, perusahaan pun dapat berekspansi ke dalam pasar baru, sehingga bisnis juga tumbuh lebih besar namun dengan risiko yang relatif rendah.

Di samping itu, joint venture adalah bentuk kerja sama yang juga sangat fleksibel, terlebih karena pihak-pihak yang terlibat di dalamnya tidak perlu membentuk sebuah entitas bisnis baru yang menciptakan produk kolaboratif. Dan karena JV memiliki jangka waktu yang ditentukan di dalam kontrak, perusahaan-perusahaan yang bekerja sama di dalamnya pun tak berkewajiban untuk melanjutkan JV setelah kontrak berakhir.

Lain halnya dengan merger di mana bisnis yang dilebur akan harus mengadopsi budaya dan nilai perusahaan yang baru, dalam JV masing-masing perusahaan akan tetap dapat mempertahankan karakteristik entitasnya. Ditambah lagi, masing-masing juga tetap bisa terus menjalankan aktivitas bisnisnya di luar JV. Oleh karena ini, JV membuka kesempatan untuk inovasi bisnis, namun dengan risiko yang lebih minimal.

Baca Juga: 6 Cara Melakukan Rebranding Bisnis Agar Semakin Lancar

Secara garis besar, JV bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Sobat Shipper kalau kamu ingin mencoba masuk ke dalam pasar baru dari segi demografis maupun geografis – atau meningkatkan visibilitas bisnismu di antara audiens tertentu.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa meraih keahlian teknis atau properti intelektual lewat kesempatan JV ini. Bisnismu pun bisa diuntungkan lewat strategi pemasaran dan periklanan yang dijalankan bersama-sama dengan perusahaan lain lewat strategi JV ini. Pada akhirnya, joint venture adalah peluang luar biasa untuk mengumpulkan sumber daya yang akan menguntungkan bisnismu.

Contoh Perusahaan Joint Venture

Baik di Indonesia maupun dunia, ada banyak contoh bisnis joint venture yang bisa kamu temukan. Salah satunya PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI) yang dimulai pada 2005 dan berakhir pada 27 September 2018. PT NICI terbentuk sebagai bentuk kerja sama antara Nestle dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Pasca berakhirnya kontrak JV, NICI diakuisisi oleh PT ICBP.

Contoh lainnya adalah Hulu, platform streaming online yang bermula sebagai JV antara 4 perusahaan berbeda. Pertama kali diluncurkan pada 2007, Hulu awalnya ada untuk menayangkan acara dari keempat perusahaan tersebut beserta anak perusahaannya. Setelah periode JV berakhir, Hulu sekarang mengembangkan sendiri program siarannya.

Tentu saja JV bukanlah satu-satunya solusi yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnismu. Bergantung pada kebutuhan dan kondisi bisnismu saat ini, kamu bisa bebas pilih jenis kerja sama yang tepat dan pas.

Untuk kamu yang punya toko online, kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper untuk membuat proses bisnismu jadi lebih efisien waktu, biaya, maupun tenaga. Soalnya, Shipper punya dashboard untuk shipping di https://shipper.id/BOS dan layanan warehouse di https://shipper.id/warehouse. Jadi, kamu bisa fokuskan waktu dan tenagamu untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan!

Baca Juga: Optimalkan Stock Opname dengan 5 Cara Ini Supaya Inventory Bisnismu Stabil

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.