Prinsip Dasar dalam Perancangan Tata Letak Gudang

Uncategorized13 August 2021
ketahui-tata-letak-gudang

Daftar Isi
1. Apa Itu Warehouse
2. Jenis-jenis Warehouse
3. Istilah-istilah dalam Warehouse
4. Hal-hal yang Harus Diutamakan dalam Warehouse
5. Pertimbangan Sebelum Menyewa Gudang
6. Inbound, Outbound & Storage dalam Proses Gudang
7. Prinsip Dasar Perencanaan Tata Letak Gudang
8. Metode Penyimpanan Barang di Gudang
9. Lean Warehousing, Apa itu?
10. Fungsi dari Konsep Value Stream Mapping
11. Pemborosan dalam Warehousing
12. Apa Itu Diagram Fishbone & Fungsinya?
13. Tips Menghemat Biaya Operasional Gudang

Perusahaan skala besar atau kecil memerlukan gudang sebagai sarana operasional perusahaan. Gudang atau warehouse adalah tempat terjadinya aktivitas pergudangan seperti penerimaan barang, pengumpulan produk, penyimpanan, distribusi hingga penanganan produk. Ada hal penting dalam aktivitas warehouse yaitu tata letak gudang atau layout gudang.

Perancangan tata letak gudang berdasarkan tujuan dan fungsi warehouse tersebut bagi perusahaan. Tata letak gudang harus dirancang agar proses pergudangan bisa berjalan dengan cepat dan efektif. Layout gudang berguna dalam semua kegiatan produksi di gudang meliputi penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang.  

Tata letak gudang dilakukan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. Tujuan dari perancangan tata letak gudang adalah untuk mendapatkan titik terbaik antara biaya penanganan bahan dan biaya lainnya. Biaya penanganan yaitu semua biaya yang berkaitan dengan pergudangan. Contohnya transportasi barang masuk gudang, penyimpanan dan barang keluar dari gudang.

Layout gudang harus bisa memanfaatkan luas dan volume gudang secara maksimal dengan biaya penanganan yang efisien. Tata letak gudang yang baik membuat gerak barang lebih efektif dan mempermudah kerja karyawan. Cara agar layout gudang optimal yaitu dengan memperhatikan prinsip dasar perancangan tata letak gudang. Apa saja prinsip dasar perancangan tata letak gudang?

1. Perhatikan Keamanan Barang di Gudang

Kegiatan pergudangan hampir semua bergantung pada layout gudang yang aman. Beberapa kegiatan pergudangan di antaranya sebagai tempat penyimpanan, tempat pemeliharaan alat, tempat parkir kendaraan pengangkut dan tempat pencatatan informasi gudang. 

Keamanan merupakan prinsip pertama yang harus dipenuhi dalam perancangan tata letak gudang. Semua produk, alat dan barang di gudang harus dipastikan tetap aman dari kerusakan dan kehilangan. Kerusakan barang dan produk di gudang bisa disebabkan oleh serangga, cuaca, kontaminasi produk lain, proses pergudangan dan sebagainya. 

Sobat Shipper perlu memahami produk dan barang apa saja yang akan disimpan di gudang. Dengan begitu, akan mudah menentukan cara penyimpanan yang aman. Misalnya, untuk produk pecah belah berarti perlu cara khusus dalam tata letak gudang agar tidak mudah pecah. 

2. Pastikan Barang Mudah Dicari

Tujuan tata letak gudang salah satunya adalah memudahkan pencarian barang untuk mengoptimalkan waktu. Kemudahan menemukan barang akan memudahkan alur proses yang terjadi di gudang. Contohnya, ketika ada banyak pesanan masuk dengan jenis produk berbeda. Layout gudang yang disusun dengan baik akan mempercepat kerja karyawan dalam mencari produk. 

Selain itu, kemudahan mencari barang juga penting untuk membantu proses identifikasi barang dan pemeliharaan barang secara optimal. Jika penyusunan barang tidak di atur dengan rapi, untuk mencari satu produk saja bisa memakan waktu lama. Maka dari itu, barang di gudang harus disusun dengan teratur berdasarkan jenis, ukuran dan kriteria lainnya.  

3. Pastikan Barang Mudah Dijangkau

Contoh layout gudang yang baik harus memudahkan karyawan dalam menjangkau barang-barang yang ada di warehouse. Kemudahan menjangkau barang berguna dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang. Posisi dan lokasi rak harus ditentukan sesuai kebutuhan aktivias di gudang. 

Kemudahan menjangkau barang termasuk salah satu tujuan tata letak gudang. Perancangan tata letak gudang yang baik memastikan karyawan dapat mengambil barang tanpa menggangu letak barang lain. Hal ini juga berguna dalam pengangkutan barang menjadi lebih mudah dan cepat. 

4. Pastikan Barang Mudah Diambil

Supaya proses penataan di gudang lebih optimal, maka perlu memastikan kemudahan mengambil barang di gudang. Kemudahan mengambil barang akan membantu kerja pegawai. Tata letak gudang yang salah bisa menyebabkan pegawai kesulitan mengambil barang. Salah satu sebabnya karena jarak penyimpanan terlalu jauh, terhalang barang lain, area terlalu sempit dan sebagainya. 

Kemudahan mengambil barang berhubungan dengan lancarnya proses aliran barang di gudang. Tata letak gudang yang baik akan membuat arus perpindahan barang lebih optimal dan efisien. Untuk mewujudkan hal ini perlu diperhatikan ukuran tempat penyimpanan atau rak yang sesuai. Selain itu, perlu mengatur lorong atau gang antar lokasi barang tidak terlalu sempit.  

5. Maksimalkan Penggunaan Ruang di Gudang

Perancangan tata letak gudang yang optimal harus bisa memaksimalkan penggunaan ruang di gudang. Maksimal di sini bukan berarti membuat gudang sangat penuh, tapi tetap harus mementingkan prinsip keamanan dan kemudahan menjangkau barang. 

Ruang gudang bisa dimaksimalkan penggunaannya dengan memahami tujuan penggunaan warehouse tersebut. Untuk gudang penyimpanan barang maka perlu penataan tempat penyimpanan barang dan peralatan. Selain itu, kamu perlu mengatur lorong atau gang antar lokasi barang supaya memudahkan akses ke satu area dan area lainnya. 

Ketika membuat layout gudang, Sobat Shipper perlu memperhatikan ukuran area penyimpanan, area penerimaan, area pengiriman dan area sortir barang. Jika diperlukan, kamu bisa mempertimbangkan tempat khusus untuk area pembongkaran barang sebelum masuk ke gudang. Hal ini supaya lebih mudah mengontrol barang masuk dan menyiapkan proses penyusunan barang. 

6. Menggunakan Sistem Komputerisasi 

Perancangan tata letak gudang memang perlu persiapan dari berbagai faktor. Kamu perlu mengetahui tujuan penggunaan gudang dan jenis barang yang akan disimpan di gudang. Selain itu, penggunaan sistem komputerisasi bisa mengoptimalkan layout gudang daripada menggunakan sistem manual.

Sistem manual lebih cocok untuk gudang berukuran kecil dan hanya mempunyai satu fungsi saja. Untuk gudang besar dengan fungsi yang lebih kompleks sebaiknya menggunakan sistem komputer yang tepat. Warehouse Management System (WMS) dapat membantu kamu menata gudang dengan lebih optimal, cepat dan akurat. Warehouse Management System (WMS) membantu aktivitas pergudangan lebih efektif dan efisien.

Sobat Shipper, perancangan tata letak gudang penting dipahami sebelum memangun warehouse. Ciri gudang yang baik salah satunya adalah memiliki tata letak gudang yang bisa mengoptimalkan kerja karyawan. Di antaranya meliputi, ruang gudang yang cukup luas, barang tersusun rapi, memperhatikan kesesuaian gudang dan barang yang disimpan, sistem pemberkasan yang teratur dan mengutamakan keselamatan kerja. 

Tata letak gudang yang baik akan memudahkan karyawan dalam bekerja. Jika karyawan merasa nyaman dan aman selama bekerja di gudang, maka produktivitasnya bisa meningkat. Hal ini tentu membawa dampak baik pada peningkatan penjualan dan perkembangan perusahaan. 

Sobat Shipper, membangun sebuah gudang baru memang tidak mudah. Perlu biaya cukup besar dan waktu pembuatan yang tidak instan. Solusinya adalah kamu bisa melakukan sewa gudang untuk kebutuhan operasional bisnis. Penyewaan gudang memberikan kemudahan dan penghematan biaya bagi perusahaan daripada membangun atau membeli gudang baru.Bagaimana cara menyewa gudang? Pilih layanan sewa gudang yang terpercaya yaitu Shipper!

Shipper telah berpengalaman dalam segala hal yang berhubungan dengan aktivitas warehouse. Kamu bisa mendapatkan layanan sewa gudang yang aman sesuai skala bisnismu. Apa saja layanan pergudangan yang Shipper sediakan? Klik link https://shipper.id/warehouse!      

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.