4 Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur yang Perlu Kamu Ketahui!

Uncategorized20 August 2021
ketahui-perbedaan-pengusaha-dan-enterpreneur

Sobat Shipper, menurut kamu apa sih pengertian pengusaha? Bagi kebanyakan orang, pengusaha adalah istilah sama yang digunakan untuk menyebut entrepreneur atau wirausahawan. Padahal, tahukah kamu kalau sebenarnya keduanya adalah dua istilah yang berbeda?

Meskipun baik pengusaha maupun entrepreneur sama-sama bergelut di bidang bisnis atau usaha, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, Sobat Shipper. Nah, untuk mengetahui apakah kamu masuk ke dalam kategori pengusaha atau sudah jadi entrepreneur, yuk pahami dulu perbedaan keduanya lewat ulasan berikut ini. Selamat membaca!

Dari Ide yang Dimiliki

Salah satu ciri khas seorang entrepreneur adalah ide yang mereka miliki. Umumnya, ide-ide yang dimiliki entrepreneur adalah ide yang original, unik, berbeda, bahkan di luar ekspektasi orang-orang. Sementara itu, pengusaha cenderung mengikuti apa yang sedang jadi tren untuk ia kembangkan jadi ide bisnisnya sendiri.

Dari Tujuannya

Tujuan dari entrepreneur maupun pengusaha adalah sama-sama untuk menghasilkan keuntungan. Tapi, alasan di balik tujuan tersebut memiliki perbedaan. Pada pengusaha, alasannya hanya sebatas untuk menjalankan usaha, memperoleh keuntungan, dan menjaga stabilitas usaha sampai di tahap sukses. Sedangkan bagi entrepreneur, tujuannya tak hanya untuk mengejar keuntungan bisnis semata, tapi juga untuk mewujudkan passion yang ia punya.

Dari Sikapnya

Dari segi sikap atau attitude, seorang entrepreneur sering kali keluar dari zona nyamannya. Artinya, ia tidak akan segan untuk mencoba hal-hal baru yang bahkan belum pernah dicoba sama sekali, atau yang berkebalikan dari tren di pasar saat ini. Ditambah lagi, entrepreneur juga cenderung fleksibel dan terus-menerus menyesuaikan diri dengan perubahan, dan bahkan menjadi sumber perubahan itu sendiri.

Sementara itu, pengusaha adalah sosok yang cenderung lebih suka main aman di dalam zona nyamannya. Hal-hal yang baru dan belum ada di pasaran seolah sulit untuk diterima, kecuali sudah ada orang atau bisnis lain yang memulai duluan dan membuktikan kesuksesannya. Jadi, sering kali seorang pengusaha terbatas jadi seorang pengikut atau follower saja.

Dari Caranya Mendefinisikan Kesuksesan

Masing-masing orang memang mendefinisikan sukses dengan cara yang berbeda-beda, termasuk para entrepreneur dan pengusaha. Umumnya, definisi sukses seorang pengusaha adalah fokus pada “tujuan harus tercapai”. Oleh karena itu, seorang pengusaha membutuhkan jiwa kepemimpinan agar bisnisnya mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

Sedangkan seorang entrepreneur cenderung fokus pada proses untuk mencapai tujuan yang telah ia tetapkan. Selama proses yang dilakukan, entrepreneur tak semata-mata mengikuti perintah atau panduan, tapi juga belajar darinya. Oleh karena itu, tak heran kalaupun seorang entrepreneur harus menemui kegagalan dalam menjalankan usaha, ia tidak langsung menyerah karena ia mendapatkan pelajaran dan tahu apa kesalahan dalam prosesnya. Jadi, hal yang sama tak akan terulang lagi.

Saat ini, mungkin kamu masih dalam tahap pengusaha. Tapi, bukannya mustahil untuk “naik kelas” jadi entrepreneur, lho! Kuncinya adalah terus konsisten dalam menjalankan usaha yang sudah kamu rintis sekarang, meskipun bisnismu masih masuk ke dalam golongan usaha kecil.

Apalagi, ada Shipper yang siap bantu kamu kelola bisnis dengan lebih mudah lewat jasa warehouse yang lengkap. Jadi, kamu bisa optimalkan waktu dan tenagamu untuk kembangkan usaha meskipun dengan modal dan SDM terbatas sekalipun. Soalnya, jasa warehouse Shipper siap melayani seluruh kebutuhan manajemen persediaan sampai dengan fulfillment, lho!


Klik https://shipper.id/warehouse untuk info lengkapnya dan mulai langkah awal menjadi seorang entrepreneur sukses sekarang juga, yuk!

Baca Juga: 4 Tips Mengirim Barang Pecah Belah Agar Aman Sampai Tujuan

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.