3 Fungsi Lain Gudang Penyimpanan dalam Sistem Logistik yang Perlu Diketahui

Uncategorized13 July 2021
ketahui-pengertian-gudang-penyimpanan

Memahami pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik tak terlepas dari fungsinya sebagai fasilitas infrastruktur untuk pabrik atau perusahaan. Keberadaannya pun tak bisa Sobat Shipper samakan dengan gudang di rumah yang dipakai untuk menaruh barang-barang bekas. Gudang untuk usaha justru bakal berperan penting dalam kegiatan logistik dan supply chain.

Seperti apa peran gudang penyimpanan dalam sistem logistik?

Secara garis besar, pengertian gudang penyimpanan logistik adalah tempat disediakan untuk menaruh dan mengelola stok barang. Sobat Shipper juga bisa menentukan tujuan penyimpanannya, apakah untuk keperluan pribadi atau komersial. 

Pada pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik, ada karyawan yang dapat Sobat Shipper pekerjakan untuk membantu penerapan manajemen gudang. Keberadaan mereka sangat berdampak pada layanan yang diberikan kepada pelanggan maupun klien. Kalau pengaturan stok barang di gudang penyimpanan baik dan sesuai prosedur, Sobat Shipper dijamin akan mendapatkan target pasar yang diharapkan.

Kemudian, saat mengaplikasikan cara mengatur stok barang di gudang penyimpanan, Sobat Shipper harus mengecek dulu jenis-jenis barangnya. Langkah tersebut bertujuan untuk melancarkan kegiatan operasional, termasuk menjaga alur transportasi yang akan membawa masuk atau keluar barang. Kalau ditumpuk di satu titik, Sobat Shipper kemungkinan besar bakal kesulitan mengatur stok barang.

Baca juga: Ketahui Apa Itu Warehouse & Logistik, Serta Kegunaannya

Apa saja fungsi tambahan gudang selain lokasi penyimpanan barang?

Setelah mengetahui pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik, akan lebih mudah bagi Sobat Shipper mendalami manajemen gudang maupun kegiatan logistik secara menyeluruh. Perlu diingat pula bila gudang penyimpanan mempunyai beberapa fungsi lain yang perlu dioptimalkan, antara lain:

1. Lokasi terminal konsolidasi

Tempat konsolidasi merupakan istilah yang merujuk pada titik khusus pertemuan dari macam-macam produk yang berbagai lokasi. Fungsi gudang penyimpanan logistik ini memungkinkan Sobat Shipper untuk mengecek ketersediaan barang yang disuplai dari sejumlah pemasok (supplier). Kemudian, saat semua barang terkonsolidasi, Sobat Shipper tinggal kirimkan kepada pelanggan seperti retailer untuk dijual atau langsung kepada konsumen.

2. Pusat distribusi

Posisi gudang sebagai pusat distribusi sebenarnya tak bisa Sobat Shipper lepaskan dari pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik. Malah, gudang penyimpanan yang Sobat Shipper jadikan sebagai lokasi distribusi akan membuat kegiatan operasional lebih efisien. Pasalnya, setelah menyiapkan barang-barang yang masuk, Sobat Shipper bisa langsung mengirimkannya ke konsumen tanpa perlu mengantarnya ke gudang lain.

3. Membantu pemecahan volume barang

Terakhir, gudang penyimpanan bisa Sobat Shipper fungsikan sebagai tempat pemecahan volume barang-barang hasil produksi. Dikenal sebagai beak bulk operation, fungsi gudang penyimpanan dalam kegiatan logistik ini biasanya ditujukan untuk produksi barang yang volumenya mencapai 1.000 volume. Dengan memecahkannya ke jumlah berbeda, Sobat Shipper bakal lebih mudah dalam mengemas hingga mengirimkannya kepada konsumen sesuai pesanan mereka.

Mempelajari pengertian gudang penyimpanan dalam kegiatan transportasi logistik bakal memberikan keuntungan tersendiri bagi Sobat Shipper. Salah satunya adalah menemukan penyedia warehouse atau gudang yang dapat Sobat Shipper manfaatkan untuk kegiatan logistik. Dalam hal ini, Shipper adalah pihak yang bisa dipercaya mengingat gudang-gudang yang mereka siapkan telah memenuhi standar.

Sobat Shipper yang memilih warehouse Shipper dijamin menemukan berbagai kemudahan untuk kegiatan logistik. Dari pengaturan stok barang hingga menentukan transportasi yang digunakan buat antar-jemput barang. Nah, untuk mengetahui layanan-layanan lain yang dihadirkan Shipper, silakan kunjungi website resmi mereka di https://shipper.id/warehouse agar usahamu berjalan lancar.

Baca juga: 3 Tips Maksimalkan Ruang untuk Penyimpanan Stok Persediaan Bisnismu!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.