Mengapa Ada Bisnis yang Ekspor Barang? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Uncategorized14 July 2021
ketahui-pengertian-ekspor-di-indonesia

Ekspor adalah salah satu istilah yang sangat umum di dalam dunia dagang, terutama perdagangan internasional. Nah, pada kesempatan kali ini, Sobat Shipper bisa pelajari lebih lanjut tentang apa itu ekspor hingga manfaatnya bagi perekonomian. Selamat membaca!

Pengertian Ekspor

Ekspor artinya kegiatan menjual produk barang maupun jasa ke luar negeri. Oleh karena itu, ekspor adalah bentuk perdagangan internasional juga. Aktivitas ekspor ini bisa dilakukan oleh negara maupun perusahaan, di mana produknya akan dikirim ke negara lain untuk diperdagangkan.

Dalam aktivitas ekspor, terdapat pajak yang dikenakan terhadap barang ekspor. Pajak atau pungutan negara tersebut dikenal dengan nama bea keluar, dan telah diatur di dalam UU No. 18 Tahun 2006. Tujuan pengenaan bea keluar tersebut adalah untuk:

  • Memenuhi kebutuhan dalam negeri.
  • Melindungi kelestarian sumber daya alam.
  • Mengantisipasi kenaikan harga secara drastis pada komoditas ekspor tertentu di dalam pasar internasional.
  • Menjaga harga komoditas tertentu di dalam negeri agar stabil.

Bedanya Ekspor dan Impor

Di samping kegiatan ekspor, istilah lain dalam perdagangan internasional adalah impor. Nah, impor sendiri merupakan kebalikan dari ekspor. Oleh karena itu, jika ekspor adalah aktivitas mengirim barang atau jasa ke luar negeri untuk diperdagangkan, impor adalah aktivitas mengirim produk ke dalam negeri.

Nah, serupa dengan ekspor yang dikenai pungutan berupa bea keluar, komoditas yang diimpor juga dikenai tarif pajak tertentu. Salah satu tujuannya adalah menjaga kompetisi harga di pasar dalam negeri. Dengan begitu, harga barang impor akan jadi lebih mahal dibandingkan harga produk lokal buatan dalam negeri.

Tujuan dan Manfaat Ekspor

Sebagai bagian dari perdagangan internasional, tentu wajar jika tujuan utama dari impor dan ekspor adalah mendapatkan keuntungan alias laba. Terlebih lagi, aktivitas ekspor maupun impor melibatkan baik pelaku bisnis maupun negara, sehingga prosesnya dapat memberikan manfaat finansial bagi perusahaan dan negara.

Tujuan ekspor dan impor lainnya yang juga wajib digarisbawahi adalah pemenuhan kebutuhan. Sebab, ada negara atau perusahaan yang memang lebih unggul dalam kemampuannya untuk memproduksi komoditas tertentu, baik dari segi kuantitas maupun efisiensi produksinya. Ketika ada negara A yang bisa mengekspor komoditas yang dibutuhkan negara B, umumnya akan terjadi pertukaran di mana negara B akan mengekspor komoditas yang juga dibutuhkan negara A.

Dan secara lebih spesifik lagi, manfaat ekspor adalah sebagai berikut:

  • Membuka lapangan kerja yang lebih luas.
  • Memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan perusahaan (laba) maupun negara (devisa).
  • Menjalin dan menjaga hubungan yang harmonis dengan negara-negara lain.
  • Meningkatkan kemakmuran negara dan masyarakat di dalamnya.
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Ketahui 2 Jenis Pergudangan Serta Definisnya yang Perlu Kamu Simak

Apakah Sobat Shipper juga punya bisnis dagang dan telah berencana untuk melakukan ekspansi dengan mengekspor barang ke luar negeri? Kalau iya, tentu ini merupakan sebuah peluang besar yang jangan sampai kamu lewatkan, kan? Apalagi ada Shipper yang siap bantu buat bisnismu jadi lebih simpel.

Mengapa? Karena Shipper punya layanan pengiriman yang bisa kamu akses dengan mudah langsung dari https://shipper.id/BOS. Dengan layanan pengiriman Shipper, kamu bisa permudah dan persingkat proses pengiriman karena ada staf profesional Shipper yang akan urus segalanya dengan pihak ekspedisi yang tepat. Jadi, kamu hanya perlu fokus memasarkan dan menjual produkmu supaya makin cuan, deh!


Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan kemana saja, Shipper solusinya!

Baca Juga: 5 Tips Cara Penyimpanan Barang di Guiding untuk Jaga Kualitas Barang bagi Pelanggan

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.