Cek di sini! Mengapa Estimasi Pengiriman Paket Bisa Lama?

Uncategorized08 August 2021
ketahui-estimasi-pengiriman-paket

Ketika kamu berbelanja barang di sebuah marketplace, biasanya akan muncul estimasi pengiriman paket dari sebuah jasa pengiriman. Kamu akan mendapatkan perkiraan berapa hari barang tersebut bisa sampai ke alamat yang dicantumkan.

Jika Sobat Shipper berbelanja di marketplace, cara mengecek estimasi waktu pengirimannya sangat gampang. Setelah barang dimasukkan ke dalam keranjang, kamu bisa melakukan pembayaran dan memilih jasa pengiriman. 

Ketika memilih jasa pengiriman itu akan muncul sekaligus dengan estimasi waktu pengirimannya. Jadi, gampang bukan untuk mengecek estimasi waktunya? 

Apa itu Estimasi Pengiriman Paket?

Kamu bisa memahami estimasi waktu pengiriman secara sederhana yaitu perkiraan waktu sampainya barang dari penjual ke pembeli. Biasanya estimasi ini juga berhubungan dengan layanan yang dipilih dari jasa pengiriman. 

Setiap layanan yang disediakan memiliki estimasi pengiriman yang berbeda-beda, salah satunya same day delivery. Itu berarti pengiriman barang dengan estimasi waktu yang lebih cepat atau dikirim pada hari yang sama. 

Layanan same day banyak digunakan untuk mengirimkan makanan yang cepat basi atau yang sedang terburu-buru. Untuk tarifnya juga berbeda dengan layanan lain yang ada pada jasa pengirimannya itu. 

Agar kamu semakin memahami istilah estimasi waktu pengiriman, simak juga ulasan mengenai hal-hal yang mempengaruhi lama atau cepatnya estimasi. 

Baca: Tips Nyaman Menggunakan Jasa Pengiriman Barang, Apa Saja?

Faktor yang Memengaruhi Lama atau Cepatnya Estimasi Pengiriman Paket

Estimasi waktu pengiriman bisa berbeda-beda sesuai layanan yang diberikan oleh jasa pengirimannya. Namun Sobat Shipper harus mengetahui 2 faktor di bawah ini yang sering mempengaruhi lama atau cepatnya estimasi. 

  • Jenis Layanan 

Setiap jasa pengiriman pasti memiliki produk layanan masing-masing yang berbeda. Misalnya layanan same day, next day ataupun estimasi paket reguler 2-3 hari sampai. 

Kalau ingin lebih murah, kamu bisa pilih waktu 7 hari pengiriman baru sampai. Semakin mahal tarifnya maka estimasi waktu pengirimannya pun semakin cepat, bisa dibilang sebagai layanan unggulan. 

  • Lokasi Pengiriman

Layanan super cepat atau layanan premium biasanya terbatas untuk satu wilayah tertentu, tidak menjangkau semua daerah. 

Bagi kamu yang berada di kota-kota besar, biasanya layanan unggulan itu bisa dinikmati dengan pengiriman yang cepat. Jadi estimasi pengiriman paket untuk ke daerah terpencil biasanya menggunakan layanan reguler 3-7 hari baru sampai. 

Contoh Estimasi Pengiriman Paket dari JNE dan J&T

JNE dan J&T terbilang sebagai perusahaan jasa pengiriman yang sedang berkembang saat ini. Keduanya memiliki layanan yang memberikan estimasi waktu pengiriman yang berbeda.

  • Estimasi Paket JNE 

Sebagai jasa pengiriman yang sudah berpengalaman, JNE menawarkan berbagai layanan dengan estimasi waktu yang berbeda. 

Super Speed : Sampai di hari yang sama.

Yakin Esok Sampai (YES) : 1 hari setelah barang selesai pick up (besoknya).

Reguler : 1- 5 hari baru sampai.

OKE : 4-10 hari baru sampai.

JTR (Trucking) : 5-6 hari baru sampai.

Biasanya jasa pengiriman JNE tidak mengirimkan paket barang melebihi estimasi waktu. Bahkan di beberapa kesempatan seringkali lebih cepat dari estimasi waktu yang ditentukan. 

  • Estimasi Paket J&T

J&T hadir dengan menawarkan berbagai layanan yang lebih fresh dan menjadi kompetitor kuat dari JNE. Untuk contoh layanan dan estimasinya bisa kamu perhatikan di bawah ini, diantaranya:

EZ : 2-3 hari baru sampai.

J&T Eco : 5-14 hari baru sampai.

J&T Super : 1-2 hari baru sampai. 

Nah beberapa jasa pengiriman juga menawarkan layanan dengan estimasi waktu yang berbeda. Untuk mengetahui estimasi waktu yang diberikan sekaligus perbandingan tarif dari setiap jasa pengiriman bisa cek di langsung di situs resmi Shipper

Baca juga: Ketahui Apa itu Shipper dan Bagaimana Cara Kerjanya

Shipper merupakan aggregator jasa pengiriman yang sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan logistik. Seperti JNE, J&T, SiCepat, Ninja Express, Indah Cargo dan masih banyak yang lainnya. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi www.shipper.id/shipping.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.