Ketahui 2 Jenis Pergudangan Serta Definisnya yang Perlu Kamu Simak

Uncategorized25 June 2021
ketahui-definisi-gudang-serta-artinya

Berdasarkan sejumlah definisi gudang yang beredar, warehouse atau gudang bukan hanya dijadikan tempat penyaluran barang dari supplier ke konsumen. Sobat Shipper juga harus menerapkan sistem persediaan atau inventory untuk mengantisipasi permintaan yang datang. Maka dari itu, pergudangan atau warehousing dibutuhkan agar pengelolaan yang Sobat Shipper lakukan berjalan lancar.

Pentingnya Mengenal Pergudangan

Apa itu pergudangan? Dalam manajemen logistik, pergudangan melibatkan sejumlah kegiatan. Di antaranya penyimpanan barang (termasuk packing dan pengiriman) hingga distribusi. Satu kegiatan dengan kegiatan lain saling berhubungan. Kalau salah satunya terhambat atau terhenti, Sobat Shipper pasti bakal kesulitan buat mengatur manajemen logistik.

Sejalan dengan definisi gudang, akan ada keterlibatan biaya logistik serta layanan pengiriman yang muncul saat Sobat Shipper memilih jenis pergudangan. Hal ini nantinya merembet pada peningkatan kontrol dan pelacakan stok barang di gudang. Semakin sistem pergudangan yang digunakan, semakin tinggi juga ketepatan pengiriman barang kepada konsumen.

Terakhir, pergudangan membantu Sobat Shipper mencegah kerusakan, kehilangan, atau kehabisan persediaan barang sebelum waktunya. Perlu diingat, stok barang akan sangat menentukan keputusan pelanggan melakukan transaksi, terutama saat mereka sangat membutuhkannya.

Jenis-jenis Pergudangan

Seperti yang disinggung, pergudangan memiliki jenis yang bisa Sobat Shipper sesuaikan dengan kebutuhan selama tetap mengikuti definisi gudang. Antara lain pergudangan terpusat (centralized warehousing) dan pergudangan tak terpusat (decentralized warehousing).

1. Pergudangan Terpusat

Pergudangan terpusat biasanya dipilih perusahaan atau pelaku bisnis yang ingin menempatkan semua stok mereka di lokasi tertentu. Dengan jenis pergudangan tersebut, mereka akan mengirimkan pesanan ke seluruh alamat pelanggan. Mengingat Sobat Shipper akan memusatkan seluruh kegiatan dan stok barang di satu tempat, dibutuhkan sistem serta otomasi tingkat tinggi.

Sobat Shipper yang memutuskan mengambil pergudangan terpusat dapat lebih mudah dalam mengatur berbagai hal. Dengan penempatan karyawan, alat, dan sistem, Sobat Shipper juga tak akan kesulitan saat hendak melakukan perawatan dan pelacakan. 

Baca juga: Ketahui Apa Itu Warehouse & Logistik, Serta Kegunaannya

Kemudian, sebagai salah satu elemen penting dalam definisi gudang, pengiriman barang juga dapat Sobat Shipper percepat dengan memilih pergudangan terpusat. Jadi Sobat Shipper tak akan kerepotan melakukan koordinasi dengan gudang lainnya.

2. Pergudangan Tak Terpusat

Bagaimana dengan pergudangan tak terpusat? Jenis sistem pergudangan ini bisa Sobat Shipper gunakan untuk mengoperasikan lebih dari satu gudang yang tersebar di sejumlah lokasi. Perusahaan yang memakai pergudangan tak terpusat umumnya sudah memiliki cabang usaha, sehingga memerlukan tambahan gudang untuk mengatur pemesanan maupun penyimpanan barang.

Untuk itu, Sobat Shipper harus mempertimbangkan lokasi dan akses antar gedung untuk memastikan kegiatan pergudangan berjalan sesuai jadwal. Berbeda dari pergudangan pergudangan terpusat, pada pergudangan tak terpusat, koordinasi harus dilakukan secara intens demi menjaga kepuasan konsumen.

Pergudangan tak terpusat akan membawa manfaat selama mengikuti definisi gudang. Dalam hal ini, Sobat Shipper harus tetap mengantisipasi peningkatan permintaan di setiap lokasi dan mengoptimalkan fleksibilitas pengiriman supaya pesanan tepat waktu.

Syukurnya, Shipper sebagai perusahaan penyedia gudang mampu memenuhi kebutuhan Sobat Shipper untuk pergudangan terpusat dan pergudangan tak terpusat. Selain membekali dengan fasilitas terbaik, Shipper juga sudah menyediakan gudang di sejumlah kota di Indonesia. Hal inilah yang membuat para klien Shipper puas dan loyal, sebab setiap kebutuhan pergudangan mereka bisa segera dipenuhi.

Ingin segera mengelola pergudangan bersama Shipper? Silakan kunjungi https://shipper.id/warehouse untuk memilih lokasi gudang yang Sobat Shipper perlukan beserta layanannya.


Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Warehouse & Fulfillment untuk Bisnis Kamu

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.