6 Langkah Optimalkan Sistem Gudang untuk Bisnismu yang Bisa Dilakukan

Uncategorized24 May 2021
ketahui-cara-kerja-sistem-gudang

Sedang mencari gudang atau warehouse bagus buat menunjang bisnis? Selain mengenali kriteria gudang yang memadai, kamu juga harus memahami sistem gudang yang nantinya diterapkan. Dengan menguasai manajemen gudang, kamu bakal lebih mudah mengatur siklus produksi dan memajukan bisnis hingga mencapai tujuan-tujuan yang ditargetkan.

Pada dasarnya, sistem manajemen gudang bakal mengajarkanmu buat mengatur tata letak, merawat peralatan, hingga memeriksa barang yang akan dikirim. Kemudian, supaya pengelolaannya tetap terjaga, optimalkan sistemnya dengan langkah-langkah berikut:

1. Pisahkan Barang Sesuai Permintaan

Dalam kegiatan operasional bisnis, kamu bakal menemukan barang yang permintaannya tinggi cenderung pindah lebih cepat ketimbang yang tingkat permintaannya rendah. Dalam sistem gudang, ada baiknya kedua jenis barang tersebut dipisahkan supaya tak menimbulkan keterlambatan pengiriman. Sebagai contoh, kamu bisa taruh barang terlaris di rak depan dan dekat dengan area pengemasan untuk memudahkan staf mengirimkannya.

2. Jaga Kerapian Tata Letak dalam Gudang

Tata letak menjadi hal krusial lain yang dibahas dalam aturan sistem gudang. Pasalnya, kerapian ruangan membantumu menata barang hingga memindahkannya, terutama saat jumlah permintaan sedang sangat tinggi. Sementara gudang yang berantakan bakal mengacaukan operasional dan menurunkan performa bisnismu. Jadi, jangan malas membersihkan dan merapikan gudang secara berkala, ya!

3. Tingkatkan Sistem Keamanan Gudang

Langkah selanjutnya yang bakal membantu mengoptimalkan sistem gudang adalah meningkatkan sistem keamanannya. Salah satu cara termudah sekaligus memenuhi standar adalah memasang CCTV di titik-titik rawan. Kemudian, berikan juga akses kepada pihak-pihak yang bisa kamu percaya di gudang tersebut. Namun, ada juga pengelola gudang yang sudah menyiapkan sistem keamanan sebagai salah satu fasilitas propertinya.

4. Pilih Metode Pengambilan Barang yang Efisien

Kamu bisa pilih metode pengambilan barang mana pun asalkan sesuai dengan bisnis dan sistem pengaturan gudang. Ada banyak metode yang digunakan perusahaan maupun pebisnis. Antara lain batch picking, cluster picking, zone picking, dan wave picking. Untuk menemukan yang tepat dan efisien, kamu pertimbangkan dulu berdasarkan jumlah pesanan dari pelanggan, tata letak dan luas gudang, hingga kebijakan bisnis yang berlaku.

5. Manfaatkan Software Manajemen Gudang

Sekarang sudah tak zaman lagi mengaplikasikan sistem gudang secara manual. Sudah saatnya kamu memanfaatkan teknologi canggih seperti software yang dikhususkan untuk manajemen gudang. Seperti program komputer lainnya, platform ini bakal membantumu buat mengumpulkan data secara real-time, mengalokasikan barang, merekap jumlah pesanan pelanggan, hingga membuat laporan dalam waktu cepat dengan hasil yang akurat.

6. Analisis Performa Manajemen Gudang

Langkah selanjutnya yang bisa kamu terapkan dalam cara mengoptimalkan sistem gudang adalah menganalisis manajemen gudang. Tinjau ulang setiap kegiatan yang berlangsung dengan software atau platform sejenis yang kamu pakai. Begitu mendapatkan informasi yang diperlukan, kamu bisa menyusun strategi baru buat meningkatkan produktivitas. Selain itu, kamu juga bakal lebih mudah menghentikan produksi barang tertentu yang dianggap kurang menguntungkan bisnis.

Supaya pengoptimalan sistem berjalan sukses, kamu sebaiknya menyewa gudang dari pihak yang berpengalaman. Sebut saja Shipper yang memiliki banyak gudang di sejumlah kota di Indonesia. Mereka bukan cuma memastikan kamu lancar dalam mempraktikkan penerapan sistem gudang, melainkan juga menyediakan fasilitas yang bakal mendorong bisnis ke arah yang lebih baik.

Penasaran dengan fasilitas dan layanan terkait gudang yang diberikan Shipper? Kamu bisa akses https://shipper.id/warehouse buat memperoleh informasi lengkap sebelum mengontak mereka.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.