Mencari Tahu Prosedur SOP Terima Barang Untuk Area Pergudangan

Uncategorized20 August 2021
ketahui-apa-itu-sop-pergudangan

Sebelum sebuah barang dilakukan penyimpanan di gudang, ada beberapa tahap maupun prosedur yang harus dilewati terlebih dahulu sesuai dengan SOP. Lalu apa itu SOP ? Standar Operasional Prosedur ( SOP) adalah sebuah sistem yang disusun guna untuk lebih memudahkan, menertibkan, dan merapikan pekerjaan tersebut. 

Pemeriksaan untuk surat jalan sampai dengan kondisi barang tersebut harus dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku dalam perusahaan tersebut hingga seksama. Hal itu dilakukan supaya lebih memastikan untuk setiap barang yang akan disimpan pada gudang yang memang sudah disediakan sudah diterima dalam kondisi dan keadaan yang baik. Apabila nantinya terjadi sebuah kerusakan pada barang tersebut maka harus dengan cepat dilaporkan kepada pihak terkait supaya dapat ditangani lebih lanjut lagi. 

Proses dalam pengecekan barang maupun prosedur SOP pada saat melakukan penerima barang di gudang tersebut hampir diberlakukan dimanapun. Sehingga pada setiap gudang pastinya akan selalu dilakukan pengecekan barang yang baru datang. 

Ada beberapa aspek yang memang wajib diperiksa adalah kesamaan antara surat jalan yang sudah diterima pada saat di lapangan dengan kesesuaian data yang sudah di dapat oleh pihak gudang lewat email maupun telepon dengan jumlah koli dan seperti apa kondisi barang yang sudah diterima. 

Mengapa barang yang datang harus benar-benar dilakukan sebuah pemeriksaan yang ketat? Seperti yang sudah dijelaskan di atas pemeriksaan tersebut dilakukan supaya lebih memastikan barang yang datang tersebut dapat diterima dengan sebaik-baiknya dengan jumlah yang tepat. 

Karena banyak kasus jumlah koli yang sudah tertulis dalam surat jalan tidak sesuai dengan jumlah barang yang riil. Hal tersebut bisa saja terjadi karena ada kesalahan hitung di saat melakukan muatan barang ke dalam truk. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang

Prosedur SOP dalam Penerima Barang

Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan pada saat kedatangan barang baru yang akan memasuki area gudang untuk penyimpanan. 

  • Staff gudang akan melakukan penerimaan barang dari pemasok dan akan disesuaikan atau disamakan data tersebut dengan surat jalan yang sudah diterima. 
  • Jika data dalam surat jalan sudah sesuai, barulah akan dilakukan pembukaan segel pada box truk untuk memeriksa jumlah dan kondisi barang. Sebuah dokumentasi dalam bentuk video maupun foto diperlukan saat proses tersebut sedang berlangsung. 
  • Jika nanti terjadi ketidaksesuaian dengan jumlah koli barang dengan data tersebut dengan surat jalan maka akan langsung diinformasikan dan akan dilakukan koreksi bersama staff gudang dan pemasoknya. 
  • Pemeriksaan quality barang oleh staff QC. 
  • Barang dengan kondisi tidak baik dan rejected akan dilakukan proses retur maupun prosedur yang lain sesuai dengan instruksi pemasoknya. 
  • Dari hasil inspeksi yang dilakukan oleh para staff QC mengenai barang yang dalam kondisi yang bagus akan dilaporkan kepada staff gudang untuk dilakukan proses pembongkaran dan selanjutnya baru akan dilakukan proses penyimpanan di tempat yang memang sudah disediakan. 
  • Selanjutnya melakukan proses input penerimaan barang pada system dan melakukan proses serah Terima barang. 
  • Penerimaan barang tersebut akan dicatat dalam stock card beserta detail datanya dan surat jalan. 

Itulah poin-poin yang biasanya akan berlaku dalam penerimaan  sebuah barang yang akan masuk ke dalam gudang. Setiap gudang pastinya akan mempunyai kebijakan maupun prosedur tersendiri yang berkaitan dengan setiap penangan barang masuk. Bisa saja urutan dan langkahnya akan mempunyai sebuah perbedaan. Secara garis besar apa itu sop dan tahapan dalam pengecekan barang dengan jumlah koli dan juga kondisi barangnya, kesesuaian surat jalan dan informasi yang diterima. 

Jika kamu membutuhkan support untuk menyewa gudang penyimpanan barang ataupun sebuah jasa pergudangan kamu dapat menghubungi https://shipper.id/warehouse yang akan membantu keperluan kamu. 

Baca Juga: Kenalin, Gudang Shipper: Solusi Bisnis Bebas Repot

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.