Return on Investment: Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Uncategorized07 July 2021
ketahui-apa-itu-roi

ROI adalah salah satu rasio yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis dalam menilai performa usaha yang telah mereka jalankan. Dalam penjelasan di bawah ini, Sobat Shipper bisa temukan rangkuman ulasan mengenai definisi ROI, tujuan menghitung ROI, dan cara menghitungnya. Selamat membaca!

Definisi Return on Investment

Pengertian ROI adalah rasio yang menunjukkan tingkat efisiensi manajemen, terutama berdasarkan seluruh aktiva atau aset yang dikendalikan serta digunakan oleh sebuah bisnis. Rasio ROI ini biasanya dinyatakan sebagai sebuah presentasi.

Dalam menghitung ROI, terdapat beberapa faktor penting yang harus kamu ketahui. Sebab, faktor-faktor tersebut akan memengaruhi ROI, yaitu:

  • Perputaran (turnover) aset operasional, alias tingkat perputaran aset yang digunakan untuk kebutuhan operasional dalam satu periode tertentu.
  • Margin laba atau profit, yaitu besar keuntungan yang dikaitkan dengan penjualan.

Tujuan menghitung ROI adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi bisnismu dalam hal penggunaan aset operasional untuk menghasilkan laba. Oleh karena itu, rasio ROI adalah salah satu rasio yang dipergunakan dalam menghitung tingkat profitabilitas sebuah bisnis juga, Sobat Shipper.

Baca Juga: 4 Jenis Laporan yang Perlu Dibuat Administrasi Gudang

Mengapa Perlu Hitung ROI?

Sekarang, kamu sudah ketahui gambaran umum mengenai definisi ROI. Lalu, apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghitung ROI, ya? Manfaat analisis ROI adalah sebagai berikut:

  1. Rasio ROI dapat menunjukkan tingkat efisiensi modal yang digunakan dalam aktivitas operasional bisnis (working capital), efisiensi aktivitas produksi, hingga efisiensi aktivitas penjualan bisnis, terutama untuk menghasilkan laba alias profit.
  2. Dapat menjadi perbandingan (benchmark) dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Hal ini bisa kamu lakukan apabila kamu juga memiliki data industri, yang termasuk di dalamnya adalah rasio industri. Dengan begitu, kamu bisa ketahui apakah performa bisnismu berada pada level yang sama, di atas, atau malah di bawah level performa industri.
  3. Mengukur tingkat efisiensi dari aktivitas yang dilakukan oleh setiap divisi atau departemen di dalam bisnismu.
  4. Seperti yang sudah disinggung di atas, rasio ROI adalah salah satu jenis rasio profitabilitas. Dengan begitu, rasio ini bisa membantumu menghitung tingkat profitabilitas bisnismu, bahkan tingkat profitabilitas masing-masing produk sekalipun.
  5. Sebagai dasar pengambilan keputusan dalam level perencanaan strategis bisnis.

Cara Hitung ROI

Rumus menghitung ROI pada umumnya adalah sebagai berikut:

ROI= (Total penjualan-Investasi)Investasi x 100%

Dan untuk mempermudah Sobat Shipper dalam memahami cara menghitung ROI, kamu bisa simak ilustrasinya berikut ini:

Kamu mengucurkan dana untuk investasi sebesar Rp 10 juta. Kemudian, investasimu menghasilkan penjualan sebesar Rp 5 juta. Dengan begitu, laba kotor yang kamu peroleh adalah sebesar Rp 5 juta (Rp 10 juta dikurangi Rp 5 juta).

ROI dari ilustrasi di atas adalah:

ROI= (5.000.000-10.000.000)10.000.000 x 100%=50%

Dari ilustrasi tersebut, ROI adalah 50%, yang juga berarti ROI positif. Apabila ROI bernilai positif, artinya kamu bisa mendapatkan return alias kembalian dari total investasi yang telah kamu keluarkan. Akan tetapi, apabila ROI bernilai negatif, artinya kamu tidak mendapatkan return dari investasi, yang juga berarti bahwa penjualan tersebut tidak bisa menutup biaya investasi.

Optimalkan penjualan Sobat Shipper dengan layanan warehouse Shipper agar bisnismu bisa hasilkan ROI yang memuaskan, yuk! Dengan layanan warehouse Shipper, kamu bisa fokus untuk meningkatkan penjualan dan laba tanpa harus direpotkan dengan urusan pergudangan yang rumit. Apalagi untuk kamu yang bisnisnya masih berkembang dan SDM-nya terbatas.Temukan solusi warehouse dari Shipper di https://shipper.id, dan buat bisnismu semakin tumbuh setiap hari!

Baca Juga: Masih Dibutuhkan, Begini 5 Trik Efektif buat Mengasah Kemampuan Telemarketing!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.