6 Strategi Marketing Ini untuk Menghadapi Era New Normal

Uncategorized02 July 2021
ketahui-apa-itu-marketing

Sejatinya, marketing adalah kegiatan yang membantu Sobat Shipper memperkenalkan produk, baik barang maupun jasa, kepada konsumen. Strategi yang diterapkan pun selalu berubah mengikuti pergerakan tren di pasar. Jadi, Sobat Shipper harus selalu siap menghadapi dan menyiapkan metode baru untuk menjaga stabilitas penjualan.

Namun, perubahan yang terjadi pada strategi marketing di masa pandemik berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk bertahan di tengah situasi yang belum menentu, Sobat Shipper yang menjalankan UKM sebaiknya mempersiapkan enam langkah berikut.

1. Manfaatkan teknologi dan berbagai media

Fluktuasi permintaan dan penjualan yang cepat berubah di era New Normal harus diantisipasi sebaik mungkin. Marketing adalah aktivitas yang membutuhkan pertimbangan matang, sekaligus fleksibel terhadap kedatangan teknologi dan media baru. Sobat Shipper bisa memanfaatkannya untuk mengatur stok barang di gudang hingga menyampaikan informasi kepada konsumen. Dengan begitu, Sobat Shipper dapat menekan risiko keterlambatan atau kesalahpahaman.

Baca juga: Tips Sederhana Kelola Stok di Gudang UMKM

2. Targetkan dulu pelanggan atau konsumen setia

Semakin susah menjaring konsumen baru sejak kemunculan wabah Covid-19? Berbeda dari strategi marketing produk yang umum dipraktikkan, dalam situasi ekonomi yang masih labil, Sobat Shipper justru harus memperhatikan pelanggan lama. Jenis konsumen seperti ini sudah merasakan naik-turunnya usaha yang Sobat Shipper geluti dan memilih bertahan karena usaha lain belum mampu memenuhi kebutuhan. Untuk itu, jangan sampai menyia-nyiakan mereka, ya!

3. Rancang strategi pemasaran yang relevan

Marketing adalah tahap yang membutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam penerapannya. Dalam poin ini, Sobat Shipper perlu merancang strategi yang relevan untuk produk. Tujuannya adalah mengajak konsumen mempelajari produk Sobat Shipper sebagai satu-satunya solusi dari kebutuhan mereka di masa pandemi. Permainan visual dan kata kunci (keyword) adalah salah dua faktor yang bakal membantu penerapan metode marketing bisnis.

4. Pakai topik dan keyword yang tepat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Sobat Shipper perlu meriset topik serta keyword saat merancang strategi-strategi pemasaran. Hal ini disebabkan marketing adalah bidang yang tak bisa Sobat Shipper jalankan tanpa perencanaan, sebab bakal berpengaruh pada profit UKM. Sobat Shipper bisa melakukan pencarian dengan mengikuti kabar terkini atau menggunakan tools yang disediakan Google seperti Keyword Planner.

5. Pastikan keamanan produk untuk promosi

Strategi marketing bisnis berikutnya adalah meningkatkan keamanan pada kemasan produk. Seperti yang Sobat Shipper ketahui, pemerintah memberlakukan protokol kesehatan untuk semua lapisan masyarakat, termasuk pelaku usaha. Sobat Shipper dapat mengerjakannya dengan memberikan kemasan ekstra dan mencantumkan suhu tubuh pihak yang mengantarkannya. Jaga juga kebersihan dengan mencuci tangan dan mengenakan masker.

6. Tunjukkan dukungan kepada konsumen

Langkah terakhir yang bisa Sobat Shipper adalah menunjukkan dukungan kepada konsumen. Bagaimanapun, marketing adalah kegiatan yang mengutamakan konsumen, sehingga Sobat Shipper tetap perlu memperhatikan situasi dan kondisi mereka dalam menjalani kehidupan di Covid-19. Caranya pun beragam, dari menyediakan konten yang berkaitan dengan pandemi, kemudahan bertransaksi, hingga layanan yang membantu mereka memenuhi kebutuhan.

Kemudian, supaya produk Sobat Shipper sampai di tangan konsumen dengan selamat, manfaatkan layanan pengiriman terpercaya seperti yang disediakan Shipper. Tarif terjangkau dan staf berpengalaman yang mereka sediakan adalah sebagian kecil jaminan yang bakal memastikan produk aman selama di perjalanan.

Kalau butuh bukti, Sobat Shipper tinggal buka saja https://shipper.id untuk mengetahui layanan sampai kontak yang bisa dihubungi buat menggunakan jasa pengiriman terbaik dari Shipper.

Baca juga: 5 Jenis Gudang Penyimpanan Serta Kegunaannya untuk Bisnis Kamu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.