Mengenal Invoice dan 3 Jenisnya untuk Melancarkan Transaksi Bisnismu

Uncategorized23 August 2021
ketahui-apa-itu-invoice-dalam-bisnis

Istilah invoice terdengar familiar buat Sobat Shipper yang bergelut di ranah bisnis. Akan tetapi, mereka yang baru mempelajari bisnis mungkin masih mengira invoice artinya bukti pembayaran untuk pembelian atau pemakaian produk tertentu. 

Meski tak sepenuhnya salah, definisi invoice sesungguhnya lebih dari itu. Dalam artikel ini, Sobat Shipper bakal menyimak lebih lengkap pengertian invoice beserta fungsi dan jenisnya.

Pengertian invoice

Dalam teori perekonomian, invoice biasanya disandingkan dengan faktur. Hal tersebut disebabkan keduanya sering disiapkan untuk transaksi. Bedanya, kalau faktur berfungsi sebagai bukti pengiriman barang, maka invoice artinya adalah dokumen tertulis yang difungsikan sebagai surat penagihan hutang. 

Adalah penjual atau penyedia jasa yang biasanya memberikan invoice kepada pembeli selaku pihak yang mengutang. Format invoice bisnis pun hampir sama dengan faktur, yakni diisi dengan nama produk (barang atau jasa), harga yang harus ditebus, serta tanggal pembeliannya. Kemudian, Sobat Shipper harus menyediakannya dalam tiga rangkap yang salinannya diberikan kepada pembeli, penjual, serta untuk arsip keuangan.

Invoice dalam penggunaannya lebih sering dipakai untuk transaksi berbentuk angsuran atau kredit. Sementara kegiatan di luar kategori tersebut menyertakan invoice sebagai dokumen biasa. Perusahaan pun sebaiknya selalu menyediakan invoice untuk antisipasi transaksi tak terduga dari konsumen.

Fungsi dan jenis invoice

Jika membaca dari pengertian di atas, bisa dikatakan invoice artinya adalah dokumen atau alat bukti pembelian sekaligus surat penagih utang. Masih ada sejumlah fungsi yang bisa Sobat Shipper gunakan, antara lain mengumpulkan data produk yang dibeli, informasi tagihan, rujukan sah saat produk akan dijual, rekomendasi transaksi, hingga rujukan resmi faktur pajak.

Baca juga: Buyer dalam Purchasing, Apa Saja Proses dan Tugasnya?

Sementara jenis jenis invoice yang bisa Sobat Shipper gunakan buat kebutuhan bisnis dibagi jadi tiga, antara lain:

1. Invoice biasa

Jenis invoice yang satu ini cukup umum dipakai oleh pelaku bisnis dan usaha. Format surat yang harus Sobat Shipper siapkan juga terbilang sangat sederhana, karena hanya terdiri atas nama barang dan harga jualnya. Walau demikian, invoice biasa tetap mempunyai peran penting yang membantumu saat menyusun pembukuan.

2. Invoice proforma

Pada jenis ini, invoice artinya dokumen atau surat yang diberikan saat suplai barang belum rampung. Berbeda dari invoice biasa yang diserahkan untuk transaksi yang berlangsung satu kali, invoice proforma umumnya diberikan secara bertahap. Namun, fungsinya tetap sama, yakni membuktikan kalau produk sudah dikirimkan meski baru sebagian.

3. Invoice konsuler

Jenis invoice produk yang terakhir adalah invoice konsuler, yakni invoice yang hanya disertakan pada transaksi besar yang terjadi antarnegara. Maka dari itu invoice konsuler sering disebut sebagai invoice eksklusif. Salah satu bidang yang paling sering memakainya adalah ekspor dan impor. Syarat untuk menerbitkannya sendiri harus melibatkan persetujuan terulis dari atase perdagangan negara.

Bisa Sobat Shipper simpulkan bahwa invoice artinya dokumen atau surat tagihan utang untuk setiap pembelian atau pemakaian produk skala kecil hingga besar. Setelah mengetahui invoice mana yang akan dipakai, Sobat Shipper bisa mengurus layanan lain untuk bisnis, misalnya saja pengiriman barang yang sering melibatkan invoice.

Shipper dalam hal ini siap membantu Sobat Shipper untuk mengantarkan barang-barang pesanan konsumen dengan tarif bersahabat. Jangkauan luas ke berbagai wilayah di Indonesia pun menempatkan Shipper sebagai salah satu penyedia layanan shipping terpercaya. Kalau Sobat Shipper tertarik dengan jasanya, langsung saja kunjungi https://shipper.id


Baca juga: Ketahui Apa Itu Konsumsi dan 3 Manfaatnya dalam Kegiatan Ekonomi

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.