Apa Itu Investasi dan Tips Jitu untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Uncategorized13 July 2021
ketahui-apa-itu-investasi

Investasi adalah istilah yang sekarang sudah sangat familiar di tengah masyarakat. Sebab, bisa dibilang bahwa sekarang siapa saja bisa berinvestasi. Bahkan, Sobat Shipper juga bisa melakukan investasi tanpa harus keluar uang sampai jutaan, lho!

Meski begitu, Sobat Shipper juga perlu memiliki pemahaman mendasar yang baik mengenai investasi terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Kamu bisa mulai dengan pengertian, tujuan, serta manfaat investasi, seperti yang akan diulas dalam penjelasan berikut ini. Selamat membaca!

Pengertian Investasi

Pengertian investasi adalah penanaman dana atau aset yang dilakukan untuk jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbal balik, hasil, atau return di masa depan, yang kemudian akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, investasi ini bisa dilakukan oleh sebuah organisasi seperti perusahaan, maupun oleh perorangan.

Dalam hal investasi oleh individu, kamu bisa tentukan apa tujuan yang ingin kamu raih lewat hasil yang diperoleh dari investasi. Sebagai contoh, kamu bisa tentukan tujuan dari investasi adalah untuk membangun rumah, sebagai tabungan untuk hari tua nanti, atau untuk biaya kuliah anak di masa depan.

Baca Juga: Baru Memulai Bisnis UMKM? Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Tips Investasi untuk Pemula

Meskipun kamu masih pemula sekalipun, kamu sebenarnya tak perlu takut atau ragu untuk berinvestasi. Dan sebagai langkah awalmu, kamu bisa fokus pada hal-hal berikut ini ketika melakukan investasi.

Tentukan tujuan investasi yang jelas.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tujuan investasi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi. Karena jika kamu tidak punya tujuan yang jelas, kamu akan kesulitan dalam memilih jenis instrumen investasi maupun dalam menentukan strategi investasi yang tepat.

Sesuaikan modal investasi dengan kemampuan.

Salah satu kemudahan di zaman sekarang dalam urusan investasi adalah kebebasan menentukan modal investasi. Artinya, kamu bahkan sudah bisa berinvestasi hanya dengan dana kecil, misalnya Rp100.000 saja atau bahkan kurang. Jadi, ketahui dengan pasti berapa kemampuan modal investasi yang bisa kamu setorkan. Apalagi faktor ini juga memengaruhi jenis investasinya.

Pahami risiko berdasarkan jenis investasinya.

Satu hal penting yang wajib kamu ketahui soal investasi adalah risiko. Tak ada investasi yang 100 persen bebas risiko; yang membedakan hanyalah tingkat risikonya. Risiko investasi ini berkaitan erat dengan jenis instrumen investasinya. Pahami juga bahwa peluang return atau hasil investasi berbanding lurus dengan tingkat risiko.

Manfaat Berinvestasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat investasi yang bisa kamu rasakan, yaitu:

1. Kebebasan finansial

Kebebasan finansial atau financial freedom ini bisa diperoleh jika penghasilan pasif (passive income) dari investasi melebihi jumlah gajimu, dan bahkan sudah bisa untuk mencukupi kebutuhan jangka panjang. Jadi, kamu tetap bisa hidup tenang meskipun kamu sudah tak lagi bekerja.

2. Melindungi aset

Investasi dapat melindungi asetmu, terutama dari inflasi. Soalnya, inflasi akan terus bertambah dari tahun ke tahun, yang dapat menurunkan nilai asetmu.

3. Menambah kekayaan

Dalam jangka panjang, investasi adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kekayaanmu. Sebab, hasil dari investasi bisa menjadi tambahan penghasilan berupa penghasilan pasif.

4. Memenuhi kebutuhan dalam jumlah besar

Manfaat lain dari investasi jangka panjang adalah untuk memenuhi kebutuhan yang butuh biaya besar. Contohnya renovasi rumah, uang kuliah anak, biaya haji, dan sebagainya, yang secara umum sulit untuk dicapai hanya dengan mengandalkan gaji bulanan.

Salah satu bentuk investasi yang bisa kamu lakukan adalah menginvestasikan uangmu untuk memulai bisnis. Contohnya toko online, di mana kamu bisa menjual barang kepada pembeli secara online dan mengirimkan barang yang dibeli lewat layanan ekspedisi.
Nah, untuk urusan pengiriman ini, kamu bisa serahkan pada jasa pengiriman Shipper di https://shipper.id/BOS.

Soalnya, jasa pengiriman Shipper siap melayani segala kebutuhan pengiriman untuk bisnismu dengan mudah hanya lewat satu dashboard yang mudah digunakan.

Baca Juga: Mau Coba Bisnis Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya, Yuk!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.