Optimalkan Stock Opname dengan 5 Cara Ini Supaya Inventory Bisnismu Stabil

Uncategorized05 July 2021
ketahui-apa-itu-inventory

Ketika memilih barang sebagai jenis produk yang dijual, kamu bakal berurusan dengan penyediaan stoknya atau inventory. Inventory adalah barang atau item yang dimiliki pelaku bisnis atau perusahaan untuk dipasarkan kepada konsumen. Untuk memastikan stoknya tak cepat habis, ada beberapa upaya yang bisa kamu terapkan, salah satunya stock opname.

Stock opname memungkinkamu menghitung persediaan fisik barang yang disimpan dalam gudang inventaris dan mencocokannya dengan pembukuan internal. Lima langkah berikut bakal menunjang pengelolaan inventory semakin optimal.

1. Menentukan jenis barang prioritas

Kamu yang sudah lama menjual barang pasti tahu item mana saja yang difavoritkan dan lama terjual. Inventory adalah stok persediaan yang perlu diatur berdasarkan kategori dan memprioritaskannya sesuai penjualan membantumu menyediakan item yang harus di stok ulang terlebih dulu. Dampingi dengan pelacakan berkala untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada penjualan barang.

Setelah menemukan jenis inventory yang paling laris, tempatkan barang tersebut di sekitar area pengiriman untuk memudahkan layanannya.

2. Pantau cara staf mengambil barang

Tip ini memang terdengar teknikal, tetapi kenyataannya kerusakan barang kadang diakibatkan keteledoran staf yang bertugas. Jadi, tak ada salahnya kamu meluangkan waktu memeriksa bagaimana staf bekerja di gudang, terutama saat menempatkan barang. Kalau kamu menemukan kesalahan, segera bimbing mereka untuk memperbaikinya sebelum menimbulkan kerugian.

Dari sini, kamu bisa menilai kalau inventory adalah barang yang memerlukan pemeliharan rutin dan penuh perhatian dari staf gudang.

Baca juga: Sering Kehabisan Stok Barang di Gudang? Ini 5 Penyebab beserta Solusinya!

3. Pelajari performa pemasok barang

Selain memperhatikan faktor internal, manajemen inventory juga berkaitan dengan faktor eksternal. Misalnya saja ketepatan waktu pengiriman barang, respons terhadap ketersediaan barang, hingga jumlah barang yang sampai. Dengan kata lain, kamu tak boleh sampai luput memantau performa pemasok barang atau supplier yang menanganinya.

Kalau supplier tak lagi menunjukkan itikad baik atau terkesan malas-malasan, jangan tunda lagi buat menggantinya dengan pihak yang lebih kompeten.

4. Terapkan cycle counting di gudang

Seperti yang disinggung, inventory adalah stok ketersediaan barang yang memerlukan perhitungan. Dalam poin ini, kamu bisa terapkan cycle counting atau partial stock-takes, sebuah metode kalkulasi yang dilakukan secara kontinu dengan cara dicicil. Tujuannya adalah mendapatkan jumlah stok barang secara akurat, terutama saat dibandingkan dengan perhitungan menyeluruh dalam satu waktu.

Dalam manajemen inventaris gudang, cycle counting bakal membantumu terhindar dari risiko seperti selisih barang tak tercatat. Metode ini sebaiknya dilakukan per hari atau per minggu.

5. Bersihkan gudang secara rutin

Jangan sepelekan pemeliharaan gudang karena hal seperti ini bakal berdampak pada kualitas barang yang disimpan. Gudang yang kotor atau berantakan bukan cuma tak nyaman ditempati, tetapi berpotensi juga jadi sarang hama seperti tikus. Ingat, inventory adalah stok item yang belum tentu dijual begitu saja, sehingga perlu dijaga selama berada di gudang.

Pembersihan gudang bisa kamu sesuaikan dengan jenis barang. Susun jadwalnya dan kirimkan kepada staf supaya mereka mengingat tugas tersebut.

Karena pengelolaan inventory berpusat di gudang atau warehouse, maka sebaiknya kamu memilih penyedia properti profesional. Shipper dalam hal ini bisa kamu percayakan buat menaruh stok barang dalam jangka waktu tertentu, bahkan mengirimkannya dari sana ke alamat konsumen. Jadi, kamu bakal lebih fleksibel mengelola bisnis.

Penasaran seperti apa karakteristik warehouse yang disediakan Shipper? Langsung saja buka website resmi mereka di https://shipper.id/warehouse untuk infotmasi lengkapnya.

Baca juga: 6 Manfaat Sewa Gudang di Jakarta untuk Bisnis Kamu, Apa Saja?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.