Ketahui 3 Faktor Depresiasi dalam Bisnis Serta Cara Mengantisipasinya

Uncategorized05 July 2021
ketahui-apa-itu-depresiasi

Dalam mengatur bisnis, depresiasi adalah kondisi umum yang perlu kamu antisipasi sejak awal. Pasalnya, depresiasi berkaitan dengan biaya-biaya asli dari aset tetap (fixed assets). Misalnya saja peralatan kerja, gedung pabrik, hingga mesin produksi. 

Kamu tak perlu cemas menghadapi depresiasi, sebab ada rumus khusus yang bisa digunakan buat memprediksinya. Untuk lebih jelasnya, simak, yuk, informasi seputar cara kerja depresiasi serta faktor-faktor yang mempengaruhinya!

Depresiasi dan pengaruhnya terhadap bisnis

Aset tetap adalah salah satu aspek bisnis yang bakal mengalami perubahan dari depresiasi atau penyusutan biaya. Dalam hal lain, depresiasi adalah penyebab dari berubahnya nilai perusahaan saat terjadi akumulasi penyusutan pada setiap aset yang berlanjut pada pengurangan nilai buku pada neraca. 

Selain itu, kondisi ini juga bakal berdampak pada laba bersih atau profit dari bisnismu. Pada laporan keuangannya, depresiasi akan dianggap sebagai beban biaya atau pengeluaran. Kondisi seperti ini pula yang lantas bakal menimbulkan penyusutan metode garis lurus.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Biaya Kirim Paket Murah, Apa Saja?

Ada juga lima karakteristik depresiasi yang perlu kamu cermati. Satu, penurunannya terhadap nilai aset tetap yang bersifat permanen setelah jumlahnya dikurangi. Dua, proses bertahap dan berkelanjutan yang berdampak pada pengurangan nilai aset. Tiga, sebagai proses alokasi biaya sebuah aset yang akan mengefektifkan pemakaiannya. Empat, depresiasi adalah pengurangan nilai buku alih-alih nilai pasar aset. Lima, penggunaannya yang hanya berlaku untuk aktiva tetap yang berwujud.

Faktor-faktor yang memengaruhi depresiasi aktiva tetap

Sebenarnya, ada banyak faktor depresiasi bisnis yang bisa kamu pelajari. Namun, ada tiga faktor utama yang sebaiknya diprioritaskan, antara lain:

1. Biaya perolehan

Biaya perolehan atau acquisition cost adalah faktor yang menentukan jumlah depresiasi. Kamu bisa menghitungnya dengan total biaya sebuah aset yang sebaiknya dikeluarkan sampai bisa digunakan lagi. Biaya-biaya yang termasuk ke dalam acquisition cost mencakup biaya pengiriman atau transportasi, biaya pemasangan, harga pembelian aset, dan bea masuk. Dari sini, kamu baru bisa memulai metode perhitungan yang sesuai untuk mendapatkan penyusutan biaya yang perlu diantisipasi.

2. Perkiraan umur ekonomis aset

Depresiasi adalah proses yang berhubungan erat dengan aset, sehingga kamu tak boleh mengabaikan perkiraan umur ekonomisnya (estimate economic life of asset). Dalam hal ini, jumlah depresiasi bisnis yang lebih kecil bakal dibebankan kepada aset yang mempunyai manfaat dengan usia yang lebih panjang dan sebaliknya. Umur ekonomis pada sebuah aset dinyatakan dalam jumlah unit yang diproduksi atau jangka waktu tertentu seperti minggu, bulan, atau tahun.

3. Prediksi terhadap nilai residu aset

Faktor terakhir yang harus kamu ketahui dari perhitungan depresiasi adalah prediksi nilai residu aset (estimated residual value of asset). Mengingat depresiasi adalah kondisi yang memberikan dampak pada aset, kamu harus mengantisipasi nilai aset yang bisa diwujudkan saat dijual atau tak terpakai. Akan tetapi, perusahaan yang mengganti aset setelah jangka pemakaian yang singkat dan masih bermanfaat, maka nilai residunya bisa dipastikan tetap tinggi.

Berbagai pencegahan pun dapat diterapkan supaya depresiasi yang terjadi tak mengganggu biaya lainnya. Contohnya dengan memakai jasa pengiriman yang menawarkan tarif terjangkau, karena layanan ini termasuk ke dalam faktor pembentuk depresiasi. Shipper adalah penyedia jasa shipping yang diharapkan bisa membantu memperkirakan depresiasi untuk memastikan bisnis berjalan lancar.

Kestabilan performa yang ditunjukkan Shipper tak perlu kamu ragukan. Semuanya bisa langsung dicek dengan mengakses https://shipper.id
Baca juga: Alasan Kamu Harus Memilih Jasa Pengiriman Barang Via Laut

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.