Ketahui 3 Jenis PO Dalam Bisnis yang Sering Digunakan, Apa Saja?

Uncategorized03 July 2021
ketahui-apa-itu-arti-po

Apa Sobat Shipper berencana membuka bisnis dalam waktu dekat? Ada beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan, termasuk yang terdengar sepele seperti mengenali istilah yang digunakan penjual dan pembeli. Sebut saja PO yang mungkin sering Sobat Shipper temukan dalam transaksi belanja online.

Lalu, apa itu PO? Sebagian besar orang bakal langsung menghubungkannya dengan pre-order yang umumnya dibuka sebelum stok barang tersedia. Kenyataannya, pengertian PO tak hanya berlaku untuk metode transaksi tersebut. Setidaknya ada tiga arti PO yang digunakan dalam bisnis, antara lain pre-order, pay-out, serta purchase order.

1. Pre-order

Seperti yang disinggung, pre-order menjadi jawaban yang paling banyak muncul dari apa itu PO. Praktiknya sendiri kian familier setelah diterapkan para pengelola bisnis online. Sobat Shipper bisa memanfaatkannya untuk mengundang perhatian calon konsumen, sebab PO dapat menimbulkan kesan eksklusif pada produk. Akan tetapi, kalau belum mampu menyediakan stok barang sesuai jumlah pesanan dan estimasi pengiriman, ada baiknya pilih sistem yang lain.

Metode PO sebagai pre-order menggunakan dua jenis pembayaran. Satu, metode pembayaran yang dilakukan satu kali secara penuh di awal. Dua, metode pembayaran dua kali yang sekilas mirip cicilan. Jumlah uang yang Sobat Shipper transfer di awal berfungsi sebagai down payment. Kemudian setelah barang sampai, baru sisa uang dibayarkan. Dari penjelasan apa itu PO ini, pembayaran difokuskan pada produsen serta konsumen.

2. Pay-out

Secara garis besar, pengertian apa itu PO yang satu ini adalah pembayaran. Namun, pay-out dalam kegiatan bisnis online ternyata punya konteks berbeda, yaitu pembayaran yang dilakukan pemilik lapak online atau merchant kepada penjual platform atau pengelola lapak (marketplace). Hal ini disebabkan marketplace menggunakan sistem pembayaran dengan rekening bersama yang bakal meningkatkan keamanan transaksi.

Baca juga: Cara Memilih Ekspedisi yang Bisa COD Agar Bisnis Kamu Makin Lancar

Bagaimana payout bekerja? Saat pembeli membeli produk di marketplace, uang yang mereka transfer akan masuk dulu ke rekening yang disediakan pemilik marketplace. Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan produk yang dipesan sampai dengan selamat di tangan konsumen. Setelah itu, saat pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang, uang baru diserahkan kepada penjual. Jadi, apa itu PO pada definisi ini melibatkan antara penjual di toko online dengan pengelola marketplace.

3. Purchase order

Terakhir ada purchase order, yaitu bukti pemesanan yang sudah dilakukan pembeli. Dibandingkan dua definisi PO sebelumnya, purchase order sudah lebih dulu ada dan digunakan dalam berbagai transaksi. Rincian yang biasanya dicantumkan dalam bukti pemesanan tersebut mencakup produk yang dibeli, jumlah pesanan, dan harga yang harus ditebus. Bisa dikatakan, purchase order adalah bill yang Sobat Shipper terima saat melakukan pembayaran di kasir minimarket, kafe, dan tempat bisnis lainnya.

Selain bukti transaksi, apa itu PO sebagai purchase order berhubungan dengan kegiatan pemesanan yang Sobat Shipper lakukan sebagai pembeli. Hal ini kadang menimbulkan kesalahpahaman, sehingga Sobat Shipper sebaiknya menambahkan keterangan untuk membedakannya. Untuk bukti, misalnya, gunakan frasa ‘bukti purchase order’. Jadi, pembeli bakal menerima berkas, bukan menganggapnya sebagai kegiatan.

Nah, setelah memahami definisi apa itu PO beserta cara kerjanya, Sobat Shipper bisa lebih leluasa menjalankan bisnis. Untuk mengurus pre-order barang, misalnya, Sobat Shipper dapat mengandalkan Shipper untuk menyimpan stok di warehouse sekaligus mengirimkannya dari gudang yang mereka kelola. Silakan cek saja https://shipper.id dan https://shipper/warehouse kalau Sobat Shipper penasaran dengan layanan-layanan yang mereka tawarkan.
Baca juga: Agar Tidak Tertipu, Begini Tips Belanja Online yang Aman

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.