Mau Coba Bisnis Affiliate Marketing? Pahami Dulu Cara Kerjanya, Yuk!

Uncategorized07 July 2021
ketahui-apa-itu-affiliate-marketing

Perkembangan internet saat ini telah membuka lebih banyak kesempatan, termasuk untuk menambah lebih banyak peluang usaha. Salah satunya adalah skema affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, di mana kamu bisa mendapatkan uang dari internet. Hmm, makin penasaran dengan skema afiliasi ini? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Definisi Affiliate Marketing

Lalu, apa yang dimaksud dengan affiliate marketing, ya? Affiliate marketing adalah sebuah metode pemasaran secara digital (digital marketing), di mana Anda akan mendapatkan bayaran dari pembelian produk yang Anda promosikan lewat tautan (link).

Ada begitu banyak contoh affiliate marketing yang bisa kamu temukan di luar sana. Bahkan, jenis produk yang bisa kamu jual lewat skema ini pun sangat beragam, mulai dari barang konsumsi seperti kosmetik dan skincare, software, sampai tiket seminar atau talkshow, lho!

Seperti Apa Cara Kerja Affiliate Marketing?

Untuk memahami lebih dalam soal metode pemasaran yang satu ini, simak rangkuman mengenai penjelasan cara kerja affiliate marketing berikut ini terlebih dahulu, yuk!

1. Mendaftar program afiliasi.

Pertama, kamu harus mendaftar program affiliate marketing terlebih dahulu, Sobat Shipper. Dan karena sifat dari metode ini yang tidak mengikatmu kepada satu merchant/penjual maupun satu produk tertentu saja, kamu bisa daftarkan diri ke beberapa program afiliasi sekaligus sesuai dengan keinginanmu.

2. Mempromosikan produk dengan link dan/atau kode referral.

Setelah proses pendaftaran selesai diproses, kamu akan dihubungi oleh pihak penjual yang akan memberikan link dengan kode khusus yang digunakan untuk melacak transaksi penjualan lewat kode referral-mu. Atau kamu mungkin hanya akan mendapatkan kode referral saja.

Yang manapun yang kamu peroleh, pastikan bahwa kamu menyisipkan baik link dan/atau kode tersebut. Karena kalau kamu hanya menggunakan link produk yang biasa, nanti penjual tidak bisa memastikan bahwa transaksi yang terjadi memang benar dari link-mu, Sobat Shipper.

3. Pembeli melakukan transaksi.

Sekali lagi, tentu saja transaksi pembeli yang dimaksud di sini adalah transaksi yang dilakukan lewat link dari kamu atau menggunakan kode referral-mu, ya! Link atau kode dalam skema affiliate marketing ini tak hanya untuk menelusur referral, tapi biasanya juga agar pembeli bisa mendapatkan promo khusus seperti diskon. Tapi, tentu saja hal ini bergantung pada kebijakan penjual.

4. Mendapatkan komisi.

Nah, dari setiap transaksi yang dilakukan lewat link atau kode referral-mu, kamu akan mendapatkan komisi yang besarnya juga sudah ditentukan serta disepakati ketika kamu mendaftar. Kebijakan soal pencairan komisi juga berbeda-beda, misalnya setelah komisi mencapai jumlah tertentu.

Keuntungan Metode Affiliate Marketing untuk Penjual

Bagaimana jika kamu adalah pemilik bisnis yang ingin menjalankan program affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan? Berdasarkan ulasan di atas, kamu bisa simpulkan kalau strategi ini akan sangat menguntungkan bisnismu. Sebab, kamu bisa tingkatkan penjualan tanpa harus membayar gaji marketer secara bulanan tapi cukup lewat komisi, yang tentu bisa meringankan biaya operasional usahamu.

Dan kalau penjualanmu sudah meningkat berkat adanya skema afiliasi ini, kamu juga harus pastikan bahwa semua produk yang dipesan ditangani dengan sangat baik, termasuk picking, pengemasan, sampai pengiriman. Untungnya ada layanan Shipper yang bisa bantu hemat waktu dan tenagamu, lho!
Di Shipper, ada layanan pengiriman di https://shipper.id/BOS dan layanan gudang di https://shipper.id/warehouse yang bisa bantu kelola produkmu dengan lebih profesional. Dengan begitu, kamu hanya perlu fokus untuk meningkatkan omzet, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gunakan layanan Shipper sekarang juga!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.