Apa Itu Warehouse dan Apa Saja Area Kerjanya? Cek Jawabannya di Sini, Yuk!

Uncategorized02 June 2021
kenali-warehouse-itu-apa-dan-cara-kerjanya

Dalam mengelola usaha, Sobat Shipper barangkali sudah sangat familiar dengan istilah warehouse. Tapi, sebenarnya warehouse itu apa, ya? Nah, dalam penjelasan berikut ini, Sobat Shipper bisa temukan tak hanya penjelasan tentang definisi warehouse, tapi juga fungsi hingga aktivitas dalam sistem warehousing yang ideal.

Definisi Warehouse dan Warehousing

Warehouse adalah gudang, yaitu sebuah tempat – bisa ruangan atau bangunan, tergantung skala dan kebutuhan bisnis – yang digunakan untuk menyimpan barang. Sedangkan warehousing atau pergudangan adalah proses atau aktivitas penyimpanan barang di dalam gudang, sebelum barang dikirimkan atau dipindah ke lokasi lain untuk fulfillment alias pemenuhan.

Apa Fungsi Warehousing?

Pada mulanya, fungsi warehouse terbatas hanya pada penyimpanan barang saja, baik itu stok barang untuk dijual pada bisnis distribusi atau dagang, maupun bahan baku produksi pada usaha manufaktur.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dinamika dunia bisnis, warehouse itu apa tak hanya terbatas pada tempat penyimpanan barang saja. Sebab, fungsi warehouse ikut mengalami perkembangan.

Salah satunya adalah sebagai titik pengiriman, terutama jika warehouse berlokasi di likasi yang strategis dengan akses yang efisien. Selain itu, warehouse juga dapat berfungsi sebagai lini perakitan, terutama untuk usaha manufaktur, agar produk dapat dirakit sebelum dijual kepada toko ritel maupun pengguna akhir.

Area Kerja Warehousing

Perkembangan dari fungsi warehouse ini kemudian ikut mengubah aktivitas di dalam warehousing itu sendiri. Karena itu, bidang atau area kerja dalam warehousing tak hanya sebatas aktivitas penyimpanan saja, tapi mencakup desain hingga keamanan untuk menunjang aktivitas bisnis Sobat Shipper.

1. Desain Layout

Desain layout gudang akan sangat menunjang manajemen pergudangan yang optimal. Proses ini dilakukan dengan mempertimbangkan:

  • Jenis dan volume barang/produk.
  • Aliran dan perputaran stok.
  • Keterbatasan lokasi gudang dan ruang penyimpanan yang tersedia.
  • Tim kerja warehouse, termasuk pengelolaan dan kualifikasinya.
  • Sistem manajemen bisnis apakah sudah menggunakan sistem manajemen gudang atau belum.

2. Manajemen Material

Proses ini berkaitan dengan serangkaian aktivitas yang di dalamnya termasuk persiapan, penempatan, pemindahan, dan penyimpanan produk. Karena itu, manajemen material berperan besar dalam manajemen warehouse yang optimal. Dalam manajemen material, setidaknya ada 2 aspek utama, yaitu sistem penyimpanan barang dan peralatan penanganan barang.

3. Pengambilan dan Persiapan Barang Pesanan

Proses pengambilan (picking) adalah proses pengambilan barang di warehouse sesuai dengan pesanan yang masuk. Karena itu, bisnismu perlu merencanakan apa metode pengambilan barang yang paling efektif agar prosesnya berjalan dengan efisien waktu, tenaga, maupun biaya, serta efektif dan tepat. Dengan begitu, barang yang diambil benar-benar sesuai dengan pesanan yang akan disiapkan.

4. Manajemen Stok dan Persediaan.

Dalam fungsi warehouse, manajemen stok dan persediaan berkaitan dengan pengelolaan dan optimasi jumlah stok di dalam gudang. Proses ini biasanya dilakukan dengan alat untuk mempermudah proses manajemen dan sinkronisasi data, terutama daia sistem manajemen warehouse yang sudah menggunakan alat maupun sistem yang maju.

5. Keamanan Warehouse

Baik staf warehouse maupun barang-barang di dalamnya, semua sama-sama menghadapi berbagai risiko setiap hari. Oleh karena itu, kamu jelas tidak boleh mengabaikan faktor ini. Dan dalam keamanan warehouse, setidaknya ada 3 area yang harus kamu perhatikan: pencegahan risiko pekerjaan bagi tim/operator warehouse, sistem keamanan yang baik, dan pemeliharaan (maintenance) terutama untuk alat-alat yang berada di dalam gudang.

Sekarang, Sobat Shipper tak perlu repot-repot mengelola warehouse sendiri, apalagi jika bisnismu baru saja dirintis dan kamu ingin fokus mengembangkan usaha dulu. Soalnya, sekarang Shipper menyediakan jasa warehouse sebagai solusi warehousing yang jauh lebih simpel dan praktis. Klik di https://shipper.id/warehouse untuk info lengkapnya, yuk!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.