Penjual Wajib Tahu Sederet Kelebihan dan Kekurangan COD

Uncategorized28 October 2021
kelebihan-dan-kekurangan-cod

Cash on Delivery atau COD adalah salah satu metode pembayaran yang ditawarkan kepada pembeli saat berbelanja online. Dengan sistem ini, pembeli dapat membayar pesanan setelah barang mereka terima. Sama halnya dengan sistem pembayaran lain, ada kelebihan dan kekurangan COD bagi penjual.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan COD bagi pemilik bisnis? Mari kita simak uraiannya berikut ini. Keberadaan COD menjadi alternatif pembayaran yang bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan. Pemilik bisnis atau penjual toko online juga dapat merasakan kelebihan dan kekurangan COD sebagai berikut.

A. Kelebihan COD untuk Penjual

Beberapa kelebihan menyediakan pembayaran dengan sistem COD adalah:

1. Peningkatan Jangkauan Pelanggan

Sistem COD banyak disukai dan menjadi pilihan pelanggan. Dengan menambahkan opsi pembayaran COD, Sahabat Shipper telah meningkatkan jangkauan pada pembeli potensial. Mereka mungkin saja memilih membeli di toko Sahabat Shipper karena adanya opsi COD. Semntara di toko lain yang menjual barang serupa tetapi tanpa pilihan COD.

2. Meningkatkan Fasilitas Bagi Pelanggan

Salah satu alasan COD menjadi pilihan favorit dan populer di kalangan pembeli, hal ini dikarenakan alur COD yang lebih sederhana. Pembeli juga dapat melewatkan tahap pembayaran hingga menerima produk.

Terlebih lagi, pembeli dapat merasa lebih aman, karena tidak harus memasukkan nomor kartu kredit atau debit secara online. COD dapat menjadi fasilitas tambahan untuk memuaskan pelanggan. Tentunya pelanggan yang merasa puas akan terus berbelanja di toko online Sobat Shipper.

3. Menarik Pembeli Potensial

Selain meningkatkan fasiltas bagi pelanggan setia, metode COD juga dapat membantu menarik pembeli baru. Pasalnya, COD dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan kepada penjual.

Pembeli yang belum berpengalaman tidak akan khawatir akan terkena penipuan. Keberadaan pilihan COD akan dapat meningkatkan kredibilitas penjual, sehingga pembeli baru tidak akan ragu mencoba berbelanja di toko online Sobat Shipper.

4. Mendorong Pembelian Kembali

Memenangkan kepercayaan pelanggan memang perlu perjuangan. Tetapi, setelah mendapatkannya pelanggan akan setia dan bertransaksi kembali di toko online Sobat Shipper. Pelanggan yang meyakini bahwa uangnya aman saat bertransaksi dengan Anda, akan menumbuhkan kepercayaan.

Demikian halnya dengan adanya fasilitas COD dimana pelanggan baru membayar setelah menerima barang. Hal ini akan dapat menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan yang membuat pelanggan kembali berbelanja di tokomu.

A. Kekurangan COD

Banyaknya keuntungan COD bagi penjual juga disertai dengan beberapa kekurangannya. Berikut ini kekurangan COD yang berpotensi merugikan penjual.

1. Penolakan Kiriman

Kekurangan COD yang pertama adalah dapat meningkatkan kemungkinan pembeli menolak membayar produk yang telah dipesan. Hal ini bisa disebabkan berbagai alasan. Mulai dari pembeli merasa barang tidak sesuai, berubah pilihan, atau mengklaim barang cacat. Untuk kasus demikian, maka penjual dapat mengalami kerugian.

2. Penipuan Pelanggan

COD juga dapat membuka peluang penipuan dari pelanggan. Seperti misalnya barang dikirim ke rumah kosong (alamat palsu), pelanggan tidak mau menemui kurir atau beralasan tidak punya uang. Bahkan, sempat ada berita pelanggan yang mengambil produk tetapi menolak membayar.

3. Biaya Tambahan

Saat menggunakan fasilitas COD, Sobat Shipper perlu bekerja sama dengan mitra pengiriman. Untuk itu, Sobat Shipper harus membayar perusahaan ekspedisi tersebut. Meskipun demikian, banyak juga

marketplace yang tidak mengenakan tarif tambahan bagi penjual yang menggunakan fasilitas COD di marketplace mereka.

Itulah kelebihan dan kekurangan COD bagi penjual. Walaupun terdapat potensi merugikan, tetapi keuntungan yang bisa didapatkan lebih banyak. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Sobat Shipper menawarkan fasiitas COD untuk pengiriman pesanan kepada pelanggan. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : 5 Jasa Kirim Layanan Ekspedisi di Shipper yang Bisa Kamu Pilih

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.