5 Pertimbangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Sewa Gudang

Uncategorized19 August 2021
kebutuhan-sewa-gudang

Dalam menjalankan bisnis online, gudang bukan lagi kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang mempengaruhi kelancaran bisnis kamu, Sobat Shipper. Kendati demikian, membuat gudang sendiri butuh biaya yang nggak sedikit. Nggak heran kalau banyak pebisnis online yang menyewa gudang untuk operasionalnya. 

Sebelum memutuskan untuk sewa gudang, sebaiknya kamu mempertimbangkan 5 poin berikut ini agar tidak salah pilih. Berikut ulasannya buat kamu. 

Baca juga: 5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atur Budget Bisnis Online

Pentingnya Gudang Bagi Pelaku Bisnis Online 

Menjalankan bisnis online di zaman yang serba canggih seperti sekarang menawarkan banyak kemudahan. Dari segi marketing, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak brosur, flyer, dan lain sebagainya. Saat strategi pemasaran digital diterapkan secara baik, maka bisnismu akan lebih cepat berkembang. Terlebih lagi, sistem promosi yang dilakukan secara digital berjalan secara nonstop 24/7.

Artinya, stok barang pun harus kamu tambah, Sobat Shipper. Disinilah pentingnya gudang penyimpanan untuk menampung seluruh produk yang kamu pasarkan. Itulah kenapa, gudang bukan lagi kebutuhan sekunder untuk pelaku bisnis online. 

Tanpa memiliki gudang, kamu akan kesulitan dalam menampung barang-barang jualan. Nah, di zaman sekarang, kamu bisa menyewa gudang jika tidak memiliki lahan yang memadai sebagai area penyimpanan. 

Pertimbangan Sebelum Sewa Gudang 

Karena bukan kebutuhan sekunder, maka kamu harus membuat pertimbangan yang matang dalam menyewa gudang. Jangan sampai kamu mendapatkan gudang dengan tarif mahal dan akses transportasi tidak memadai. 

1. Pertimbangkan ukuran gudang 

Ukuran gudang merupakan poin penting yang harus kamu pertimbangkan. Kalau produk yang kamu jual adalah kebutuhan sekunder, seperti perabotan rumah tangga berukuran besar, kamu butuh gudang yang besar pula untuk menampungnya. Sebab itu, pastikan gudang yang kamu pilih bisa memuat semua produkmu. Ukuran gudang yang memadai akan memberikan banyak ruang, sehingga produkmu tidak rusak karena ditumpuk-tumpuk secara sembarangan. 

3. Periksa iklim di area sekitar gudang 

Sebagian orang mungkin menganggap remeh soal iklim gudang. Padahal, poin ini akan mempengaruhi kualitas barang yang kamu simpan jika gudang memiliki iklim terlalu panas, dingin, maupun lembab. Daripada harus rugi besar karena produk, maka pilihlah gudang dengan fasilitas pendukung seperti AC agar suhunya terkontrol. 

3. Pertimbangkan lokasinya 

Saat menyewa gudang, kamu juga harus mempertimbangkan lokasinya. Gudang yang lokasinya strategis dan punya akses mudah tentu lebih menguntungkan. Karena gudang yang lokasinya strategis dan dekat dengan jasa pengiriman mampu meminimalkan waktu tempuh, sehingga barang bisa segera dikirim. 

4. Fasilitas yang ditawarkan 

Berikutnya, pertimbangkan fasilitas gudang yang akan kamu sewa. Memilih gudang dengan fasilitas lengkap merupakan pilihan bijak untuk menyimpan produk-produkmu. Selain itu, gedung harus dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti internet. Dengan adanya akses internet, kamu bisa melakukan pengelolaan barang secara online. Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah CCTV yang berguna menambah keamanan gudang. 

5. Tarif sewa 

Terakhir, pertimbangkan tarif sewa dan biaya pemeliharaannya. Jangan sampai tarif gudang yang kamu sewa melebihi anggaran yang ada. Selain biaya pemeliharaan, pertimbangkan pula pajak yang harus kamu keluarkan untuk gudang tersebut. 

Nah, itu tadi lima pertimbangan dalam menyewa gudang. Karena bukan kebutuhan sekunder, kamu harus mencari gudang yang berkualitas, seperti yang ditawarkan oleh Shipper. Lewat situs resminya di https://shipper.id/warehouse, kamu bisa menyewa gudang dengan berbagai fasilitas penunjang yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah fasilitas pengiriman. 


Baca juga: Tips Memilih Jasa Ekspedisi untuk Bisnis Online Kamu

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.