7 Jenis Toko dalam Bisnis Retail Serta Tips Memulainya

Uncategorized02 November 2021
jenis-toko-dalam-bisnis-retail

Bisnis retail adalah sektor bisnis di mana barang-barang dijual secara eceran atau dalam jumlah kecil kepada konsumen. Pada bisnis retail barang dijual secara langsung kepada konsumen untuk penggunaan atau memenuhi keperluan pribadi. Sehingga tidak ada lagi rantai distribusi selain dari toko kepada konsumen.

Istilah bisnis retail mencakup berbagai jenis dan model bisnis. Ada cukup banyak jenis bisnis retail yang dijalankan saat ini. Mari kita simak informasi seputar bisnis retail pada artikel ini, termasuk berbagai tips bagi Sobat Shipper yang ingin memulai toko retail.

Jenis-Jenis Bisnis Retail Berdasarkan Tipe Toko

Ada beberapa jenis toko retail yang mungkin sering Sahabat Shipper temukan. Termasuk di antaranya adalah:

  1. Toserba

Toserba atau toko serba ada adalah contoh bisnis retail berupa toko kelontong kecil hingga menengah serta toko serba ada yang biasanya beroperasi di dekat area perumahan. Toko serba ada umumnya didominasi produk barang-barang pokok di samping jenis barang lainnya. 

  1. Toko Khusus

Toko khusus adalah jenis bisnis retail yang berkonsentrasi pada produk yang sempit. Misalnya, toko retail yang hanya menjual pakaian, barang-barang elektronik atau keramik.

  1. Supermarket

Supermarket adalah contoh bisnis retail berupa toko kelontong dan rumah tangga skala menengah hingga besar yang bertujuan untuk melakukan penjualan dengan margin rendah atau volume tinggi.

  1. Department Store 

Departemen store merupakan toko skala besar yang menyediakan berbagai barang dan jasa, serta dibagi menjadi beberapa departemen. Jenis bisnis retail ini dapat dikelola secara individual oleh pembeli, pedagang atau pemilik bisnis pribadi.

  1. Toko Diskon

Toko diskon adalah bisnis retail kecil, menengah, atau besar yang menjual persediaan barang habis pakai atau barang bermerek untuk dijual dengan harga diskon besar-besaran. Biasanya toko ini menjual produk-produk cuci gudang atau sisa ekspor.

  1. Toko Gudang atau Pengecer Langsung

Ini adalah jenis retail berupa toko menengah hingga besar yang menyimpan barang langsung dari pabrikan. Kelebihannya jenis toko ini dapat menjual barang lebih murah karena menghapus biaya rantai distribusi. 

  1. Toko Online

Bisnis retail juga bisa berupa toko online, dimana pemilik bisnis dapat menjual langsung ke pelanggan melalui situs web e-commerce.

Tips memulai bisnis retail

Untuk memulai toko retail, tentunya Sobat Shipper harus memiliki modal yang cukup, lokasi yang memadai serta surat ijin usaha  yang sesuai dengan bisnis retail yang dijalankan.

Selain itu, ada dua hal penting yang harus Sobat Shipper pastikan, yaitu: apa yang harus dijual dan bagaimana mendapatkannya?

1. Memilih Produk

Pertama-tama Sobat Shipper harus memilih jenis produk yang tepat, termasuk merek yang hendak diperjualbelikan. Untuk itu, Sobat Shipper harus memiliki pemahaman yang baik tentang pasar lokal termasuk:

  • Permintaan pelanggan atau potensi pasar
  • Bisnis yang sudah terlebih dahulu berdagang di sektor ini (saingan) 
  • Hambatan untuk memasuki pasar, misalnya aturan khusus atau biaya yang berlaku terkait produk yang hendak diperjualbelikan

2. Menemukan Supplier

Setelah memastikan bentuk bisnis retail dan produk yang akan diperjualbelikan, maka selanjutnya harus mengetahui darimana akan mendapatkan barang-barang tersebut. Sobat Shipper dapat mencari toko grosir atau menghubungi distributor-distributor yang menyediakan produk yang ingin dijual.

Selain mencari distributor lokal, tidak ada salahnya mencari saluran distributor dari luar negeri. Dengan pasar global saat ini, ada banyak distributor-distributor luar negeri yang bisa ditemukan di situs e-commerce internasional seperti Alibaba. 

Saat akan mulai membuka bisnis retail, pastikan bahwa semua surat ijin untuk memulai usaha telah terpenuhi dengan baik. Jika Sobat Shipper memiliki modal yang cukup, serta ingin memiliki usaha retail yang namanya sudah dikenal, tidak ada salahnya jika Sobat Shipper ikut bergabung dengan bisnis retail franchise. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Baca Juga : 6 Teknologi Ini Bisa Membantu Mendongkrak Angka Penjualan Bisnis Retail!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.