3 Jenis Relasi Bisnis Penting dan Cara Membangunnya

Uncategorized02 November 2021
jenis-relasi-bisnis

Membangun relasi merupakan hal penting bagi seorang pemilik bisnis. Mengembangkan bisnis bukan hanya mengenai berapa banyak yang bisa dijual atau berapa cabang baru yang akan dibuka. Berbisnis juga harus bisa mempertahankan hubungan baik dengan semua pihak yang berkepentingan.

Ada banyak manfaat dari membangun relasi bisnis. Kamu akan dapat mempertahankan pelanggan saat ini, memperoleh pelanggan baru, serta menjaga reputasi bisnis. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apa pentingnya membangun relasi bisnis dan bagaimana cara melakukannya.

Relasi bisnis yang penting untuk diperhatikan antara lain adalah dengan konsumen, karyawan, serta komunitas sejawat. Ketiganya dapat membantu dan memberikan dorongan untuk mengembangkan bisnis Sobat Shipper.

1. Membangun Relasi Bisnis dengan Konsumen

Berhubungan dengan pelanggan tidak cukup hanya terjadi selama transaksi bisnis. Sahabat Shipper harus membangun relasi bisnis dengan pelanggan untuk jangka panjang. Hal ini dapat menguntungkan bagi bisnismu.

Pelanggan akan lebih nyaman untuk terus menggunakan jasa jika merasa mengenal kamu secara pribadi. Kondisi ini juga menguntungkan jika suatu saat mereka menemukan pengalaman negatif. Pelanggan akan cenderung langsung menyampaikannya kepada kamu, ketimbang memberi tahu semua orang sebelum meminta solusi.

Pelanggan tetap juga sangat menguntungkan. Selain belanja lebih banyak, sebagian besar dari mereka juga berkonversi (melakukan tindakan) sesuai yang diminta. Misalnya mengikuti promosi, mengisi survey atau memberikan testimoni.

Cara membangun relasi bisnis dengan pelanggan:

  • Berbicara dengan mereka dan mintalah umpan balik, baik secara tatap muka atau melalui online.
  • Selain bertanya mengenai layanan, bersikaplah hangat dan simpatik, seperti bertanya kabar serta pengalaman mereka dengan bisnis kamu. 
  • Tanggapi dan tangani setiap keluhan pelanggan dengan baik daripada mereka mulai mengungkapkan masalah ke pihak luar. Ini dapat menyelamatkan reputasi bisnis Sahabat Shipper.

2. Membangun Relasi Bisnis dengan Karyawan

Membangun relasi bisnis dengan karyawan dapat membantu membangun reputasi. Mereka akan memberi tahu teman dan keluarga  bahwa mereka menyukai tempat kerja atau atasannya. Apalagi di era digital seperti saat ini, dimana banyak pengguna sosial media membagi apa saja tentang kehidupan mereka, termasuk pekerjaannya.

Mempertahankan karyawan juga dapat menghemat waktu dan biaya untuk mencari karyawan baru. Karyawan yang merasa terlibat dengan tempat kerjanya cenderung bertahan lama. Selain itu, keterlibatan karyawan juga dapat menghasilkan retensi pelanggan hingga 18 persen lebih tinggi. 

Cara membangun relasi bisnis dengan karyawan:

  • Buat karyawan merasa nyaman untuk berbicara tentang pemikiran dan masalah mereka secara terbuka.
  • Dengarkan ide-ide dan umpan balik karyawan.
  • Beri perlindungan pada karyawan dengan membantu menyelesaikan masalah mereka.
  • Selalu berkomunikasi secara terbuka dengan karyawan agar mereka merasa dihargai dan lebih mungkin untuk bertahan.

3. Membangun relasi bisnis dengan komunitas

Membangun relasi bisnis dengan komunitas juga tidak kalah penting. Komunitas dapat membuka peluang bertemu dengan calon pelanggan baru atau pebisnis lain yang dapat diajak bekerja sama. Bertemu dengan banyak orang baru dan membentuk jaringan relasi baru akan sangat bermanfaat bagi bisnis Sobat Shipper. 

Cara menambah relasi bisnis dengan komunitas:

  • Berbicara dengan banyak orang di event networking (seminar, pameran, dll(.) dan berikan kartu nama, alamat email atau sosial media.
  • Selain melalui acara networking tatap muka, Sobat Shipper dapat membangun relasi bisnis di komunitas bisnis online.

Itulah 3 jenis relasi bisnis yang penting untuk dibangun dan cara mengembangkannya. Ingatlah untuk membangun relasi dengan tulus dan simpatik. Jangan semata-mata hanya memanfaatkan hubungan untuk bisnis semata. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Baca Juga : Simak Pengertian CRM dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.