Mengurai 3 Jenis Plastik Ramah Lingkungan

Uncategorized28 October 2021
jenis-plastik-ramah-lingkungan

Hampir kapan saja dan dimana saja kita bisa dengan mudah menemukan plastik. Bahan yang satu ini memang serbaguna dan mudah dibuang. Sayangnya, hal inilah yang berpotensi merusak lingkungan. Itulah sebabnya banyak yang mulai beralih menggunakan plastik ramah lingkungan.

Walaupun sangat praktis dan serbaguna, plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai. Bahkan, plastik merupakan penyebab utama polusi. Namun, tingginya permintaan, membuat plastik selalu diproduksi besar-besaran.

Bukannya tidak ada alternatif lain, hanya mungkin belum banyak yang familiar dengan plastik ramah lingkungan. Untuk lebih jelasnya mengenai plastik ramah lingkungan akan kita bahas selengkapnya di dalam artikel ini.

Jenis Plastik Ramah Lingkungan

Secara garis besar yang disebut dengan plastik “ramah lingkungan” terbagi menjadi tiga jenis:

· Bioplastik. Ini adalah plastik yang terbuat dari bahan alami seperti tepung jagung

· Plastik biodegradable. Plastik biodegradable terbuat dari bahan yang sama dengan plastik biasa, namun direkayasa agar mampu terurai dengan lebih cepat jika dibandingkan plastik petrokimia biasa.

· Plastik daur ulang. Ini merupakan plastik sederhana yang terbuat dari bahan plastik daur ulang.

Mari kita simak uraian tentang masing-masing jenis plastik ramah lingkungan tersebut.

1. Bioplastik

Bioplastik merupakan salah satu plastik kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari bahan kimia alami. Ini adalah jenis plastik yang dapat terurai dengan cepat. Contoh bioplastik adalah plastik yang terbuat dari bahan tepung jagung. Kelebihan lainnya dari bioplastik adalah:

– Tidak menghasilkan peningkatan gas karbon dioksida saat terurai.

– Studi menunjukkan dengan beralih ke bioplastik, berpotensi mengurangi emisi rumah kaca hingga 25%.

– Bioplastik dapat terurai dalam hitungan minggu, sementara plastik petrokimia biasa umumnya baru terurai dalam 500 tahun.

– Biolastik umumnya dapat dibuat kompos karena dapat membusuk menjadi bahan alami yang menyatu dengan tanah.

Meskipun demikian, tidak semua jenis plastik ramah lingkungan bioplastik dapat menjadi kompos dengan mudah.

2. Plastik Biodegradable

Plastik ramah lingkungn biodegradable adalah jenis plastik dari produk petrokimia biasa, tetapi diberikan bahan tambahan (aditif). Bahan tersebut dapat menyebabkan plastik dapat mengalami penguraian lebih cepat dengan adanya cahaya (fotodegradable) dan oksigen (oxydegradable).

Selain cahaya dan oksigen, kelembapan dan panas juga dapat membantu penguraian terjadi lebih cepat. Tetapi, tidak seperti jenis plastik ramah lingkungan bioplastik, plastik biodegradable masih masih dapat meningalkan residu beracun dan umumnya tidak cocok untuk pengomposan.

Selain itu, jenis plastik ini juga mungkin tidak akan terurai jika dibuang ke sungai atau laut, karena suhunya yang terlalu dingin. Biodegradable tetap berpotensi menjadi limbah yang tidak terurai tanpa paparan sinar dan panas yang cukup.

3. Plastik Daur Ulang

Plastik daur ulang adalah jenis plastik yang diproduksi dengan mendaur ulang bahan plastik lama untuk membuat produk baru. Saat ini ada banyak sekali variasi produk yang dihasikan dari plastik daur ulang. Contoh plastik ramah lingkungan hasil daur ulang adalah pakaian atau furniture yang menggunakan ekoplastik pengganti kayu.

Plastik daur ulang bisa dibuat menjadi berbagai macam produk dengan variasi dan motif yang menarik. Namun plastik daur ulang juga memiliki kekurangan:

– Plastik yang didaur ulang akan digunakan untuk memproduksi barang dengan kualitas lebih rendah. Misalnya, plastik minuman didaur ulang kembali menjadi ember atau bangku plastik.

– Produksi plastik daur ulang tanpa prosedur yang ramah lingkungan, mungkin tetap menghabiskan sumber daya yang sama atau bahkan lebih dari memproduksi plastik baru. Hal ini menjadi poin negatif karena tidak sejalan dengan prinsip produk ramah lingkungan.

Itulah tiga jenis plastik ramah lingkungan yang diproduksi saat ini. Jika Sobat Shipper kesulitan menemukan plastik ramah lingkungan, sebaiknya gunakan barang dari bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan untuk menggantikan plastik. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : Wajib Tahu! 5 Ide Packaging Ramah Lingkungan

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.