Kenali Jenis-Jenis Pengiriman Barang Berdasarkan Jalurnya

Uncategorized10 November 2021
jenis-jenis-pengiriman-barang

Transaksi jual beli online tak terlepas dari kebutuhan kirim barang. Jenis pengiriman barang di Indonesia cukup beragam pilihannya. Antara pengirim dan penerima barang dapat leluasa memilih jenis pengiriman yang paling cocok dengan estimasi waktu, jenis produk yang dikirim dan budget. Ya, setiap ekspedisi pasti punya proses dan penanganan serta biaya yang berbeda pula.

Sobat Shipper, sebagai online seller perlu mengetahui apa saja jenis-jenis pengiriman barang khususnya yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui perbedaan berbagai jenis pengiriman barang, Sobat Shipper akan lebih mudah menentukan jenis ekspedisi yang paling tepat untuk direkomendasikan ke konsumen. Mari simak jenis pengiriman barang dan perbedaannya!

1. Pengiriman Jalur Darat

Jenis pengiriman barang yang paling banyak dipakai di Indonesia salah satunya adalah pengiriman jalur darat. Sebagian besar ekspedisi menyediakan pilihan mengiriman jalur darat. Pengiriman jalur darat cocok untuk lokasi pengiriman yang tidak terlalu jauh. Jika dilihat dari segi biaya pengiriman jalur darat bisa lebih murah tapi estimasi waktu pengirimannya relatif lebih lama tergantung jaraknya.

Keterbatasan pengiriman jalur darat yaitu adanya keterbatasan jarak, kurang optimal untuk pengiriman barang atau alat berat, tidak bisa mengirim barang antar pulau. Namun, dibalik

kekurangannya jalur pengiriman darat banyak diminati karena harganya sangat ekonomis. Pengiriman darat cocok untuk mengirim barang yang tidak diburu waktu. Pengiriman darat seringkali digunakan dalam transaksi online shop untuk menghemat biaya pengiriman ke pelanggan.

Beberapa jenis alat transportasi yang digunakan dalam pengiriman darat:

a. Truk

Pengiriman menggunakan truk termasuk pengiriman dengan dimensi besar sehingga dapat menampung banyak barang sekaligus. Pengiriman dengan truk juga bisa untuk mengirim satu barang besar sekaligus seperti kendaraan bermotor dan sebagainya.

b. Kereta Api

Pengiriman dengan kereta api sebagai salah satu jenis pengiriman yang ekonomis dengan syarat dan prosedur yang ditetapkan oleh pihak ekspedisi. Biasanya digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah banyak sekaligus seperti barang grosir dan sebagainya.

c. Bus

Pengiriman menggunakan bus umumnya diantar ke pool bus di lokasi pengiriman dan pengambilan di pool bus lokasi tujuan. Beberapa perusahaan bus memiliki layanan kirim barang dengan armada khusus. Barang yang dapat dikirim cukup beragam mulai dari dokumen, hewan, dan sebagainya.

d. Sepeda Motor

Pengiriman menggunakan sepeda motor khusus untuk pengiriman jarak dekat contohnya seperti pesan antar makanan atau layanan pengiriman ekspress. Barang yang dapat dikirim menggunakan sepeda motor terbatas berat dan ukurannya.

2. Pengiriman Jalur Laut

Jenis pengiriman laut cocok jika Sobat Shipper ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah yang sangat banyak atau berupa paket logistik. Pengiriman laut mampu menjangkau lokasi yang lebih luas dibandingkan pengiriman darat. Sobat Shipper dapat melakukan pengiriman barang antara pulau menggunakan ekspedisi pengiriman laut.

Indonesia mempunyai sebagian besar area berupa perairan sehingga pengiriman melalui jalur laut cukup banyak dimintai. Dari segi biaya, pengiriman laut cukup ekonomis khususnya untuk mengirim barang dalam jarak yang jauh dan jumlahnya banyak. Salah satu kekurangan dari pengiriman laut adalah estimasi waktu yang cukup lama sehingga kurang cocok untuk pengiriman barang yang bersifat urgent.

Pengiriman barang memalui laut punya dua rute yaitu linier dan tramper, berikut ini adalah perbedaan keduanya.

a. Pengiriman Rute Linier

Pengiriman rute linier telah menetapkan tarif dan estimasi waktu yang tetap, sehingga Sobat Shipper dapat memperkirakan lama pengiriman barang sesuai estimasi tersebut.

b. Pengiriman Rute Tramper

Pengiriman laut dengan rute tramper mempunyai tarif dan estimasi waktu yang dapat berubah berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Berikut ini adalah alat transportasi yang digunakan dalam pengiriman jalur laut:

a. Kapal PELNI

PT. Pelayaran Nasional kini tidak hanya fokus pada alat transportasi penumpang saja tapi juga menyediakan layanan pengiriman barang kargo melalui jalur laut.

b. Kapal Roro

Kapal Roro (Roll On / Roll Off) dikenal juga dengan sebutan kapal Feri yang telah lama menjadi salah satu layana pengiriman laut untuk berbagai jenis barang. Umumnya proses pengiriman dengan kapal Roro/Feri ini melalui truk dan proses bongkar muat dapat dilakukan di pelabuhan tujuan.

c. Kapal Tanker

Jenis kapal tanker umumnya digunakan untuk mengirim barang-barang khusus seperti minyak atau zat kimia. Kapan Tanker punya sistem keamanan yang terbaik untuk pengiriman melalui jalur laut.

d. Kapal Peti Kemas

Kapal peti kemas atau kontainer banyak digunakan untuk kirim barang antar pulau hingga antar negara melalui laut. Jenis kapal ini khusus digunakan untuk mengirim barang saja tidak untuk memuat penumpang.

3. Pengiriman Jalur Udara

Jenis pengiriman barang yang diklaim sebagai pengiriman tercepat adalah pengiriman melalui jalur udara. Jalur udara seringkali dipilih untuk mengirim barang jarak jauh dengan estimasi waktu yang cepat. Pengiriman udara dapat menjangkau jarak yang sangat jauh. Namun, jika Sobat Shipper ingin menggunakan pengiriman jalur udara harus siap estimasi biaya yang lebih tinggi dibanding jalur darat dan laut.

Pengiriman melalui jalur udara punya syarat dan ketentuan yang cukup ketat. Ada beberapa jenis barang yang tidak dapat dikirim melalui ekspedisi udara di antaranya:

· Barang mudah terbakar baik dalam bentuk gas, cairan atau zat padat.

· Barang yang dapat berbahaya jika terkena basah atau cairan.

· Barang explosives atau bahan peledak.

· Senjata api dan senjata tajam.

· Alkohol, narkotika dan obat-obatan terlarang.

· Barang bersifat biologis yang mudah busuk dan berpotensi menularkan penyakit.

· Barang yang bersifat magnetik atau bermuatan magnet contohnya dinamo.

· Barang-barang yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Apapun pilihan jenis pengiriman barang yang Sobat Shipper gunakan yang terpenting adalah Sobat Shipper mengemas barang yang akan dikirim dengan rapi, aman dan tersegel sehingga ketika sampai di tujuan barang diterima dalam keadaan baik. Tuliskan alamat pengiriman dengan jelas untuk menghindari paket nyasar atau salah alamat.

Satu lagi yang tak kalah penting, Sobat Shipper perlu memastikan penyedia layanan pengiriman yang Sobat Shipper pilih profesional dan memberikan jaminan pengiriman yang aman. Jika Sobat Shipper sedang ragu atau bingung memilih jenis pengiriman barang dan ekspedisi yang tepat untuk kebutuhanmu segera hubungi Shipper. Shipper menyediakan banyak pilihan ekspedisi ternama dengan kualitas yang terjamin aman dan profesional. Konsultasikan pada tim Shipper jenis pengiriman barang yang Sobat Shipper butuhkan untuk mendapatkan rekomendasi ekspedisi yang paling tepat. Shipper juga menawarkan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan penjadwalan pengiriman dan pelacakan barang secara realtime melalui sistem yang terintegrasi.

Baca Juga : Online Seller, Gunakan Asuransi Pengiriman Barang Agar Aman

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.