6 Jenis Entrepreneur di Indonesia yang Bisa Kamu Geluti!

Uncategorized21 June 2021
jenis-enterpreneur-di-indonesia

Berwirausaha sekarang bukan cuma profesi yang bisa ditekuni orang-orang dengan modal besar. Kesempatan Sobat Shipper buat menjadi entrepreneur semakin terbuka lebar berkat kemajuan teknologi dan tren yang berkembang di pasar. Bahkan wirausaha bisa dibangun dari hobi atau minat yang sudah lama Sobat Shipper geluti.

Di Indonesia, ada beberapa jenis entrepreneur populer yang bisa Sobat Shipper jadikan rekomendasi. Enam diantaranya adalah:

1. Foodpreneur

Pengaruh besar terhadap industri kuliner semakin memudahkan masyarakat mengenal makanan dari berbagai daerah maupun negara. Peluang inilah yang dipakai pada foodpreneur untuk memperkenalkan produk unik lewat makanan, minuman, atau camilan target pasar. Dengan strategi yang tepat, produk yang dijual entrepreneur bisa viral dan langsung mendongkrak penjualan. Apalagi kalau didukung tempat yang Instagramable, lokasi kongko favorit generasi muda.

2. Technopreneur

Pesatnya perkembangan era digital membuat banyak orang melek terhadap teknologi. Dari sini lahir banyak entrepreneur terbaik yang dikenal sebagai technopreneur. Orang-orang yang berkecimpung di bidang ini umumnya mempunyai perusahaan start-up untuk merintis aplikasi mobile, marketplace, hingga kelas-kelas online. Bukan tak mungkin inovasi-inovasi yang mereka lahirkan bakal menjadi penggerak utama kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa depan.

Baca juga: 3 Ide Creativepreneur ini Mampu Mendulang Kesuksesan Kamu

3. Womenprenuer

Sesuai namanya, entrepreneur yang menggeluti bidang ini datang dari kalangan perempuan yang menoreh prestasi membanggakan. Salah satu sosok yang bisa Sobat Shipper jadikan contoh adalah Angkie Yudistira yang berprofesi sebagai staf khusus presiden Joko Widodo. Ada juga Angkie Yudistira, penggagas Thisable Enterprise, yakni komunitas yang membantu difabel untuk lebih mandiri dengan menyediakan berbagai pelatihan khusus.

4. Mompreneur

Jika womenpreneur menyorot kaum Hawa secara general, maka womenpreneur adalah jenis entrepreneur populer yang lebih spesifik dirintis kalangan ibu rumah tangga. Womenpreneur biasanya menjalankan usaha mereka dengan mengandalkan teknologi tanpa harus meninggalkan tugas domestik. Namun, dalam beberapa kesempatan, mereka kerap mengadakan pertemuan di hotel atau restoran untuk bertemu rekan sesama womenpreneur.

5. Sociopreneur

Selain mendapatkan profit, sociopreneur juga fokus dalam memberikan tujuan sosial bermanfaat untuk banyak orang, Dokter Gamal Abinsaid adalah salah satu entrepreneur yang secara aktif mengelola ‘klinik sampah’ agar masyarakat miskin dapat berobat dan mengakses fasilitas kesehatan dengan sampah sebagai alat pembayaran. Kalau Sobat Shipper punya rasa sosial dan peduli dengan kemanusiaan, sociopreneur bisa jadi profesi yang tepat buat ditekuni sekaligus menguntungkan.

6. Ecopreneur

Sobat Shipper yang mengaku sebagai pecinta lingkungan bisa menjajal profesi enterpreneurship yang satu ini. Ecopreneur memfokuskan kegiatan mereka pada kelestarian lingkungan dan dampaknya terhadap masyarakat. Beberapa di antara mereka memang tak terjun langsung ke lokasi, tetapi tetap menjalankan misinya dengan menjual produk ramah lingkungan. Vania Santoso adalah salah satu ecopreneur asal Indonesia yang giat menggencarkan kegiatannya lewat Klub AV Peduli.

Sebagai entrepreneur, Sobat Shipper pastinya membutuhkan partner-partner terpercaya yang bakal menggerakkan usaha tersebut. Selain supplier untuk menyetok bahan baku atau barang jadi, jasa kirim juga diperlukan untuk mengantarkan produk Sobat Shipper ke konsumen. Shipper pun hadir sebagai penyedia layanan shipping profesional yang dapat dipilih sebagai partner usaha.

Bersama Shipper, Sobat Shipper bukan hanya dibantu mengirimkan pesanan konsumen menggunakan armada terbaik. Mereka juga punya warehouse buat penyimpanan stok barang. Kalau Sobat Shipper pengin tahu seputar layanan Shipper, silakan akses https://shipping.id untuk kebutuhan shipping dan https://shipper.id/warehouse untuk warehouse yang memadai.

Baca juga: 4 Jiwa Enterpreneurship ini Membantu Kamu Menjadi Supplier Sukses

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.